Dari Subang Ke Bandung (update)

by - 28.5.17


“Subang tuh dimana yah?”, “Gue pernah lewat sih, tapi gak pernah mampir”, “Tau ...  tau ... tapi belum pernah kesana hehe”, “Ohh ... kok baru denger ya? Emang dimana?”, “Eh, udah ada listrik belum di rumah kamu?”.

Begitulah ... komentar-komentar mengharukan ketika baru kenalan, seakan-akan I was lived in the middle of nowhere. Saking noticelessnya mereka baru ngeh ketika aku sebut Ciater, bukan Gunung Tangkuban Perahu yang main gatenya masuk wilayah Bandung meski sebenarnya ½  dari Gunung Tangkuban Perahu masuk wilayah Subang.

Kaya turis mancanegara yang lebih kenal Bali ketimbang Indonesia.

Jutaan kali aku bolak-balik dari Subang ke Bandung atau dari Bandung ke Subang, belum pernah sekalipun aku menemukan official transportation yang mengakomodir rute Subang-Bandung selain mobil Elf atau Elp yang suka ngetem lama di terminal.

Tidak ada bis untuk rute Subang-Bandung, kecuali bis dengan rute Bandung-Indramayu yang lewat ke Terminal Ledeng dari Terminal Leuwi Panjang. Still unofficial. Mungkin orang gak tahu Subang karena minim transportasi, karena itu juga orang lebih memilih menggunakan mobil pribadi atau nekat menggunakan motor.

Bagi yang belum pernah ke Subang dan berniat pergi kesana pasti deh googling dulu. Mau pake transportasi apa? Berapa lama jaraknya? Berhentinya dimana? Ongkosnya berapa? Lewat daerah mana aja?

Nih, ku kasih tahu ya ...

via ELF (update Maret 2018)

Harga: Rp. 22.000 - Rp. 25.000 (weekend). Menjelang Ramadhan dan hari Raya naik lagi.
Jenis kendaraan: L300
Rute: reguler via Ciater

Pick up point di Subang:
05.00-07.00 di bunderan pos polisi depan Toko Harmoni 
07.00-sore di Terminal Subang

Drop point di Subang:
07.00-15.00 di Terminal Subang
15.00-malam di depan Yogi Optical

Pick up point di Bandung
Terminal Ledeng
Terminal St. Hall


Diusahakan menggunakan elf yang ngetem di terminal ketimbang yang ngetem di jalanan. Karena elf yang ada di terminal tidak akan berangkat sebelum mobilnya penuh, jadi ngetemnya sudah habis duluan di terminal, sedangkan elf yang ngetem di jalanan mencari penumpang sambil jalan, jadinya seloww ... bisa-bisa molor sampai 3 jam.

Tips: Pilih seat di row paling belakang atau kedua dari belakang agar nyaman. Jangan pilih seat di row tengah karena 2 seat + kursi tambahan harus muat untuk 5 orang. HARUS!
Elf jurusan Subang – Bandung menggunakan jalur lintas kabupaten yang menghubungkan Subang dan Bandung. Melintasi beberapa daerah seperti Tambakan, Jalancagak, Sagalaherang, Ciater dan Lembang.

via Bis (Bandung-Indramayu)

Harga: Rp. 30.000
Jenis kendaraan: Bis
Rute: reguler via Ciater

Pick up point di Subang:
Di depan Terminal Subang (bisnya nggak masuk terminal)
Di depan Mie Kocok Divo

Pick up point di Bandung
Terminal Leuwi Panjang

via Travel Pak Maman (update Agustus 2018)

SMS / WA: +6281 220 973 873
Harga: Rp. 75.000 - Rp. 90.000 (tergantung jarak tempuh).
Jenis kendaraan: Luxio
Rute: reguler via Ciater

Jadwal dari Subang:
07.00 pagi, 10.00 pagi dan 13.00 siang.

Jadwal dari Bandung: 
Setelah driver selesai mengantarkan costumernya karena sistemnya Travel Pak Maman ini dijemput door to door.

Untuk weekday Travel Pak Maman hanya sampai sore sedangkan untuk weekend sampai malam karena banyak peminat dan sering macet. Rata-rata costumernya masih berasal dari Subang kota karena Travel Pak Maman belum ekspansi keluar kota, selain daripada itu mungkin bisa janjian dulu dengan drivernya. Tujuan terjauhku adalah Cilengkrang, tapi kata drivernya bisa sampai Jatinangor. 

via WB Travel (update Mei 2018)

SMS/WA: +62 818-827-188
Harga: Rp 50.000
Jenis kendaraan: Minibus
Rute: via Tol Cipali

Jadwal dari Subang (poll Lampu Satu Resto):
05.00, 07.00, 09.00, 11.00, 14.00, 16.00, 18.00 dan 20.00

Jadwal dari Bandung
05.00, 07.00, 09.00, 11.00, 14.00, 16.00, 18.00 dan 20.00

Sampai saat ini aku baru nyoba pake WB Travel dari Subang ke Bandung tapi belum pernah nyobain yang dari bandung ke Subang, review-nya ... cukup mengecewakan karena ternyata kita nggak dianterin sampe poll yang katanya ada di Baltos. Seriusan ini. Kita (penumpang) akan diturunkan di jalan raya depan BTC (Bandung Trade Centre) begitu aja, supirnya nggak kasih alasan kenapa ya ... kalau udah KZL kan boro-boro mau nanya ya hehe

Saat Ramadhan aku pergi ke Baltos dan iseng nanyain WB Travel ke security-nya, mau waving check secara kalau mudik bawaannya pasti banyak kan. Ternyata memang nggak ada ya pull WB Travel di Baltos. Baru kutahu kemudian pull-nya ''pindah" ke tempat lain. Di-zoom aja ya fotonya.


via DAMRI via Tol Cipali (update Agustus 2018)

Harga: Rp 45.000
Jenis kendaraan: Bus
Rute: via Tol Cipali

Jadwal trayek DAMRI dari Subang (Terminal Subang ) ke Bandung (Pool DAMRI Bandung)
dari grup WA info DAMRI

Karena rute DAMRI Bandung - Subang ini cukup panjang. kalau misalnya nggak mau naik di Pool DAMRI Bandung karena tanggung atau kejauhan bisa kok janjian dengan drivernya, nunggu dimana gitu ... asalkan masih sesuai dengan rute yang dilewati DAMRI Bandung - Subang.

dari grup WA info DAMRI

Selain melayani rute Bandung-Subang, DAMRI juga melayani beberapa rute baru lainnya, dizoom aja ya ...
dari grup WA info DAMRI

Akhirnya aku nyobain pake DAMRI juga ya, berangkatnya dari Pool DAMRI Bandung yang letaknya di depan Stasiun Bandung, karena khawatir macet long weekend aku datang 1/2 jam lebih awal. Pas banget  mau berangkat, mungkin karena khawatir macet long weekend juga kali ya ... makanya bus DAMRI yang kunaiki ini berangkat 1/2 jam lebih awal dari jadwal, yang seharusnya berangkat jam 16.00 jadinya 15.30. Bus DAMRInya termasuk model lama ya, semua seatnya menghadap ke depan.

Kalau melihat jadwal yang tertera di gambar yang seliweran di grup WA, harusnya DAMRI Bandung-Subang ini keluar di pintu tol Kaliangsana yang berarti melewati daerah Kalijati dan Dawuan sebelum sampai di Terminal Subang. Nyatanya kemarin itu keluarnya di pintu tol Subang yang mana memang lebih deket ke Terminal Subang. Lupa nanya juga ya kenapa rutenya nggak sesuai dengan gambar, tapi kemungkinan besar sih untuk memangkas waktu karena sebelumnya kita terjebak macet di Padalarang. Nggak tau deh kalau ntar ...

Aku sih yes dengan adanya DAMRI Bandung- Subang ini, selain lebih cepat, nggak perlu desek-desekan lagi kaya di elf. Soal harga ya relatif sih, toh ada rupa ada harga kan hehe Kalau melihat rute DAMRI antar kota terbaru diatas, sebenarnya DAMRI itu menyasar market Kertajati namun tak lupa untuk mempermudah akses ke kota-kota sekitarnya.

Berarti tinggal Kereta Api nih :) wkwkwkwk

Untuk tujuan lanjutan seperti ke Pagaden, Pamanukan atau Kalijati bisa menggunakan angkot dan ojek konvesional. Sedangkan untuk moda transportasi umum di dalam kota di Subang bisa menggunakan becak atau Grab. Ya, di Subang kini ada Grab, cuma karena masih baru jadinya drivernya belum banyak dan pick up pointnya masih belum pas.

-----------------------------

Sebelumnya nggak pernah mengira kalau post tentang transportasi umum dari Subang ke Bandung atau sebaliknya ini menjadi salah satu post yang paling sering dibaca di blogku, bahkan sampai saat ini (Agustus 2018) traffic viewnya sudah mencapai 15ribu sekian. Ternyata ... berfaedah juga yha~ haha

Karena post ini adalah post aktif yang sering dijadikan referensi, maka aku pun selalu berusaha untuk mengupdatenya, nggak sedikit juga ya yang langsung bertanya via DM IG kalau masih ada yang belum jelas, well ... aku sih yes! karena via DM IG lebih cepet ketimbang via E-mail. Terima kasih sudah membaca dan menghubungi.

Anyway, mewakili semua gapura perbatasan daerah Subang dan sekitarnya ; Selamat Datang Di Kota Subang 😊😊😊 

You May Also Like

45 komentar