Pattern & Sewing

by - 30.5.17

Setelah merampungkan sesi asistensi final project design, materi selanjutnya adalah mengenai Pattern and Sewing. Untuk mendukung materi Pattern and Sewing ini kita semua diminta untuk membawa buku pola dan pengggaris skala. Harus ya ... harus!

Waw ...

Eh. Belinya dimana sih?

Nggak ngerti juga deh belinya dimana, toko yang direkomendasikan admin via chat ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi, stocknya kosyong bokk! Ada sih di Gramedia, tapinya mahal.

Beruntungnya, kita masih punya teman kaya Adya yang paling rajin cek toko sebelah hehe. Nggak (mau) tahu gimana caranya ia menemukan toko yang menjual buku pola ... dan open order! This is it ... Senang berbisnis dengan anda.

Di YCIFI Basic Fashion Course batch 2 ini yang menjadi mentor untuk materi Pattern dan Sewing adalah Kak Frans dan Kak Nadine yang sebelumnya mengikuti YCIFI Advance Fashion Course batch 1.

Khusus untuk materi Pattern dan Sewing HARUS BANGET ya datang ON TIME, selain karena materinya padat dan cukup sulit bagi beginner yang belum pernah ikutan kelas fashion sepertiku, materinya ini bersifat kontinyu, yang artinya kalau ketinggalan ya wassalam ... kaya insto live, Cuma bisa dilihat sekali dan nggak bisa diulang-ulang.

Ternyata membuat pattern itu sulit ya, pantes aja penjahit suka lama dan nggak bisa dikejar target kecuali kalau benar-benar sudah expert se-expert-expert-nya. Penjahit juga manusia kali, kadang suka moody dan malas apalagi kalau disodorkan design yang ‘njlimet. Huft.

Tapi dari materi Pattern & Sewing ini kita jadi ‘ngeh kalau pakaian-pakaian jadi yang ada di pasaran tidak memiliki pattern yang ideal. Ya iyalah, namanya juga mass production, orang-orang ingin yang simple dan cepat. Yang penting terjual, urusan cocok atau nggaknya di badan itu belakangan.

*Then, merasa pakaian mahal dengan design yang simple namun pattern-nya sesuai itu lebih worth.

Untuk materi awal Pattern & Sewing, kita diajari bagaimana caranya mengukur badan client menggunakan manekin, kemudian (mencoba) untuk membuat bermacam outfit berdasarkan ukuran tersebut sesuai dengan silabus yang disusun oleh Kak Frans dan Kak Nadine, yang pada akhirnya dibilang sebagai project ambisius karena progress kita yang kurang  sesuai dengan ekspektasi mereka. 
Ehm ... Ini kelas basic ya qaqa ...

Meski di awal sempat keteteran, lambat laun kita akhirnya bisa mengikuti materi Pattern & Sewing dengan baik. Pattern yang diajarkan hanya basic pattern, kalau selanjutnya mau design yang ini itu tinggal memodifikasi basic pattern-nya saja.

Gampang banget ya ngomong haha


Oh iya, kita juga harus membuat pola kertasnya sesuai dengan pattern, tapi ini tidaklah sesulit membuat pattern karena kita tinggal menjiplak saja. FYI. usahakan agar mengerjakan semua tugasnya ya karena di akhir program YCIFI Basic Fashion Course ini akan dicek kelengkapannya.

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.