Pilah Pilih Sketch Book

by - January 21, 2017


Kalau masih ada yang  mengeluh gambarnya masih belum bagus padahal toolsnya udah keren, coba deh ganti kertasnya.

Meski tergolong artpaper, tidak semua kertas cocok digunakan untuk sketching. Untuk watercolor kertas yang digunakan biasanya lebih tebal dan empuk karena harus bisa menyerap banyak air, sedangkan untuk marker, pen atau pencil yang termasuk golongan kering (dry)menggunakan kertas yang lebih tipis dan licin.

Aku mulai mengenal berbagai jenis pewarna dan kertas  serta berbagai teknik penggunaannya ketika kuliah. Diantaranya adalah cat air (water color), cat minyak (oil color), cat poster (gouache), pensil warna (coloring pencil), tinta (ink), crayon (oil pastel), soft pastel, charcoal, dan marker. Kertasnya  menggunakan kertas Concord, kertas Linen, kertas Canson, kertas Kalkir, kertas Roti dan kertas Padalarang.


Namun karena akses yang terbatas aku kini memilih untuk menggunakan sketch book, selain karena terlihat rapi dan praktis sketch book juga mudah ditemukan di toko stationary. Berbeda dengan  membeli kertas ukuran A0 di Balubur, meski harganya jauh lebih murah bawa pulangnya itu lohh ... ribet.

Then, setelah mencoba beberapa sketch book dari berbagai brand, aku masih merasa kurang puas karena produknya kurang ‘pas’. Ada sih beberapa yang memang bagus dan sesuai standar, selainnya tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera di packagenya. FYI. Tidak semua sketch book dengan embel-embel watercolor benar-benar cocok untuk watercolor.

Karena hal itu aku mencari option lain mengenai sketch book yang sesuai untuk sketching. Based on my research on IG hehe kebanyakan illustrator atau sketcher menggunakan moleskine untuk sketch booknya.

Moleskine Pacman edition (Google.com)

Moleskine?   
        
Moleskine adalah salah satu produk stationary asal Italia yang menjadi acuan note book atau journal saat ini karena desainnya yang classic. Pada awalnya moleskine digunakan untuk para penyair, thinker dan artist sejak era Van Gogh, yang artinya moleskine sudah ada sejak ±2 abad yang lalu, that is why moleskine mengusung taglinelegendary notebook”.

Mengikuti perkembangan zaman, moleskine kini hadir dengan desain cover yang lebih luwes dan hype. Seperti Doraemon, Hello Kitty, Star Wars, Avenger, Disney, Batman etc. Harganya? Tergantung ukuran sih ... tapi tetep ya ... termasuk mahal, untuk ukuran pocket sizenya saja harganya diatas Rp. 200.000 dan itu bukan yang limited edition.

Karena harganya yang lumayan itu jadilah aku mencari second option, setelah mencari-cari (termasuk ngepoin IG para sketcher) akhirnya aku menemukan scribble book yang diproduksi oleh Area 52, sebuah local brand asal Bandung.

Untuk saat ini ada 4 jenis scribble book yang ditawarkan oleh Area 52 Studio, yaitu scribble note, scribble book classic, scribble book watercolor dan scribble book multipaper.


Karena ingin mencoba semua coloring tools yang aku punya, aku akhirnya memilih scribble book multipaper.

BTW. Area 52 juga berkolaborasi dengan local artist merilis limited edition scribble book, bedanya dengan scribble book biasa adalah ilustrasi yang terdapat di halaman depannya.

Kalau sering feed walking di IG pasti tahu lah ... @toolkit04 (Andhika Nugraha), @iqbal_amirdha (Mochamad Iqbal Amirdha) dan @coretannino (Nino Puriando) . Yap. @toolkit04 adalah salah satu illustrator Indonesia yang berprestasi, salah satu karyanya adalah comission artwork untuk meet and greet Linkin Park fan base di Jerman.


So far aku cukup excited menantikan scribble book dikirim ke rumah dan setelah dicoba hasilnya pun tidak mengecewakan. Watercolor papernya sesuai dengan pakem waktu kuliah dulu hehe...

Finnaly arrived :) 

💓 the words

Back pocket + trading card inside

OK. Yang dibawah ini baru permulaan X) sisanya lanjut di @virtualholyday ya...

First sketch...

You May Also Like

2 comments

  1. i was about scalp my head off for picking watercolor sketchbook. I was about to buy the canson xl aquarelle, but the price is just too much for about 30 pages.. and I found this one reviews on Indonesia's local product. thank you so much love.

    ReplyDelete
    Replies
    1. So I am hehe
      The paper price isn't too affordable especially for newbie they should have practice like me.

      Sometimes I even used bread paper for sketching ✌

      Delete

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~