Tour de Museum : Museum Anak Kolong Tangga

by - October 14, 2016

Museum Anak Kolong Tangga demilestari

Museum kedua yang aku kunjungi adalah Museum Anak Kolong Tangga, aku pernah melihat liputan tentangnya di salah satu stasiun swasta dalam segmen hiburan. Museum Anak Kolong Tangga ini diklaim sebagai museum mainan anak yang pertama di Indonesia.

Berawal dari kegemarannya mengumpulkan mainan, Rudy Corens seorang warga Belgia yang kini menetap di Indonesia telah berhasil mengoleksi berbagai jenis mainan, baik yang barasal dari dalam negeri (Indonesia) atau pun luar negeri. Ia kemudian berinisiatif untuk membagikan kecintaannya akan mainan dengan cara membuat museum mainan anak.

Museum Anak Kolong Tangga demilestari

Untuk bisa melihat koleksi mainannya, pengunjung bisa megunjungi Museum Anak Kolong Tangga yang terletak di  dalam kompleks Taman Budaya Yogyakarta Jl. Sriwedari no 2, di lantai 2 Concert Hall Taman Budaya yang letaknya bersebelahan dengan Taman Pintar.

Museum Anak Kolong Tangga dibuka dari hari Selasa sampai dengan hari Jum’at, sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Harga tiket (September 2016) adalah Rp. 5000 / orang, namun untuk pengunjung di bawah usia 15 tahun tidak dikenakan tiket (gratis). Jika membawa kamera (pocket / DSLR / handphone) dikenakan tiket Rp.5000.

Museum Anak Kolong Tangga demilestari

Museum Anak Kolong Tangga ini memiliki banyak sekali koleksi mainan dari berbagai era, semuanya dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya mobil-mobilan dengan mobil-mobilan lagi meskipun berbeda era.

Karena tidak diurutkan berdasarkan timeline aku (atau mungkin pengunjung yang lain) merasa kurang satisfied. Meskipun dikelompokkan berdasarkan jenisnya, ada baiknya jika dibuat timeline atau keterangan di setiap itemnya. Memang pada beberapa item ada keterangan secara general, namun selebihnya setiap item hanya ditandai oleh secuil kertas yang dibubuhi nomor.

Museum Anak Kolong Tangga demilestari

Selain itu space yang terbatas turut menjadi kendala utama karena tidak semua mainan bisa didisplay secara maksimal. Tapi ya kembali lagi, museum ini kan berisi koleksi pribadi. Jadi ya... harap maklum (^.^)

Jika dibandingkan dengan museum mainan seperti Mint - Singapore Toys Museum , Museum Anak Kolong Tangga ini memang jauh berbeda baik dari segi display maupun jumlah koleksi. Tapi, so far...  kehadiran Museum Anak Kolong Tangga ini cukup meramaikan peta permuseuman di Indonesia.

Museum Anak Kolong Tangga demilestari

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~