The Imitation Game

by - 14.10.16


Peperangan bukan saja menelan banyak korban jiwa namun juga menimbulkan banyak kerugian, baik itu dari sisi sumber daya (komoditi) atau tenaga (manusia). Dan Perang Dunia ke 2 (World War II) merupakan peperangan terlama yang melibatkan banyak negara di dunia, diantaranya adalah Jerman, Inggris, Italy, Prancis, Russia, Amerika dan Jepang.

Banyak cara telah ditempuh untuk mengakhiri peperarangan, dari mulai bersekutu, membuat perjanjian atau pakta, sampai mencoba memenangkan peperangan itu sendiri.

Pemerintah Inggris yang mulai kewalahan menghadapi peperangan kemudian mencari alternatif lain, jika sebelumnya mereka merekrut banyak orang untuk diterjunkan ke medan perang, sekarang mereka merekrut  orang-orang pintar (ilmuan, ahli dan professor) untuk bekerja sama memecahkan kode Enigma.

Enigma adalah mesin yang digunakan pasukan Jerman untuk berkomunikasi berupa pesan yang dienkripsi menjadi kode-kode mengenai posisi kapal perang, waktu penyerbuan dan penempatan pasukan. Inggris beruntung bisa mendapatkan satu mesin Enigma berkat bantuan sekutu, namun karena kode Enigma berganti setiap jam 12 malam, belum ada seorang pun yang mampu menguraikan isi pesan tersebut.

Alan Turning (Benedict Cumberbatch) seorang professor Cambridge diminta untuk bergabung dalam misi rahasia bersama dengan Hugh Alexander, John Cairncross, Peter Hilton dan beberapa orang ahli bahasa.

Sikap individual dan arogan Alan Turning membuat anggota timnya merasa jengkel dan dianggap memperlambat pekerjaan. Tapi dengan kecerdasan yang dimilikinya Alan Turning mendesign mesin universal yang bisa digunakan untuk memecahkan semua kode, termasuk kode Enigma.

Setelah sempat ditolak oleh pemerintah, akhirnya Alan Turning bisa diizinkan untuk membuat mesin universal tersebut, bahkan ia menggantikan posisi Hugh Alexander sebagai ketua tim. Tentu saja ia langsung memecat para ahli bahasa karena tidak dianggap tidak berguna sama sekali. Untuk mengisi kekosongan tim ia merekrut beberapa orang yang diseleksi berdasarkan TTS (Teka Teki Silang).

Hanya 2 orang yang berhasil lulus seleksi, salah satunya adalah Joan Clarke (Keira Knightley) yang akhirnya membantu  Alan Turning untuk berbaur dengan rekan setimnya. Butuh waktu yang panjang dan perjuangan tak kenal lelah dalam memecahkan kode Enigma, namun semua itu terbayar ketika 
Christopher (mesin universal yang dibuat oleh Alan Turning) berhasil bekerja untuk pertama kalinya.

Ternyata memecahkan kode Enigma bukanlah satu-satunya tantangan yang dihadapi Alan Turning dan timnya, ada saat-saat dimana sisi kemanusiaan dipertanyakan yaitu ketika mereka hampir berhasil menyelesaikan misi.

Meski telah berhasil membantu pemerintah Inggris memenangkan perang melawan Jerman pada Perang Dunia ke 2, Alan Turning didiskriminasi oleh masyarakat karena orientasi seksualnya yang dianggap menyimpang pada masa itu, hingga akhirnya ia memilih untuk bunuh diri.

Baru berpuluh-puluh tahun setelah kematiannya, Ratu Inggris memberinya amnesty (ampunan) sebagai penghargaan atas kontribusinya pada Inggris.

The Imitation Game merupakan pencapaian terbaik Benedict Cumberbatch yang diganjar piala Oscar atas perannya sebagai Alan Turning. Formula film The Imitation Game kurang lebih hampir mirip-miriplah dengan The King Speech yang juga mengisahkan sisi lain dari peperangan, sebuah drama mengenai peperangan tanpa peperangan.

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.