The Snow Maiden

by - October 14, 2016


The Snow Maiden atau yang lebih dikenal dengan Snegurochka adalah cerita rakyat yang berasal dari Russia, jika pernah mendengar tentang Putri Kaguya cerita rakyat dari Jepang, maka The Snow Maiden adalah versi Russia dari Putri Kaguya, keduanya memiliki alur cerita yang agak mirip meski dengan ending yang berbeda.

The Snow Maiden bercerita tentang seorang penebang kayu dan istrinya, bertahun-tahun lamanya menikah mereka tak juga dikarunia seprang anak, ketika beranjak tua mereka sangat gelisah memikirkan hari tuanya yang kesepian.
Suatu hari di musim salju, pasangan suami istri tersebut pergi ke hutan untuk menebang kayu. Untuk menghibur diri, mereka  membuat sebuah boneka dari salju yang dinamai Snegurochka. Ketika melihat Snegurochka, istri penebang kayu merasa sedih dan berharap agar Tuhan memberikannya seorang anak untuk merawatnya di hari tua.

Tiba-tiba, mata Snegurochka berkedip, pasangan suami istri tersebut tidak mempercayai apa yang mereka lihat, mereka kemudian menatap Snegurochka lagi. Salju yang menutupi Snegurochka mencair, lalu Snegurochka mulai menjelma menjadi seorang manusia nyata dengan tiara yang berkilauan dan pakaian mewah ala peri.

Mereka terkesima dengan apa yang mereka lihat sampai Snegurochka datang menghampirinya, Snegurochka mengatakan kepada mereka bahwa ia datang untuk menjadi anak yang selama ini mereka dambakan dan berjanji akan merawat mereka. Pasangan suami istri tersebut kemudian pulang ke rumah membawa Snegurochka dengan bahagia.

Hari-hari berlalu, Snegurochka tinggal bersama pasangan suami istri tersebut, ia merawat mereka dan melakukan semua kewajibannya. Istri penebang kayu kerap meminta Snegurochka pergi keluar untuk mencari teman, tetapi Snegurochka menolaknya dengan halus. Hingga suatu hari, Snegurochka meminta izin untuk pergi ke karnaval.

Di desa yang sama dengan Snegurochka, tinggallah seorang gadis cantik bernama Kupava. Karena kecantikannya, Mizgir, seorang saudagar kaya jatuh hati padanya. Semenjak itu mereka menjadi tak terpisahkan, desas desus mengatakan bahwa tak lama lagi Mizgir akan menikahi Kupava.

Di karnaval Snegurochka bertemu dengan seorang pemuda bernama Lel, tak butuh waktu lama bagi mereka untuk saling menyukai. Dimana ada Snegurochka disana ada Lel.

Suatu hari Mizgir datang mengenakan pakaian wanita dan menari-nari, semua orang yang melihatnya tertawa-tawa, begitu juga dengan Kupava. Saat itu Snegurochka dan Lel ikut menari bersama-sama. Mizgir yang baru kali itu melihat Snegurochka langsung terpikat, ia kemudian memutuskan hubungannya dengan Kupava dan melupakannya.

Sejak itu tersiar kabar bahwa Mizgir sering mengunjungi Snegurochka di rumahnya, desas desus mengatakan bahwa tak lama lagi Mizgir akan menikahi Snegurochka. Kupava yang merasa kesal lantas mendatangi rumah Snegurochka, ia memarahi dan menghina Snegurochka, ia bahkan meminta agar orang tua angkatnya mengusirnya.

Tak sampai disitu, Kupava menghadap Tsar Berendei untuk mengadukan ulah Snegurochka yang (menurutnya) telah merebut Mizgir kekasihnya. Tsar Berendei yang dikenal bijak kemudian memanggil Snegurochka dan orang tua angkatnya untuk menghadap ke istana. Mereka semua ketakutan, namun tetap memenuhi panggilan tersebut

Tsar Berendei kemudian meminta Snegurocha menjelaskan tentang Mizgir, ia tidak menampik bahwa Mizgir menyukainya, namun yang sebenarnya terjadi adalah Snegurochka telah menolak Mizgir sehingga Mizgir tidak pernah mendatangainya lagi. Tsar Berendei pun mengerti duduk permasalahan kedua gadis ini. Cinta. Tsar Berendei lalu menyuruh Snegurochka dan orang tua angkatnya pulang ke rumah.

Kupava yang mengetahui keputusan Tsar menjadi hilang kendali, ia merasa sangat putus asa dan memilih untuk menceburkan dirinya ke dalam sumur. Setalah kejadian itu, Snegurochka terus berdiam diri di dalam rumah, ia tidak bisa dibujuk bahkan oleh Lel sekali pun.

Suatu hari Lel mendatangi rumah Snegurochka dan mengajaknya keluar rumah, tak disangka Snegurockhka menyetujuinya, mereka lalu berjalan-jalan hingga ke tepian hutan. Snegurochka meminta Lel untuk memainkan flutenya dan dengan senang hati Lel memainkan flutenya. Snegurochka menangis mendengarkan Lel memainkan flutenya, perlahan-lahan tubuh Snegurochka memudar dan hilang ditelan bumi. Meninggalkan Lel yang termangu menatapnya.


The Snow Maiden adalah salah satu cerita rakyat Russia yang popuer, terbukti dengan tokoh Snegurochka yang sering dijadikan muse untuk ilustrasi atau boneka, salah satunya adalah The Enchanted Dolls. Karena kepopulerannya The Snow Maiden juga diangkat menjadi cerita opera dan dipentaskan sejak era 1800an.

You May Also Like

0 comments

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.