The Hundred-Foot Journey

by - 14.10.16


The Hundred-Foot Journey adalah sebuah film mengenai dunia kuliner dan serba serbinya, meliputi berbagai macam rahasia dapur dan komunitas food tester tersembunyi serta penghargaan tertinggi dalam dunia kuliner, Michelin star.

Tidak banyak yang tahu, The Hundred-Foot Journey merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Richard C. Morais. Film The Hundred-Foot Journey ini diproduseri oleh Steven Spielberg yang lebih dulu terkenal dengan karyanya E.T. , Jurassic Park dan Cloverfield yang bertema scine fiction, dan Oprah Winfrey si Ratu Talkshow, serta Juliet Blake.

Mengisahkan tentang sebuah keluarga India yang bermigrasi ke Prancis demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Keluarga tersebut dikepalai oleh Hassan Haji yang merupakan seorang chef, di tempat asalnya Mumbai mereka mengelola sebuah restaurant, ia dan keempat anaknya tanpa sengaja singgah di kota Lumiere Prancis.

Terkesan dengan lingkungannya yang damai dan tentram, Hassan Haji kemudian berinisiatif untuk membuka sebuah restaurant India. Awalnya, terjadi pertentangan karena Luminere bukan tujuan utama mereka dan dinilai bukan tempat yang baik untuk membuka usaha dengan kultur yang berbeda.

Dengan keteguhan hatinya Hassan Haji mampu membungkam semua opini anak-anaknya, mereka kemudian berusaha mencari tempat tinggal sekaligus tempat usaha yang baru. Tak butuh waktu yang lama untuk menemukannya, dengan segera mereka mendapatkan sebuah tempat tinggal yang disulap menjadi sebuah restaurant India.

Sementara itu, di hadapannya telah berdiri sebuah restaurant Prancis yang dikelola oleh Madam Mallory dan mendiang suaminya (dulu). Restaurant tersebut telah meraih 2 Michelin Star yang membuatnya memiliki prestige tersendiri.

Madam Mallory yang merasa terusik dengan restaurant India Hassan Haji kemudian berusaha memboikot dan menutup restaurant tersebut. Hassan Haji yang merasa tersinggung kemudian berusaha untuk mencari cara membalas Madam Mallory. Keduanya sama-sama saling menjegal dan menjatuhkan, terus seperti itu hingga Walikota Lumiere turut turun tangan mencoba mendamaikan keduanya.

Salah seorang anak Hassan Haji yaitu Hassan Abdul Kadam memiliki ketertarikan terhadap dunia kuliner, tanpa sengaja ia menemukan buku resep Michelin yang memuat berbagai resep menakjubkan. Dengan dibantu Marguerite, seorang chef assistent di restaurant Madam Mallory ia mencoba untuk mengesankan Madam Mallory dengan membuat main course, yang tentu saja dicela habis-habisan olehnya.

Tak patah semangat, Hassan Abdul Kadam kemudian mencoba lagi dan menghidangkannya kepada Madam Mallory. Kali ini berbeda, Madam Mallory yang keras kepala akhirnya mendatangi Hassan Haji untuk meminta Hassan Abdul Kadam bekerja di restaurant miliknya. Hassan Haji yang sentimentil terhadap Madam Mallory awalnya menolak, namun melihat kegigihan Madam Mallory dan keinginan Hassan Abdul Kadam ia pun mengizinkan.

Dengan bakatnya Hassan Abdul Kadam menjelma menjadi chef utama di restaurant Madam Mallory, bahkan ia mendapatkan Michelin Star ketiga untuk Madam Mallory. FYI. Michelin Star adalah penghargaan bergengsi bagi praktisi kuliner di seluruh Prancis, penilaiannya dilakukan secara rahasia dan tersembunyi setiap setahun sekali, hal inilah yang menjadikan Michelin Star sangat prestisius.

Setelah mendapatkan Michelin Star, Hassan Abdul Kadam menjadi chef yang paling dicari, berbagai macam tawaran berdatangan silih berganti. Demi masa depan yang lebih baik lagi, Hassan Abdul Kadam mencoba peruntungannya di Paris, ia menjadi chef di salah satu restaurant bergengsi dan mendapatkan berbagai pengetahuan baru dalam dunia kuliner.

Gemerlapnya Paris tak jua meluluhkan Hassan Abdul Kadam yang diam-diam merindukan keluarganya dan Madam Mallory yang kini bersahabat dengan Hassan Haji. Dalam kegamangannya ia dihadapkan pada keputusan sulit, terus mengejar cita-citanya atau kembali ke pelukan keluarganya?

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.