Rich Dad, Poor Dad

by - October 19, 2015


Pernahkah terlintas dalam pikiran, mengapa orang kaya bisa tetap (atau bertambah) kaya sedangkan orang miskin bisa tetap miskin?

Mengapa?

Jawabannya adalah pemahaman finansial.

Robert terlahir dari keluarga kelas menengah yang cukup berkecukupan, ayahnya adalah seorang guru sedangkan ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sangat bergantung pada pendapatan ayahnya, karena tidak memiliki penghasilan lainnya. Maka dari itu ia menyebutnya sebagai Poor Dad.

Di sekolah ia berteman dengan Mike yang juga berasal dari kelas menengah, bersama-sama mereka menjadi partner dalam menghasilkan uang. Ayah Mike adalah kontraktor sekaligus businessman pada saat yang bersamaan, dari ayah Mike lah Robert belajar bagaimana caranya menghasilkan uang, mengatur uang sampai membuat uang tersebut bekerja untuknya. Maka dari itu ia menyebutnya sebagai Rich Dad.

Rich Dad, Poor Dad adalah 2 sisi mata uang dari issue finansial, memberikan gambaran nyata mengenai pemahaman keuangan di masyarakat luas, tentang bagaiamana pemahaman finansial sangat berpengaruh terhadap masa depan seseorang.

Dengan bahasa yang mudah dimengerti Robert T. Kiyosaki mengupas tuntas tentang issue finansial yang dianggap krusial, seperti issue pajak dilihat dari kacamata bussinessman yang kapitalis atau issue mengenai perbedaan mendasar antara bisnis dan profesi.

Satu hal yang perlu diingat, pemahaman finansial adalah salah satu skill yang wajib diajarkan oleh orang tua kepada anaknya, katakanlah sebagai legacy (warisan). Karena dengan mengajarkan pemahaman finansial, sekurang-kurangnya orang tua telah mempersiapkan masa depan si anak.


Mungkin buku ini agak kejam menggunakan istilah Rich Dad (Ayah Kaya) dan Poor Dad (Ayah Miskin), namun dibalik kejamnya terjemahan kata sifat tersebut, buku Rich Dad, Poor Dad mengajarkan kepada pembaca mengenai pemahaman finansial, selain itu buku ini disertai dengan  tips dan trik finansial yang bisa diterapkan dalam bisnis, khususnya bisnis property

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~