The Hobbit An Unexpected Journey

by - October 29, 2015


The Hobbit An Unexpected Journey adalah film pertama dari The Hobbit trilogy yang merupakan spin off dari The Lords of The Rings trilogy. Sesuai dengan judulnya film ini mengambil tokoh hobbit Bilbo Baggins sebagai karakter utama, bagi yang sudah pernah menonton film The Lords of The Rings trilogy pasti familiar dengan namanya, ya, Bilbo Baggins adalah paman dari Frodo Baggins. Hanya saja dengan penampilan yang 60 tahun lebih muda.

Dalam film The Lords of The Rings The Fellowships of The Rings diceritakan bahwa Bilbo Baggins menghilang pada ulang tahunnya yang keseratus sekian, meninggalkan sepucuk surat dan the rings didalamnya untuk keponakannya Frodo Baggins. Dalam film The Lords of The Rings akhir diketahui bahwa selama ini ternyata Bilbo Baggins berada di Rivendell.

Mungkin The Hobbit lebih cocok disebut sebagai prekuel dari film The Lords of The Rings trilogy ketimbang jadi sekuel, karena jika dilihat dari setting waktu dan alur cerita yang digunakan The Hobbit memiliki waktu lebih awal. Jika dalam film The Lords of The Rings sempat sedikit disinggung bagaimana caranya the rings sampai ke tangan Bilbo Baggins. Di film The Hobbit ini akan diceritakan secara mendetail bagaimana Bilbo Baggins mendapatkan the rings dari tangan Smeagol, si gollum penguntit

Dengan visual effect yang sama megahnya dengan The Lords of The Rings trilogy serta alur cerita yang berkualitas, The Hobbit adalah film sangat layak dinantikan. Cerita dibuka dengan Gandalf si penyihir mendatangi rumah Bilbo Baggins beserta sekawanan kurcaci, Gandalf meminta kesediaan Bilbo untuk ikut serta dalam ekspedisi menuju Lonely Mountain (Gunung Kesunyian). Pada saat itu kawanan kurcaci mengira Gandalf bercanda menjadikan Bilbo sebagai burglar (pencuri) dalam tim mereka, Bilbo yang merasa tertantang langsung menyetujuinya.


Bilbo yang kini resmi bergabung dengan kawanan kurcaci mulai bisa membiasakan diri, meski terkadang ada hal-hal yang kurang berkenan dengannya, salah satunya adalah Thorin Oakenshield pemimpin kawanan kurcaci tersebut, ia selalu saja meremehkan Bilbo dan selalu menjaga jarak.

Dari kawanan kurcaci lainnya Bilbo mengetahui bahwa Thorin adalah raja terakhir kaum kurcaci, anak dari Thrain dan cucu dari Thror yang menjadi raja di bawah gunung. Bertahun-tahun yang lalu Benteng Erebor yang berada di Lonely Mountain diserang oleh Smaug, seekor naga yang menyukai emas. Sebelum menyerang Benteng Erebor, Smaug sudah terlebih dulu menyerang Dale yaitu kerajaan manusia yang letaknya paling dekat dengan Lonely Mountain dan Lake Town.

Pada saat Smaug menyerang muncul pula kawanan Orc yang dipimpin oleh Azog, semua kurcaci pun turut serta mempertahankan Benteng Erebor. Termasuk Thrain, yang akhirnya mati dibunuh Azog. Meskipun kerajaannya diambang kehancuran, Thror lebih memilih untuk tinggal di balairung penuh emas miliknya, ia tak sanggup meninggalkan kekayaannya dan dengan mudah dibunuh oleh Smaug. Pada saat itu, pasukan elf yang dipimpin oleh Thranduil datang, tapi mereka hanya melihat dan pergi begitu saja. Thorin yang sedang berusaha mati-matian mempertahankan diri merasa kecewa dan sejak saat itu bersikap sentimentil terhadap kaum elf.


Dalam perjalanannya menuju Lonely Mountain, mereka tanpa sengaja masuk perangkap troll yang sedang kelaparan, beruntung Gandalf berhasil menyelamatkan mereka dan mengarahkan mereka menuju Rivendell. Thorin yang sentimentil dengan kaum elf awalnya tidak mau ke Rivendell, tapi Gandalf dan kawanan kurcaci lainnya terus membujuknya hingga akhirnya ia bersedia ikut, meski dengan wajah masam.

Di Rivendell, Gandalf mempertemukan Thorin dengan seorang elf bernama Elrond, Elrond sebenarnya membantu Thorin memecahkan teka-teki jalan rahasia menuju Lonely Mountain, namun Thorin yang kadung kecewa malah bersikap arogan. Thorin bahkan menyuruh kawanan kurcaci untuk pergi meninggalkan Rivendell secepat mungkin.

Mereka kemudian menuju Misty Mountain (Pegunungan Berkabut) melewati jalan-jalan curam nan berbatu, ketika terdengar suara halilintar menggelegar, tanah tempat mereka berpijak pun ikut bergerak. Suasana menjadi kacau karena mereka dilanda kepanikan, ternyata jalan-jalan curam nan berbatu yang mereka pijak adalah raksasa gunung, raksasa gunung tersebut akan saling berkelahi sehingga menghasilkan suara menggelegar layaknya halilintar. Lagi-lagi Gandalf berhasil menyelamatkan mereka.

Tak berapa lama muncul goblin yang menangkap dan menyeret mereke hingga ke bawah tanah, tempat sarang mereka berada, goblin-goblin tersebut sangat kelaparan dan berkelahi memperebutkan mereka. dalam usaha Gandalf menyelamatkan mereka Bilbo terpisah dari kawanan kurcaci, ia tersesat dalam terowongan tempat goblin-goblin buangan berasal. Pada saat itu Bilbo menemukan sebuah cincin yang membuatnya invisible (tidak terlihat), di tengah perjalanannya mencari jalan keluar Bilbo bertemu dengan seekor (atau seorang?) gollum bernama Smeagol yang sedang mencari cincin yang ia ambil.

Mereka berdua lalu bermain tebak-tebakan, jika Bilbo berhasil menjawab teka-teki Smeagol maka Smeagol akan menunjukkan jalan keluar dan jika Smeagol berhasil menjawab teka-teki Bilbo maka Smeagol akan memakan Bilbo. Bilbo pun berhasil menjawab 3 teka-teki Smeagol, namun Smeagol yang picik terus menguntit Bilbo, untungnya Bilbo bisa bertemu kembali dengan kawanan kurcaci, bersama-sama mereka melarikan diri dari kejaran goblin.

Ketika mereka berkemah tiba-tiba muncul sekawanan orc memburu mereka, tak ayal lagi hal tersebut sempat membuat mereka tercerai berai. Meski begitu mereka akhirnya bisa bersatu dan dibawa ke rumah Beorn, satu-satunya makhluk yang ditakuti Orc. Beorn memberi saran agar mereka semua bergegas pergi untuk menghindari kepungan Orc.

Belum sampai setengah perjalanan mereka sudah dikejar-kejar Orc dan Wargs, karena kekuatan yang tidak seimbang mereka tersudutkan hingga ke ujung tebing. Pada saat itu datanglah Azog, Thorin yang dendam kemudian memutuskan lengan sebelah kiri Azog, Azog yang murka lalu berusaha membunuh mereka. Dalam keadaan genting tersebut muncullah elang raksasa menyelamatkan mereka.

Pada beberapa scene film The Hobbit An Unexpected Journey ini akan diperlihatkan wajah Smeagol, agak mengganggu sih hehe secara keliatan jelas banget busuk-busuknya hehe

Endingnya minta disambung banget ini mah ...

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~