We Are The Croods !!!

by - October 21, 2015


Dilihat dari ceritanya, The Croods mengambil intisari kisah tentang manusia gua yang dipaparkan oleh filsuf Yunani, Socrates. Dikisahkan bahwa ada 3 orang manusia yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di dalam gua tanpa pernah tahu dunia luar. Hingga suatu saat, salah satu diantara mereka memutuskan untuk pergi keluar dari gua, ia mendapati bahwa banyak hal baru yang bisa ia dapatkan ketika ia berada di dunia luar, hal-hal yang tak pernah ia dapatkan ketika berada di dalam gua.

Kisah manusia gua tersebut merepresentasikan hidup manusia, tentang mind (pemikiran) seseorang, dan tentang akal, satu-satunya hal yang memanusiakan manusia. Seiring dengan berjalannya waktu manusia berevolusi dengan bertahap dan secara berangsur-angsur akal mulai digunakan. Tentu saja butuh waktu jutaan tahun lamanya evolusi agar manusia bisa seperti sekarang.

Kenyataan itulah yang menjadi inspirasi The Croods, kenyataan bahwa tidak semua hal baru itu membahayakan dan harus dijauhi, melainkan harus dicoba. Meski tak mudah untuk melakukannya,
Keluarga Croods adalah satu-satunya keluarga primitif yang  masih tinggal di dalam sebuah gua batu, terdiri dari Grug (ayah), Ugga (ibu) dan ketiga anak mereka Eep, Thunk dan Sandy serta nenek yang ½ gila Gran. Mereka menggantungkan hidup dari hasil berburu pada siang hari dan mengurung diri di dalam gua batu pada malam hari.

Grug memiliki sifat kaku seperti Carl dalam film Up dan badan yang besar seperti Ralph dalam film Wreck It Ralph, ia senang melakukan ritinitas yang biasa ia lakukan tapi tidak berusaha untuk melakukan hal baru. Ia berasumsi bahwa hal yang baru itu membahayakan, di tahap ini Grug belum bisa open mind karena ia sendiri takut untuk mencobanya, mungkin Grug butuh testimoni J.

Di suatu malam Eep melihat ada cahaya di luar guanya, ia kemudian mengendap-ngendap dan mengikuti cahaya tersebut. Ia terkejut karena ada manusia lain selain keluarganya, terlebih lagi ia membawa cahaya. Eep yang belum pernah melihat api penasaran dan berusaha untuk menangkapnya dan membuat kegaduhan sehingga Grug datang.

Penampilan Guy yang eksentrik dan serba baru membuat Eep jatuh hati, namun Grug yang tidak menyukai Guy terus berusaha menjauhkan mereka berdua. Guy juga memilki seekor hewan peliharaan merangkap sabuk bernama Belt. Guy menjelaskan pada keluarga Croods bahwa bumi mulai berubah (secara geografis) dan ia sedang dalam perjalanan menuju hari esok, Guy juga mengatakan bahwa tempat yang mereka tinggali saat ini pun akan segera hancur.

Tak lama setelah Guy pergi, gua tempat tinggal mereka hancur seketika terkena longsor, Keluarga Croods yang belum pernah pergi jauh dari (akhirnya) mau tak mau harus mencari tempat tinggal baru. Dengan sangat berat hati Grug memimpin keluarganya ke tempat baru.

Bukan hal yang mudah bagi Keluarga Croods untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, keluguan dan ketakutan mereka terhadap hal-hal yang belum pernah ditemui menjadi moment yang menggelikan. Hingga pada suatu waktu mereka bertemu kembali dengan Guy dan sepakat untuk melakukan perjalanan bersama menuju hari esok.

Dalam perjalanannya, Guy memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baru bagi mereka seperti menggunakan alas kaki dan bagaimana caranya memasak. Keluarga Croods perlahan-lahan mulai berubah, dari yang asalnya antipati menjadi sangat antusias dan mulai bisa open mind, tapi yang terpenting adalah mereka belajar bagaimana caranya menggunakan akal.

Mmm ... Kecuali Grug.

Sebagai kepala keluarga, Grug yang terbiasa diandalkan merasa Guy telah mengambil alih tempatnya. Grug berusaha menunjukkan pada keluarganya bahwa ia lebih bisa diandalkan daripada Guy, namun semakin keras Grug berusaha semakin menjauh pula keluarganya.

Ketika berada di dalam gua mereka semua terpisah, tapi karena longsor semakin dekat mereka terus berusaha untuk mencapai ujung gua.  Sayangnya, mereka semua kecewa karena menemukan jalan buntu.

Grug kemudian melemparkan keluarganya satu persatu agar selamat. Disinilah Grug mulai open mind, ia memakai akalnya untuk bisa selamat dari letusan gunung berapi. Berkumpul dengan keluarganya.

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~