Monster University

by - September 07, 2015


Monsters University adalah prekuel dari film animasi Monster, Inc. yang dirilis oleh rumah produksi Disney dan Pixar pada tahun 2001 lalu. Dengan strategi pasar yang cerdas film Monsters University seakan-akan mengobati kerinduan penggemarnya, karena pada saat itu (2001) rata-rata penonton film Monster, Inc. adalah anak-anak usia bangku sekolah dasar, saat ini anak-anak tersebut  sudah menginjak bangku kuliahan, sama seperti setting film Monsters University.

Cerita dimulai ketika Mike Wazowsky kecil mengikuti field trip dengan sekolahnya ke perusahaan Monster, Inc. disana ia dan teman-temannya menyaksikan bagaimana para scarer (penakut / orang yang menakut-nakuti) beraksi dengan cara menakuti anak-anak demi menghasilkan energi. Mike yang penasaran kemudian mengikuti salah satu scarer ke dalam kamar seorang anak kecil, tentu saja hal tersebut menimbulkan kepanikan bagi semua orang, namun tidak bagi Mike, pengalamannya mengikuti scarer  sangat membekas di ingatannya, sehingga ia memutuskan untuk menjadi scarer.

Bertahun-tahun kemudian Mike akhirnya berhasil kuliah di Monsters University, seperti mahasiswa baru pada umumnya Mike sangat siap untuk memulai kehidupan barunya sebagai mahasiswa. Teman sekamar Mike di asrama adalah Randall, mereka bersama-sama belajar dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Meskipun unggul dalam hampir semua mata kuliah Mike tidak serta merta memiliki popularitas dan status sosial, ia kerap dianggap tidak meyakinkan karena rupanya yang tidak menyeramkan layaknya scarer wanna be.

Lain halnya dengan Jimmy P. Sullivan yang memang sudah memilki darah scarer, popularitas dan status sosialnya memang sangat berbanding terbalik dengan Mike, namun hal tersebut tidak sebanding dengan nilai-nilai kuliahnya. Sulley pun akhirnya didepak dari kelompoknya (ROR) dan digantikan oleh Randall.

Dalam suatu ujian menakut-nakuti, Mike dan Sulley terlibat perkelahian dan tanpa sengaja memecahkan tabung jeritan. Dekan Hardscrabble yang kecewa melihat ulah keduanya memutuskan untuk memindahkan mereka dari jurusan scarer ke jurusan Pembuat Kaleng Teriakan. Sejak saat itu hubungan keduanya mulai memburuk.


Untuk menunjukkan bahwa ia layak masuk jurusan Scarer Mike memutuskan untuk mengikuti Scare Games, yaitu lomba menakut-nakuti yang diikuti oleh seisi kampus. Dekan Headscrebble pun menantang Mike dengan berjanji akan memindahkan kembali Mike dan kawan-kawan ke jurusan Scarer jika mereka berhasil memenangkan Scare Games. Sayangnya, Mike kekurangan 1 orang anggota tim untuk bisa mengikuti Scare Games, dan secara mengejutkan Sulley mengisi kekosongan tim. 


Tim baru mereka dinamai Oozma Kappa (OK) terdiri dari Mike, Sulley, Don Carlton, Terry dan Terri, Art dan Squishy. mereka tinggal bersama-sama di rumah Squishy dengan ibunya yang single parent. Awalnya Mike dan Sulley bersitegang karena perbedaan visi, setelah ujian pertama mereka berdua mulai menyadari bahwa mereka tidak akan pernah bisa menang jika terus menerus berselisih.

Untuk menambah semangat Mike mengajak timnya untuk masuk ke dalam Monster, Inc. Ternyata tidak semua scarer menakutkan, ada beberapa yang biasa-biasa saja namun berhasil memanfaatkan potensi monster didalam diri mereka.

Kemenangan demi kemenangan yang diraih oleh tim OK telah membuat pesaingnya merasa jengah, mereka semua menjebak Mike dan kawan-kawan ke pesta yang ditujukan untuk mempermalukan diri mereka ke seantero kampus. Walaupun sempat dibuat frustasi karenanya tim OK bertekad untuk memenangkan Scare Games.

Hingga tibalah saat yang dinanti-nantikan, tim OK harus berhadapan langsung dengan tim ROR di final Scare Games. Di satu sisi cukup mengejutkan karena tim OK adalah tim yang tidak pernah diprediksi akan bertahan di babak penyisihan tapi di sisi lain tim OK adalah pesaing tangguh bagi tim ROR.

Di final Scare Games ini peserta dituntut untuk menakut-nakuti sesuai dengan kepribadian dan lingkungan target (nah disinilah muncul alasan kenapa Randall tidak menyukai Sulley), tak disangka-sangka tim OK akhirnya bisa menjadi juara dan berhasil pindah lagi ke jurusan scarer.

Namun lagi-lagi Mike harus menelan kenyataan pahit karena Sulley ternyata berlaku curang untuk bisa memnangkan Scare Games. Kerena  kecewa dengan ulah Sulley, Mike nekat masuk ke lab Pembuatan Pintu untuk menguji kemampuan dirinya sendiri. Sedangkan Sulley yang (memang) bersalah menghadap dekan Headscrabble dan mengakui semua perbuatannya.

Sulley yang mengetahui perbuatan nekat Mike langsung menyusul ke lab Pembuatan Pintu, ia lalu masuk ke kamar anak-anak yang sedang berlibur. Anak-anak yang terkejut kemudian menghubungi guru dan polisi, keadaan menjadi kacau karena polisi terus memburu Mike dan Sulley.

Pintu yang menghubungkan kamar itu dan lab Pembuatan Pintu tidak berfungsi karena dimatikan di satu sisi (untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan), dan satu-satunya cara agar pintu bisa berfungsi kembali adalah dengan mengumpulkan jeritan sebanyak mungkin.

Meskipun akhirnya mereka bisa mengumpulkan jeritan dan membukakan pintu (bahkan menghancurkannya), tak membuat mereka berdua selamat dari hukuman. Melihat kekacauan yang mereka timbulkan dekan Headscrabble memutuskan untuk mengeluarkan mereka dari Monsters University.

Mike dan Sulley memang tak pernah lulus kuliah dari Monsters University, tapi hal tersebut tidak menyurutkan keinginan mereka untuk bekerja di Monster, Inc. Untuk menjadi scarer...

When one door is closed, there is another opened door...

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~