Kalap di Toko Victory Bandung

by - April 30, 2017


Salah satu tempat yang wajib disambangi para crafter atau designer yang sedang mengerjakan (fashion) design project di Bandung adalah toko Victory, toko ini menjual perlengkapan crafting dan DIY serta segala tetek bengek detail fashion seperti lace (renda), pita, beads (manik-manik), aksesoris dan lain-lainnya yang bisa membuat kalap dalam sekejap 🤭.

Coba deh tanya teman, saudara atau kenalan yang gemar crafting. Dimana tempat membeli bahan-bahan untuk crafting? Biasanya yang pertama disebut adalah toko Petra, dilanjutkan dengan toko WK kemudian ‘cari aja’ 😁 di sepanjang jalan Otista. Yang menyebut toko Petra biasanya lanjut berkomentar “Tapi sekarang udah nggak ada ...”.

Beneran nggak ada? 😩


Di sekitar penghujung tahun 2016, dunia para crafter, mahasiswi fashion design dan owner online shop mendadak limbung ketika toko favoritenya ‘hilang’. Toko Petra tutup untuk waktu yang cukup lama. Tak ada pengumuman di kertas HVS yang ditempel di rolling door toko yang bertuliskan alamat pindah atau penjelasan dari toko tetangga.

Semuanya sunyi, kecuali desas desus.

Kemudian muncul sebuah toko baru yang bernama Toko Victory. Kabarnya, Toko Victory adalah Toko Petra dalam versi baru. Versi 3.0. Karena sebelum berganti nama menjadi Toko Victory, Toko Petra pernah menjadi Toko Hosana, meski isinya masih tetap sama.



Toko Victory ini terletak di samping Rumah Makan Padang di depan Kantor Pos Bandung, masih satu deretan dengan Toko Petra dulu. Patokannya adalah jembatan penyebrangan di area Mesjid Raya Bandung.

Untuk mencapai Toko Victory, jika menggunakan transportasi umum bisa menaiki angkot atau bis DAMRI yang rutenya melewati jalan Asia Afrika atau alun-alun, kemudian berjalan kaki sedikit ke depan Kantor Pos Bandung. Atau bisa juga menaiki angkot atau bis DAMRI yang rutenya melewati jalan Otista, kemudian berjalan kaki dari perempatan jalan Cibadak dan Otista ke depan Kantor Pos Bandung. 


Jika dibandingkan dengan Toko Petra dulu, Toko Victory ini lebih luas dan tertata. Pegawainya kini menggunakan seragam berwarna pink, mendukung tema toko yang berubah menjadi shabby chic. Kalau dulu hampir semua pegawai yang melayani costumer adalah perempuan, maka kini sudah ada petugas laki-laki yang ditempatkan di bagian tali dan lantai 2.

Kalau dulu di Toko Petra lantai 1 adalah tempat display barang-barang crafting dan aksesoris, lantai 2 adalah gudang penyimpanan yang merangkap menjadi tempat kursus keterampilan setiap hari Rabu dan Minggu pagi. Kini di Toko Victory lantai 1 adalah tempat display barang-barang crafting dan aksesoris, lantai 2 adalah adalah surganya printilan shabby chic yang menggoda iman. Apa-apa yang dijual di online shop bisa ditemukan disana.

Emak-emak yang doyan shabby chic pasti betah ... 😁





Seperti kebanyakan orang lain, aku hampir selalu out of list kalau mengunjungi toko semacam itu. Kalap. Niat awal hanya ingin membeli beads saja, eh, ujung-ujungnya kecantol printilan lainnya yang lucu-lucu, beadsnya sendiri mah malah lupa beli.😶😭

Just a tips ya, sebelum memutuskan untuk berbelanja, ada baiknya membuat list apa saja yang diperlukan, karena bisa-bisa barang yang dibeli bukanlah barang yang diperlukan. List ini sangat penting untuk menentukan prioritas, terutama bagi para crafter pemula, jangan sampai budget membengkak hanya karena terjebak membeli barang yang sama dengan warna yang berbeda dengan alasan lucu.

Tapi emang iya sih... lucu-lucu...😊


Toko perlengkapan crafting adalah toko favorite kedua setelah toko buku, karena hanya dengan mengunjunginya saja bisa membuatku merasa gembira dan kreatif hahaha Coba saja, apa yang akan terjadi ketika melewati rak yang dipenuhi dengan beads yang berkilauan, atau deretan box yang berisi printilan lucu dan toples-toples yang dipenuhi dengan premium button

Tring... Tring... Tring... ide bermunculan. Saking banyaknya ide yang bermunculan, malah jadi bingung mana duluan yang mau dikerjain hehe 😚


So, nggak usah jauh-jauh refreshing kalau lagi musim kemarau basah seperti sekarang ini. bekunjunglah ke toko perlengkapan crafting, niscaya malah makin pusing 😊 But at least, it would boosting your creativity side, yang asalnya nggak ngerti apa-apa tentang crafting atau DIY pasti ada lah sedikit dua dikit mah perasaan tergoda... 😋 .

location: Toko Victory Bandung

Baca juga: Toko Victory pindah

You May Also Like

27 comments

  1. Ihhh oke banget tokonya. Di Surabaya dulu pernah ada toko bahan crafting seluas ini jadi lebih leluasa milih-milih. Ehh, sekarang udah berubah jadi toko accesories doang huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa sayang banget 😅 padahal bahan crafting mah banyak yg nyariin.

      Smg bisa nemuin lagi toko bahan craft yg cociks ya 😊 eh tapi kalo belum bisa kontak IGnya Toko Victory @tokovictory_bdg

      Delete
  2. Terima kasih infonya Mba.. Saya juga salah satu orang yg dulu suka banget ke Pertra kemudian pas mau kesana ternyata tutup..
    Nanti saya mau main ke Victory ah.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ... Kita senasib 😁 Inget ya, kalau "maen" jangan kalap 😉 hehe

      Delete
  3. infonya sangat bermanfaat makasih banget tth cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ...
      Senang bisa membantu 😘

      Delete
  4. Alamat nya dimana kak?

    ReplyDelete
  5. Makasih banyak teh infonya.. Lagi suka bikin craft, biasa nyari bahan di baltos. Mau nyoba ke area cibadak/otista ga tau mau ke toko mana. Nanti coba ke Victory. Makasih banyaaaakkkk infonyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ... Semangat ya ngecraftnya :) Setauku di baltos mah agak mahal & kurang variatif barangnya hehe Kalau ke Otista bisa coba ke toko Dunia Baru atau Toko WK, di jajaran sebrang pasar baru, tapi karena tokonya nggak self service kaya di Victory jadinya mesti gercep request ke karyawannya.

      Thanks for visit

      Delete
  6. seru bangett... tp bisa parkir mobil gak ya kalau di victory?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau parkir mobil di depan tokonya banget mah gabisa, paling di basement alun-alun atau di kantor posnya, kalau pake motor masih bisa lah nyelip-nyelip parkir di depan rumah makan padang hehe

      Thanks for visit.

      Delete
  7. ka, sekarang petra masih di jl. asia afrika gak? soalnya tempo hari aku lewat gak liat tokonya. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, toko Petra setauku udah nggak ada dan gantinya adalah toko Toko Victory ini, lokasi toko Victory masih sejajaran dengan Toko Petra dulu, disamping Rumah Makan Padang di bawah jembatan penyebrangan depannya banget Kantor Pos Besar.

      Delete
    2. Pantesan aku bbrp kali nyari kok tokonya selalu tutup

      Delete
    3. Pantesan aku bbrp kali nyari kok tokonya selalu tutup

      Delete
    4. Pantesan aku bbrp kali nyari kok tokonya selalu tutup

      Delete
    5. Pantesan aku bbrp kali nyari kok tokonya selalu tutup

      Delete
  8. Makasih banget loh infonya,,,,sekian lama,galau cari bahan craft yg lengkap,harga terjangkau "Toko petra" menghilang....skarang kayak orang yg dikasih hadiah " seneng pisan" ada toko victory. .maksih...

    ReplyDelete
  9. Makasi bangeeet teh infonya. Aku lagi mau usaha konveksi kecil"an terus lagi nyari aksesoris jahit. Eh ternyata nemu tulisan teteh ini. Seneng bangeeeet radanya. Semiga selalu berbagi info yg bermanfaat kaya gini ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ...

      Thanks for visit :)

      Delete
  10. Ada benang wol dan peralatan merajut nya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      Kalau nggak salah dulu sih ada ya, tapi mungkin agak kurang lengkap.
      Bisa coba dicek ke Toko Dunia Baru, masih di jalan Otista kok, dari Toko Victory terus lurus ke ke arah Pasar baru, di perempatan langsung belok kiri jalan agak jauhan dikit.

      Atau ke Tobucil di Jl. Panaitan 18 Bandung

      Thanks for visit :)

      Delete
  11. bisa pesen online manik manik ga? gmna cranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      Coba dicek IGnya @victoryaccesories

      Thanks for visit :)

      Delete

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~