Prambanan X KAWS: Holiday Indonesia

by - September 16, 2023


Hello~

Di hari terakhir liburan tadinya kita ingin menghabiskan waktu dengan jalan jajan di area Prawirotaman, baru sorenya kita ke ArtJog. Yha~ meski nggak mendaki gunung lewati lembah kita tetap jompo yaini 😂, makanya itinerary-nya nggak ambis haha 😆. Semalam, rencana jalan-jalan direvisi perkara insta story-nya mb Lucedale, yang mem-posting Prambanan X KAWS: Holiday Indonesia yang akan dibuka besok.

Karena aku lagi nggak pake IG dan Deya nggak follow mb Lucedale, jadilah Icunk yang kebagian tugas mencari tahu mengenai printilan Prambanan X KAWS: Holiday Indonesia. Yogyakarta dan Prambanan hanya berjarak 2 stasiun aja kalau pake KRL, kalau pake bis cuma sekali tapi karena nggak ada yang tahu rutenya maka opsi ini di-skip. Dari stasiun Prambanan kita bisa jalan kaki atau pake becak atau pake ojol menuju situs Prambanan, kita mah jalan ya sekalian olahraga *waeee… 🤭.

mandatory picture

Untuk tiket masuk ke situs Prambanan bisa dibeli OTS, sedang untuk pembeliannya bisa pake cash atau QRIS (diutamakan BRI). Di pintu masuk tas kita dicek oleh petugas, untuk makanan dan minuman yang udah terlanjur dibawa bisa dititipkan ke petugas, nanti saat pulang bisa diambil di pintu keluar. OK banget sih ini, kita nggak mesti balik ke pintu masuk kalau mau ambil barang sitaan ✨👌🏻.

Karena sebelumnya kita udah pernah mengunjungi situs Candi Prambanan, maka untuk kunjungan kita kali ini akan fokus pada KAWS: Holiday Indonesianya aja. Kupikir candi mirip gunung ya, lebih indah saat dilihat dari jauh namun saat berada di puncak terasa bagai Tuhan😇. Mungkin karena sebelumnya aku ke situs Candi Prambanan bersama rombongan, aku baru tahu bahwa area Prambanan luas, pantesan sering dijadikan venue konser.




Tampak

FYI, KAWS adalah karakter ciptaan Brian Donelly berupa sculpture 3D yang menyerupai boneka dengan bentuk kepala menyerupai Medusa gemoy. Menurut kesotoyanku, KAWS beraliran seni kontemporer dimana semua elemen desain sah untuk dieksplorasi, jadi nggak masalah kalau rupa dan rasanya di luar prediksi BMKG.

KAWS: Holiday Indonesia adalah project dimana karakter KAWS singgah di beberapa tempat dalam berbagai pose, Indonesia adalah negara ke-10 yang disinggahi. Sebelumnya KAWS: Holiday singgah di: Seokchon (Seoul), Chiang Kai-Shek Memorial Hall (Taipei), Victoria Harbour (Hong Kong), Fumotoppara Camping Ground (Jepang), stratosfer (luar angkasa), Bristol (inggris), Marina Bay (Singapura), Gunung Changbai (China) dan Melbourne (Australia). Kalyan bisa searching mandiri ya kalau kepo 😁.

melindungi wajah biar sunscreen-nya nggak meleleh

Prambanan X KAWS ini dibuka untuk umum pada 19-31 Agustus 2023, untuk kalyan duhai pembaca… tentcunya udah kelewat banget ya karena aku mem-publish post-nya nggak real time alias ngaret 😅. Kurasa pemilihan tempatnya pun udah pas, areanya luas dan berada di sebelah situs Candi Prambanan yang merupakan warisan budaya. Keduanya cucok disandingkan meski berbeda mazhab.

KAWS: Holiday Indonesia di Prambanan ini posenya rebahan sambil menutup mata, nggak tahu doi menutup matanya perkara silau beneran atau nggak kuku menghadapi kenyataan 🥲. Menurut analisa sotoyku (lagi) Indonesia kebagian KAWS berwarna pink biar lebih kontras ketimbang abu-abu yang bikin nyaru dengan batu candi Prambanan. Begitu pun dengan pose rebahannya yang Indonesia banget 😂.



miring aesthetic

Karena kita datang di hari pertama tentcunya masih banyak influencer lintas platform yang wara wiri take video dan bikin insta story. Saat kita datang mah pengunjungnya nggak begitu banyak, nah… semakin siang pengunjungnya semakin banyak 😅. Susah banget nyari timing yang pas biar fotonya nggak bocor sana sini, jadi yaudalaya… kita semua berada di tempat dan waktu yang sama.

Di dekat instalasi KAWS ada tenant yang menjual merchandise-nya KAWS dan kopisop stater pack (kopi, croissant dan roti). Kopinya okay sedang Roti Kleponnya enak banget, sayangnya aku nggak menemukan collaborator brand-nya di package-nya, kan penasaran… mau beli lagi 🤤. Komentar Icunk: kenapa mereka nggak jual Pizza dan minuman bersoda sih, kan bisa sharing dengan teman, cocok untuk piknik-piknikan. Lah… iya juga ya… kebanyakan yang datang teman seper-circle-an 😅.


Kita sempat leyeh-leyeh sambil menonton rang-o-rang yang berfoto, anak kecil di depan kita gemesin… ngambek gegara ortunya foto mulu 😆. Tadinya kita mau beli gelato yang tapi nggak jadi karena bayarnya mesti cash dan kita belum sempat ke ATMYaudalaya… mungkin lain kali kita beli gelato. Setelah puas berfoto kita memutuskan untuk kembali ke Yogyakarta, kali ini kita pake Go-Car ke stasiunnya, ternyata hayati lelah... 🥺.

Untuk mencapai pintu keluar kita mesti melewati labirin kios merchandise yang terasa panjang karena alurnya yang berkelok-kelok. Setelah labirinnya selesai kita mampir di pos untuk mengambil kembali cemilan yang tadi disita, baik banget sih… cemilan kita dikaretin biar nggak awur-awuran 😄. Ohya, barang sitaannya nggak pake nomor ya jadi tinggal tunjuk aja nanti petugasnya ambilkan.

📍 Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, D I Yogyakarta 
🗓️ Senin-Minggu 6.30-17.00 WIB
🎫 50K dewasa
🎫 25K anak-anak (dibawah 10 tahun)

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~