Reply 1988

by - December 22, 2017


Wahai kawan-kawan seperK-Dramaan, setelah sempat mendekam di kamar selama ± semingguan akhirnya ku tamat nonton Reply 1988 haha Sebagaimana penonton yang lagi susyah-susyahnya move on, aku masih sering kepikiran dan kadang rewatch sambil makan. Eh, masih wajar kan ya? Kalian juga gitu kan?

Reply 1988 adalalah instalment ke 3 dari Reply series, yang terbaru setelah Reply 1997 dan Reply 1994 produksi TVN. Sebelumnya aku pernah mencoba nonton Reply 1994 namun gagal di 2 episode awal karena bagiku ceritanya kurang menarik.

Setiap kali ngobrolin K-Drama dengan temen pasti adalah yang ujung-ujungnya nyangkut ke Reply 1989, katanya sih lebih rame daripada Reply 1997 dan Reply 1994. Wah? Masa? Hmm ... Hawa-hawanya sih menjanjikan yha~ ... Nggak perlu waktu lama untuk mencari raw file serial Reply 1988 ini karena ternyata Widy dan Melan punya.

Hanya butuh hitungan menit untuk menyadari bahwa serial Reply 1988 ini pirame-eun haha secara garis besar serial Reply 1988 menceritakan tentang kehidupan anak-anak kompleks Ssangmun-dong yang berteman sejak kecil, mereka adalah Sung Duk Sun (Hyeri),  Kim Jung Hwan (Ryo Jun Wul),Taek (Park Bo Geum), Sung Sun Woo (Go Kyung Po) dan Yoo Dong Ryong (Lee Dong Hwi).

Menonton serial Reply 1988 mau tak mau kita pasti akan diajak kembali ke masa lalu, dimana kita masih bisa merasa aman, betah dan nyaman meski tanpa smartphone atau internet. Maklum ya saat itu kompor gas pun terbilang barang mewah, rice cooker belum ditemukan, mesin cuci masih jarang (eh, apa malah belum ada?) tapi bersyukur ya pada punya telepon di rumahnya.

Kehidupan bertetangga ala Reply 1988 adalah salah satu hal yang menurutku paling dirindukan, saling bertukar makanan sebelum jam makan atau sekedar merajang sayuran di depan rumah merupakan pemandangan yang lazim. Saking rukunnya dengan tetangga sudah seperti keluarga, menitipkan anak sehari dua hari pun sudah tak segan, lebih borderless ya karena kita bisa datang kapan saja bahkan ikutan makan haha

Ada 5 keluarga yang menjadi fokus di Serial Reply 1988 ini, mereka adalah;

Sung Dong Il dan Lee Il Hwa
Keluarga ini tinggal di basement rumah keluarga Jung Hwan karena terlilit hutang akibat tertipu, Sung Dong Il bekerja sebagai manajer di Bank Hanil sedangkan Lee Il Hwa menjadi IRT, mereka memiliki 3 orang anak yang pertama adalah Sung Bo Ra (Ryoo Hye Young) mahasiswi jurusan Matematika Universitas Seoul yang meski galak tapi cerdas dan baik hati, yang kedua adalah Sung Duk Sun siswi SMA yang terlalu menikmati hidupnya sampai bodoh dan yang ketiga adalah Sung No Eul (Choi Sung Won) siswa SMP yang selalu jadi objek penderita.

Kim Sung Kyun dan Ra Mi Ran
Bisa dibilang keluarga ini adalah yang paling tajir di kompleks setelah memenangkan lotere, Kim Sung Kyun memiliki toko elektronik sedangkan Ra Mi Ran adalah IRT, mereka memiliki 2 orang anak yang pertama adalah Kim Jung Bong (Ahn Jae Hong) yang masih berusaha masuk universitas meski sudah gagal ± 6 kali dan Kim Jung Hwan siswa cerdas yang memiliki kepribadian cool.

Kim Sun Young dan ?
Setelah suaminya meninggal dalam kecelakaan pesawat Sun Young harus membesarkan kedua anaknya sendirian, ia menjadi IRT karena masih memiliki anak yang mesti diurus. Meski hubungan dengan mantan mertuanya kurang baik, ia merasa beruntung karena memiliki dua orang anak yang nggak neko-neko yaitu Sun Woo dan Jin Joo, pokoknya sibling goals banget lah yah hehe

Ko Gil Dong dan ?
Sebagai single parent Ko Gil Dong sebenarnya merasa agak kesulitan untuk mengurus anaknya Taek, namun jarang ditampakkan karena kepribadiannya yang pendiam dan tertutup.  Ia memiliki toko watch & jewelry yang sepi karena memang nggak pernah keliatan ada yang datang, sedangkan Taek adalah seorang atlet Baduk (permainan sejenis catur) berprestasi.

Yo Jae Myung dan Yoo Ji Soo
Meski termasuk geng Ssangmundong, intensitas kemunculan keluarga ini (orang-tua) bisa dihitung dengan jari. Mungkin karena keduanya sama-sama sibuk ya, Yo Jae Myung adalah dekan sekolah dan  Yoo Ji Soo adalah agen asuransi jadinya Dong Ryong hidupnya agak terbengkalai haha terlepas dari kelakuan sengkleknya, Dong Ryong adalah wadah curhat bagi teman-temannya.

Mungkin pada penasaran ya kenapa mesti banget tahun 1988? Kenapa nggak tahun 1989 atau tahun 1990? Emang ada apa sih di tahun 1988? Well ... Tahun 1988 adalah tahun penting di sejarah Korea Selatan karena untuk pertama kalinya Korea Selatan menjadi tuan rumah olympiade, pencapaian yang luar biasa sebab selama ini Korea Selatan hanya dikenal sebagai partner gencatan senjatanya Korea Utara.

Di tahun 1988 Korea Selatan digambarkan belum ada apa-apanya dibandingkan sekarang, lah~ apalah Endonesia kalau gitu mah T.T Setidaknya menurutku Korea Selatan di tahun 1988 sudah termasuk canggih, karena ... kamar belajar yang lampunya bisa nyala pake kartu itu sungguh luar biayasaa yha~  eh nggak tahu juga sih kalau yang tinggal di kampung mah hehe

Euforia Olympiade Seoul yang menjadi starting point Reply 1988 ditampilkan dengan Duk Sun yang menjadi pembawa  bendera kontingen Madagascar dan jalanan yang lengang karena semua orang menonton seremoni pembukaan Olympiade di TV atau mendengarkan di radio. Adem yha~~~

Diantara mereka berlima Cuma Taek yang nggak nerusin sekolah (maklum ya atlet zaman dulu) karenanya Duk Sun dan Dong Ryong yang emang dari dasarnya nggak suka belajar sering iri. Taek sebenernya nggak lemot apa gimana sampe nggak nerusin sekolah tapi karena emang udah ketemu passion-nya apa.

Di Reply 1988 ini sekolah cowok sama sekolah cewek dipisah kaya di pesantren jadinya Duk Sun nggak punya cerita di sekolah dengan Jung Hwan, Sun Woo dan Dong Ryong. Besties-nya Duk Sun adalah Wang Ja Hyung (Lee Se Young) dan Jang Mi Ok (Lee Min Ji) yang nantinya jadi love interest Jung Bong.

Biasalah yah ... kelakuan ciwik-ciwik zaman SMA mah ngapain lagi selain jajan gawl sepulang sekolah sama ngeceng. Disapa cowok dikit langsung di cie ... ciee ... cieee ... semacam ekspektasi yang terlalu membumbung tinggi. Diantara semua scene, yang tersengklek adalah scene dimana Ja Hyung dan Mi Ok sok-sokan nekat manjat pager yang ternyata tinggi (((TERNYATA TINGGI))).

Witing tresno jalaran soko kulino ...

Tadinya kupikir Sun Woo naksir Duk Sun tapi ternyata nggak, untunglah ... sebab sayang aja ya kalau Sun Woo sampai naksir Duk Sun, too good to be true. Persaingan diam-diam antara Jung Hwan dan Taek merebut hati Duk Sun juga bikin nyesek, eh ... aku bukan #JungHwanTeam apalagi #TaekTeam tapi emang ya keragu-raguan itu sifatnya menyesatkan.

Aku malah lebih suka #SunWooXBoRa karena mereka pacarannya kinyis-kinyis haha Meski di episode-episode awal Bo Ra ini digambarkan tempramen dan senggol tabok, tapi lama-kelamaan Bo Ra mulai melunak dan keliatan sifat aslinya. Mungkin pengaruh pacar juga kali ya ... Oh iya, scene Sun Woo dan Bora tercyduk emak-emak kompleks bikin ngakak lah.

Reply 1988 bukan sekedar cerita cinta anak-anak kompleks Ssangmun-dong atau gosipannya emak-emak di siang hari, lebih luas karena cakupannya adalah satu kompleks. Ketimbang masuk genre romance drama Reply 1988 lebih cocok masuk ke genre drama keluarga, ada kalanya satu episode hanya fokus kepada satu keluarga (+ intrik) jadi kita bisa mengenal masing-masing keluarga.

Kalau dipikir-pikir, sebenernya bukan Cuma anak-anak saja yang punya geng, emak-emak sama bapak-bapak juga nggak mau kalah lah ... disaat anak-anak mereka ngumpul di basecamp (kamar Taek) orang tua mereka juga ngumpul dan mabu’ *ehe

Kehidupan bertetangga ala Reply 1988 adalah sebenar-benarnya sosialisasi, say Hi sambil nyapu jalan atau sengaja bertamu sambil ngobrol ngalor ngidul adalah hal yang lumrah, sedangkan rapat (katakanlah) RT adalah momen yang tidak boleh dilewatkan. Sekarang mah boro-boro ... jangankan ikutan rapat, ketua RTnya yang mana aja nggak tau *heu

Terlepas dari pro dan kontra netyzen mengenai second lead (fe)male character  dan #JungHwanTeam vs #TaekTeam  bagiku semua cast serial Reply 1988 adalah first lead character, karena semua karakter memiliki porsi yang balance. Makanya nggak masalah juga kan kalau di ending-nya yang nikah bukan Duk Sun tapi Bo Ra.

Udah lah ya ... pokoknya serial Reply 1988 ini adalah serial K-Drama yang wajib kamu tonton (secara maraton) haha



Aigoo ... Kim Sajang!!!
...
...
...

Mbeeekkkkk ...

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~