Miss Peregrine's Home for Peculiar Children

by - March 13, 2017


Dari teaser awal sudah bisa ditebak ini adalah film anak-anak dengan tema dark seperti Lemony Snickets A Series of Unfortunate Events atau Pan’s Labyrinth. Apalagi melihat ketika melihat nama sutradaranya, Tim Burton, yang memang dikenal dengan karya-karyanya yang agak ‘nyeleneh’ seperti The Corps Bride, Edward The Scissorhand, Charlie and The Chocolate Factory dan lainnya yang (hampir selalu) dibintangi oleh Helena Bonham Carter.

Jake adalah seorang remaja biasa yang tinggal bersama kakeknya Abe di Florida. Sejak kecil Jake terbiasa dengan dongeng pengantar tidur kakeknya mengenai Miss Peregrine dan anak-anak asuhnya. Jake percaya dongeng kakeknya nyata sampai akhirnya kecewa karena teman-temannya menuduh foto-foto Miss Peregrine dan anak-anak asuhnya adalah hoax.


Pada suatu hari Jake menemukan kakeknya Abe meninggal dengan mata yang menghilang. Orang tua Jake yang khawatir dengan kondisi psikologisnya  kemudian berkonsultasi dengan seorang psikiater yang menyarankan agar Jake refreshing. Jake pun setuju untuk pergi, namun ia hanya ingin pergi ke Cairnholms sesuai permintaan kakeknya sebelum meninggal.

Cairnholms adalah nama sebuah tempat di sebuah pulau kecil di Wales, cuaca di Caornholms mirip dengan Forks di Twilight, lembab dan mendung berkepanjangan. Jake kemudian mencari rumah Miss Peregrine, namun ia harus kecewa karena rumah tersebut telah hancur oleh bom yang jatuh pada 3 September 1943.

Jake memberanikan diri masuk ke puing-puing rumah Miss Peregrine dan pingsan ketika bertemu dengan ‘hantu’ anak-anak asuh Miss Peregrine. Mereka lalu  membawa Jake ke Miss Peregrine yang memperkenalkannya pada anak-anak asuhnya yang ‘istimewa’.


Ada Emma yang tubuhnya seringan balon sehingga harus menggunakan sepatu dari besi agar tidak ‘lepas’. Horace yang menyukai pakaian dan bisa memproyeksikan mimpinya seperti proyektor, Olive yang selalu memakai sarung tangan karena apa pun yang disentuhnya akan terbakar, Enoch yang sekalipun agak jealousan tapi product (psycho) designer banget,

Millard the invisible boys, Bronwyn yang kekuatannya melebihi manusia dewasa, The Twins yang seluruh tubuhnya ditutupi kaya bantal karena punya tatapan Medusa, Fiona yang bisa menumbuhkan tanaman, Claire yang memiliki mulut monster di belakang kepalanya dan Hugh si bee boys.

Miss Peregrine adalah seorang Ymbrine (time manipulator) yang bertugas membuat loop (lingkaran waktu yang hanya bisa dimasuki oleh Ymbrine dan peculiar) untuk menjaga para peculiar, Ymbrine kebanyakan adalah wanita dan bisa berubah bentuk menjadi burung. Selama ini mereka bersembunyi di dalam loop yang dibuat oleh Miss Peregrine untuk menghindari Hollowgast.


Hollowgast tadinya adalah peculiar, namun hidup terkutuk karena menginginkan hidup yang abadi. Untuk bisa berubah bentuk kembali menjadi manusia, Hollowgast memakan mata anak-anak peculiar. Hollowgast yang belum bisa berubah ke bentuk manusia menjadi invisible, mereka bahkan tidak terlihat oleh Hollowgast yang sudah berubah bentuk.

Jake sendiri ternyata adalah peculiar yang memilliki bakat untuk melihat Hollowgast seperti kakeknya Abe, sayangnya Abe memilih untuk bergabung menjadi tentara dan memiliki kehidupan yang normal. Ketika jake kembali ke dunia nyata terjadi pembunuhan yang menegaskan bahwa Hollowgast telah sampai di Cairnholms. Jake mencoba kembali ke dalam loop namun tertangkap Mr. Barron pemimpin Hollowgast yang kemudian menukar Jake dengan Miss Peregrine.


Tinggallah Jake yang harus menyelamatkan anak-anak peculiar dari Hollowgast, mereka kemudian menuju menara Blackpool untuk membebaskan Miss Peregrine dan Ymbrine lainnnya. Yang terjadi selanjutnya bisa ditebak, endingnya minta dibuat sekuel hehe

Miss Peregrine’s home for peculiar children ini sedikit banyak mengingatkan akan film Big Fish, tentang serang anak yang membuktikan bahwa khayalan ayahnya selama ini adalah nyata dan Pan's Labyrinth karena Hollowgast mirip dengan monster yang ada di film itu meski tanpa tentakel.

Menurutku, film ini kurang dark... walau sebenarnya sangat berpotensi untuk dibuat lebih dark. Tapi mempertimbangkan bahwa film ini ditujukan untuk anak-anak, ya.. yo wis aja deh. Sebenarnya bakat paling sadis ada di The Twins yang mengingatkanku (lagi) pada film animasi Nine, dan bakat yang paling keren (untuk saat ini) adalah Enoch.

Mungkin karena efek make up, jadinya Emma kelihatan agak tua untuk remaja seusianya, tapi nggak apa-apa sih kan mereka ini orang-orang jadul yang sembunyi di loop. BTW, Eva Green yang jadi Miss Peregrine cakep ya dan karakternya memorable (tadinya aku pikir Helena Bonham Carter yang akan memerankan Miss Peregrine) anak-anak peculiar juga lucu-lucu apalagi Claire yang rambutnya dikeriting gantung kaya Maria Belen.

Based on my research, Miss Peregrine Home for Peculiar Children ini adalah adaptasi dari buku dengan judul yang sama, triology kaya The Maze Runner. Bagi mereka yang sudah membaca bukunya  agak kesal karena bakat Emma dan Olive ditukar, aku sih belum tahu karena baru nonton filmnya, mungkin kalau sudah baca aku juga bakal ikutan kesal hehe

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~