Suicide Squad

by - 13.3.17


Semuanya berawal ketika Amanda Willer (Viola Davis) yang berencana untuk membentuk satuan pasukan khusus dibawah ARGUS (atau SHIELD kalau di The Avengers mah), yang bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan para penjahat super untuk memberantas kejahatan.

Meski sempat diragukan dan ditentang oleh pemerintah, namun akhirnya rencana Amanda disetujui dan disambut dengan baik, terlebih lagi oleh para penjahat super yang memang menginginkan kebebasan.

Ditengah persiapan Amanda untuk merekrut anggota pasukan penjahat super, tanpa disadari, Enchantress, spirit penyihir  yang sudah menguasai Dr. June Moore (Cara Delavinge) menggunakan kekuatannya untuk membebaskan  Incubus (Alain Chanoine). Mereka yang terbangun berabad-abad setelah ‘masanya’ kemudian membuat senjata karena kesal dicuekin manusia yang tidak lagi memujanya.

Amanda lantas menurunkan para penjahat super untuk membereskan Enchantress,  dalam menjalankan misinya mereka (akan) dibantu oleh beberapa unit pasukan yang dipimpin oleh Kapten Rick Flag (Joel Kinnaman) yang juga merupakan pacar Dr. Moore dan Tatsu Yamashiro a.k.a Katana (Karen Fukuhara), seorang wanita Jepang bertopeng yang mahir menggunakan katana (pedang).
Pasukan yang menamai dirinya Suicide Squad ini terdiri dari:

Floyd Lawton a.k.a Deadshoot (Will Smith) seorang pembunuh bayaran dengan skill  yang mematikan, Dr. Harleen Quinzel  a.k.a Harley Quinn (Margot Robbie) seorang psikiater yang jatuh cinta pada Joker (Jared Letto), Digger Harkness a.k.a Captain Boomerang (Jal Courtney)  seorang perampok Bank kelas kakap, Chato  Santana a.k.a Diablo (Jay Hernandez) seorang fire bender dengan wajah yang terrrajah, Wylen Jones a.k.a Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje) seorang mutant yang berpenampilan seperti monster buaya.

Tentu saja misi ini tidak berjalan mulus dikarenakan konflik yang terjadi di dalam tim, apalagi kalau bukan godaan untuk kabur ketimbang menjalankan misi. Captain Boomerang yang berusaha kabur pun menjadi ciut ketika mengetahui bahwa Flag memiliki kontrol untuk meledakkan bom yang ditanamkan di tubuh mereka.

Enchantress yang jantungnya dihancurkan oleh Amanda kemudian meminta sebagian kekuatan Incubus agar tetap hidup. Keadaan menjadi runyam ketika Amanda diculik oleh Enchantress dan Harley Quinn melarikan diri bersama Joker.

Mereka kemudian melanjutan misi dengan sisa pasukan yang ada, menemukan Enchantress dan berusaha melawannya. Hal yang sulit mengingat Enchantress dan Incubus merupakan dewa dari dimensi lain dan satu-satunya yang memiliki kekuatan yang setara dengan Incubus adalah Diablo.

Sayang, Diablo tak berumur cukup panjang untuk menceritakan bagaimana ia bisa mendapatkan kekuatannya. Namun, pengorbanannya tidak sia-sia karena Enchantress dan Incubus bisa dihancurkan.
Kesimpulan dari film Suicide Squad ini adalah from zero to be hero, bahwa seorang penjahat pun bisa menjadi pahlawan jika memiliki kesempatan dan berada di bawah tekanan. J

For some point, Suicide Squad ini memiliki kelemahan yang menjadikannya STD seperti film superhero pada umumnya. Seperti penggenalan tokoh yang terlalu singkat dan pembagian porsi karakter yang kurang balance,sehingga terkesan mereka ini hanyalah sidekick, bukan partner seperti yang seharusnya.

Ceritanya pun tergolong biasa, mungkin karena sudah banyak film superhero lainnya yang memiliki alur cerita yang mirip jadinya ya biasa-biasa saja. Ya, invasi makhluk luar angkasa atau portal menuju dunia lain tidaklah semenarik dulu. Salah satu celah yang berpotensi diexplore adalah karakter dari Suicide Squad.

Seharusnya, DC mengikuti strategi Marvel yang lebih dulu mengenalkan superhero yang tergabung di The Avenger dalam  film terpisah (spin off) dan memberikan linking credit sebelum merilis filmnya.
Di Suicide Squad terdapat beberapa scene yang menampilkan Batman dan The Flash sebagai cameo seperti Captain America di film Thor, yang menegaskan bahwa Suicide Squad merupakan part dari Batman dan The Flash yang juga merupakan part dari superheronya DC.

Meskipun Deadshot adalah ketua gang, namun yang memiliki porsi terbanyak (diantara semua) adalah Harley Quinn. Nggak secara langsung sih ... Tapi memang ya totalitas Margot Robbie dalam memerankan karakter Harley Quinn patut diacungi jempol. Jadi cewek obsesif yang sinting dan berlagak watados itu sulit loh ...

Di beberapa review, ada yang bilang karakter Joker di film Suicide Squad lebih freak dan bengis, menurutku Joker di film Suicide Squad ini lebih fresh dan neat, tidak serampangan seperti biasanya. Mungkin karena Jokernya  masih remaja ya hehe Jadinya aL4y karena masih pake behel.

Namun mengingat proyek Suicide Squad ini sedari awal memang ditujukan untuk menandingi The Avenger, maka ... ya sudahlah ... tunggu saja spin off terbaru dari mereka. Lihat credit akhirnya kan? Kira-kira apa yang akan dilakukan seorang millyuner Gotham City dengan list penjahat super? The next Tony Stark maybe J

Then, last but not least, kok cast creditnya berantakan ya?


KZL BGT kan jadinya ...

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.