Gouache

by - 30.11.16

 

What is the most interesting things on Instagram artist gallery? The tools!

I followed many peoples on Instagram, kebanyakan adalah artists, sketchers, designers and doodlers. My only reasons is to find out the sketchs reference and tools reference, ya semacam gallery shopping gitu lah ...

Then, if you are KEPO enough to scrolling up/down the recent coment of that artist post, pasti ada aja yang nanya ‘mbak ini pake cat apa?’, ‘merknya apa?’, ‘belinya dimana?’, ‘kalau sama cat (you name it) enakan yang mana?’ and so on.
Lemme tell you, ada 3 jenis cat yang lazim digunakan artists, cat air (water painting), cat minyak (oil painting) dan gouache. Diantara ketiga jenis cat tersebut yang paling sering ditanyakan adalah gouache, well ... istilah gouache masih terdengar asing dan memang baru belakangan ini hype.


So, apa gouache itu?

Gouache adalah officially name dari cat poster.

Serius.

Gouache atau cat poster adalah cat berjenis opaque (solid) yang kental dan memberikan efek padat sehingga mampu menutupi permukaan (surface), sedangkan cat air adalah cat berjenis transparent (menerawang) sehingga perlu beberapa kali sapuan untuk mampu menutupi permukaan.

Gouache dibuat dalam bentuk cairan padat (pasta) dan dikemas dalam botol atau tube, untuk menggunakannya gouache harus dicampur dengan air. Tingkat kekentalan (thickness) gouache hampir sama dengan cat acrylic, bedanya gouache bisa luntur jika terkena air.

Nah, untuk artist seperti @ayankcempaka dan @monsterbuaya gouache yang digunakan adalah gouache impor. Agak sulit juga untuk mendapatkannya. Selama ini gouache yang banyak digunakan (terutama untuk jurusan desain) adalah gouache Sakura.


Gouache Sakura memiliki standar kualitas yang paling baik (kata dosen Nirmanaku dulu), at least gouache Sakura cocok untuk digunakan pada artpaper seperti kertas Linen, kertas Concord, kertas Gloria atau kertas Canson.

Sejak gouache hype di Instagram muncul beberapa merk baru, diantaranya adalah Collen. Salah satu alasan atau memang satu-satunya alasanku untuk mencoba gouache Collen adalah harganya yang cukup murah.


Harga gouache Sakura perbotolnya adalah ± Rp. 15,000, sedangkan harga gouache Collen perbotolnya adalah ± Rp. 6,500 (S),  ± Rp. 12,000 (M) dan ± Rp. 15,000 (L).

Untuk berhemat, biasanya orang akan membeli warna primer (warna yang tidak bisa didapatkan dari warna lain) yaitu kuning, merah dan biru. Warna  lainnya seperti oranye, ungu atau hijau bisa didapatkan dengan mencampur warna primer tersebut.

Setelah dicoba, gouache Sakura lebih mudah dimix warnanya, sedangkan gouache Collen agak sulit dimix karena thicknessnya sulit dikontrol. Mungkin karena sebelumnya terbiasa menggunakan gouache Sakura yang warnanya lebih clear, aku agak kurang sreg dengan hasil colormixnya gouache Collen yang agak butek-butek gimana gitu ...

Mungkin nanti aku harus trial and error dulu ngemixnya (^.^)


Sakura
Collen
Price
«««
««««
Color mix
««««
«««
Color choice
««««
««««
Color intensity
««««
«««
Thickness
««««
«««
Texture
«««
«««


So far, baik gouache Sakura maupun gouache Collen sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Mengenai kualitas gambar yang dihasilkan, itu tergantung dengan skill masing-masing (^.^)  tools hanyalah media.



Practices makes perfect!

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.