WANITA SUNDA VS WANITA JAWA

by - 4.8.16

WANITA SUNDA VS WANITA JAWA

BAB 1
Pendahuluan
1.1    Latar Belakang Masalah
Manusia memiliki ritme hidupnya masing-masing, meskipun berbeda-beda caranya pemenuhannya, namun secara garis besar kegiatan yang dilakukannya sama. Dimulai dari bangun pagi, mandi, sarapan, kerja, ibadah, santai, sampai kembali tidur. Dari bangun tidur itulah bisa diketahui bagaimana keadaan aktifitas yang selanjutnya jika bangunnya telat biasanya aktifitas yang selanjutnya akan berantakan karena banyak waktu yang tumpang tindih antara kebutuhan yang satu dengan kebutuhan yang lainnya.

Kebiasaan pun ikut mempengaruhi aktifitas lainnya, baik itu kebiasaan yang memang sudah ditanamkan sejak lahir, atau kebiasaan yang memang tercipta dari aktifitas yang dilakukannya. Ada beberapa wacana yang tak terdokumentasikan, hanya beredar antar bibir saja,bahwa kebiasaan dari suku bangsa/etnis lah yang mempengaruhi pola kerja seseorang. 


Menurut wacana tersebut wanita yang beretnis Sunda lebih mendahulukan penampilannya daripada pekerjaan rumahnya makanya meskipun cantik namun rumahnya berantakan, sedangkan wanita yang beretnis Jawa lebih mendahulukan pekerjaan rumanya daripada penampilannya makanya kebanyakan wanita beretnis Jawa berpenampilan lebih sederhana dibandingkan dengan wanita beretnis Sunda.
Maka daripada itulah, penulis ingin mengangkat peristiwa itu sebagai tema dari tugas yang berjudul “Wanita Sunda VS Wanita Jawa”.

1.2    Identifikasi Masalah
Menilik keadaan yang seperti itu, penulis ingin menekankan pembahasan di dalam makalah ini terhadap:
1.       Kebiasaan wanita Sunda dan wanita Jawa
2.       Perbedaan prioritas bagi wanita Sunda dan wanita Jawa

1.3    Pembatasan dan Perumusan Masalah
1.3.1           Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah dalam makalah adalah semua hal yang mencangkup ruang lingkup kebiasaan dan prioritas.
1.3.2           Perumusan Masalah
Perumusan masalah di dalam makalah ini adalah “Adakah Pengaruh Prioritas pada Kebiasaan  Wanita Sunda dan Wanita Jawa”.

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah pihak yang terkait (wanita Sunda dan wanita Jawa) bisa saling memaklumi dan menghargai kebiasaan masing-masing etnis.

1.5    Metode penelitian
Metode penelitian yang dilakukan ialah dengan cara survei langsung ke lapangan dan mencari tahu tentang kebiasaan masing-masing etnis.

1.6    Pelaksanaan penelitian
Penelitian ini dilakukan di sebuah asrama putri berisikan 22 orang, yang terdiri dari: 15 0rang wanita beretnis Sunda, 5 orang wanita beretnis Jawa dan 2 orang lainnya (Aceh dan Padang)

Penelitian  1
Penelitian tentang kegiatan yang dilakukan mereka (wanita Sunda dan wanita Jawa) setelah sholat shubuh / bangun tidur?
Berdasarkan pengamatan penulis:
Wanita Sunda cenderung lebih memilih untuk tidur lagi daripada melakukan aktifitas lainnya (contoh: membereskan asrama, olahraga pagi)
Sedangkan, wanita Jawa cenderung lebih memilih untuk melakukan kewajiban akan kebutuhan mereka masing-masing (contoh: mencuci baju, membersihkan asrama)

Penelitian 2
Penelitian tentang mana yang lebih didahulukan? Mandi atau membereskan tempat tidur?
Berdasarkan pengamatan penulis:
Wanita Sunda setelah bangun biasanya lebih tertarik untuk mandi daripada membereskan tempat tidurnya, alasannya agar tidak ada kewajiban yang mesti dipenuhi lagi.
Sedangkan, wanita Jawa tentu saja lebih tertarik untuk membereskan tempat tidurnya terlebih dahulu sebelum mandi, alasannya agar bisa mengerjakan pekerjaan lainnya jika sudah selesai mandi.

Penelitian 3
Penelitian tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bersolek di depan kaca?
Berdasarkan pengamatan penulis:
Wanita Sunda membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bersolek di depan kaca.
Sedangkan, wanita Jawa membutuhkan waktu lebih sedikit untuk bersolek di depan kaca.

1.7    Kesimpulan
berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, penulis mengamati bahwa memang benar adanya perbedaan prioritas antara wanita Sunda dan wanita Jawa.

You May Also Like

2 komentar

  1. ini masih penelitian berdasarkan pengamatan belum di analisis mengenai uji beda nya nyong, sejauh apa antara wanita sunda dan jawa, secaraa general gajauh beda gimana pribadi juga, tp kalo udh bergesekan langsung dengan keluarga tah eta kentara...

    ReplyDelete
  2. Ini buatnya waktu mau lulus dari DA cih, iseng-iseng pelajaran B. Indonesia. Kalau mau yg lebih mendalam ya mesti buat penelitian yg lbh serius


    NNN
    Peace. Love & Gaul

    ReplyDelete

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.