The Virgin Suicides

by - September 21, 2024





Hello~

Saat scrolling TikTok aku menemukan potongan video dari film yang bikinku penasaran, Kirsten Dunst muda banget masa… Setelah searching aku menemukan judul filmnya, yakni The Virgin Suicides yang dirilis pada tahun 1999 dan di-direct oleh Sofia Coppola. Yha~ Sofia Coppola adalah anake dari bapake Francis Ford Coppola yang bikin The Godfather. The Virgin Suicides adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Jeffrey Eugenides yang dirilis pada tahun 1993.

Saat mencari trailer The Virgin Suicides di YouTube aku malah menemukan filmnya 😅, mungkin karena filmnya udah lama dan bukan blockbuster jadi kualitasnya pun nggak begitu OK. Untuk nonton di smartphone masih nyaman laya namun untuk nonton di laptop atau tablet so pasti pecah-pecah. Untuk versi legal-nya kita bisa nonton di aplikasi streaming (nggak semuanya ada, tapi aku lupa yang mana) makanya aku skip opsi ini karena lagi nggak subscribe.

***


The Virgin Suicides ber-setting pada tahun 1970an, saat Ronald Lisbon (James Wood) dan Sara Lisbon (Kathleen Turner) pindah ke Grosse Pointe, Michigan. Mereka memiliki 5 orang anak perempuan (yang kemudian disebut Lisbon Sisters) yang dididik dengan keras dan agak kaku sesuai dengan kepercayaan yang dianut. Mereka adalah Therese – 17 tahun (Leslie Hayman), Mary – 16 tahun (A. J. Cook), Bonny – 15 tahun (Chelsea Swain), Lux – 14 tahun (Kirsten Dunst) dan Cecilia – 13 tahun (Hanna R. Hall).

Kepindahan Lisbon Sisters ini segera menjadi hal yang diperbincangkan di lingkungan kompleks, termasuk tetangga mereka yakni sekumpulan anak laki-laki yang diam-diam ngecengin 😁. Yha~ sebagai tetangga mereka hanya bisa melihat Lisbon Sisters dari jauh dan menerka-nerka apa yang mereka lakukan setiap harinya. Orang tua Lisbon Sisters sangat membatasi pergaulan anak-anak mereka, yang mana membuat mereka agak terisolir baik di rumah dan sekolah.

Untuk meredakan ketegangan paska percobaan bunuh diri Cecilia, orang tua Lisbon Sister mengadakan pesta ulang tahun dan mengundang tetangga di sekitar. Sayangnya, Cecilia masih dalam kondisi yang kurang baik dan memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari jendela. Semua orang yang hadir tentcunya shick shack shock, nggak terkecuali saudari-saudarinya yang mengira bahwa adiknya akan senekat itu.


Setelah kepergian Cecilia, orang tua Lisbon sister berusaha untuk lebih longgar terhadap Lisbon Sister. Mereka mengundang beberapa anak laki-laki ke rumahnya bahkan mengizinkan Lisbon Sister pergi ke pesta prom bersamanya. Tentcunya Lisbon Sister happy dongs… karena ini kali pertama orang tuanya membebaskan dan mendukung mereka melakukan hal-hal yang remaja normal lakukan 👌.

Sayangnya saat itu Lux agak terbawa suasana dan menghabiskan malam bersama Trip Fountain (Josh Harnett), sumvah sampai film berakhir aku nggak faham mengapa Trip malah meninggalkan Lux di lapangan, bukannya dibangunin dulu biar pindah? Menurut kesusotoyanku, Trip nggak siap dengan hubungan jangka panjang dengan Lux karena orang tuanya terlalu strict, nggak asyik aja gitu 😅.

Setelah kejadian Lux-Trip orang tua Lisbon Sister kembali ke template awal dengan versi yang strict. Lisbon Sister berhenti sekolah dan menghabiskan waktunya di rumah dan satu-satunya hiburan hanyalah majalah yang dikirimkan via pos. Orang tua Lisbon Sister terlalu kolot untuk memahami bahwa anak-anak mereka sedang mengalami fase akil baligh, bukan terpengaruh setan.


Saat orang tua The Lisbon Sister membuang vinyl, buku dan printilan-nggak-penting-tapi-ingin-punya, anak-anak tetangga menemukan salah satu journal yang tercecer. Mereka kemudian ‘berbaik hati’ mengabarkan keadaan di luar sana dengan cara memperdengarkan lagu via telepon. Kagak faham hamba mengapa mereka nggak pada ngobrol aja sih… ah bocil! 😪.

Pada suatu malam The Lisbon Sister mengundang mereka ‘main’ ke rumah, jelaslah mereka pada excited dan prepare ini itu. Ada gila-gilanya Lisbon Sister mempersembahkan momen menjemput ajalnya kepada mereka yang saban hari nonton A Day In My Life-nya Lisbon Sister pake teropong. Dengan sansnya satu persatu Lisbon Sister melakukan aksi bundir di depan mereka, 

Sezuzurnya aku menemukan di mana menariknya film The Virgin Suicide ini, konfliknya nggak yang deep gimana gitu dan klimaksnya kurang optimal. Semuanya serba nanggung. Mungkin karena ini film lama dan kita memang diposisikan sebagai penonton yang disuapi materi oleh narator, in the end aku nggak bisa mendapatkan chemistry-nya gimana aja review-ku kali ini 😁.

Aku nggak merekomendasikan The Virgin Suicide ini kepada kalyan yang mendambakan film yang asique, tapi kalau kalyan kelewat gabut bolehlah nonton 😉.

*The Virgin Suicides poster taken from IMP Award and the rest were taken from Pinterest randomly.

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~