Agustusan

by - September 14, 2024

Photo by Thiago Matos

Hello~

Meninggalkan bulan Agustus yang sibuknya kebangetan, wake me up when September ends… nggak deng, tapi udah pada siap kan bikin konten pake lagunya Green Day yang ini 😁.

Kurasa kita semua setuju bahwa bulan tersibuk di tahun 2024 adalah bulan Agustus, kalau tahun-tahun lalu kita sibuk memeriahkan kemerdekaan RI, tahun ini kita sibuk memelihara kemerdekaan RI. Alhamdulillah kita masih bisa merayakan ulang tahun mama secara sederhana dan apa adanya, yang penting kebersamaannya yekan… 😊

Sambil menunggu pelantikan presiden dan wakil presiden RI ke 8, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka digelar, kupikir nggak ada salahnya untuk meng-highlight hal-hal yang terjadi belakangan ini (percayalah, aku udah berusaha senetral mungkin 🙇). Tentcu nggak semuanya ya… karena udah diwakilkan oleh netizen melalui postingan IG story dan tweet yang meski udah berganti nama menjadi X tetap disebut Twitter.

FYI, silakan baca post lain kalau kalyan nggak tertarik dengan post ini.

KEMERIAHAN BULAN AGUSTUS
Bahkan sejak bulan Juli, konten-konten inspirasi lomba Agustusan udah masuk FYP dan timeline-ku. Konten favorite-ku tentcu adalah tingkah bocil saat lomba, ada yang ngambis, ada yang selow dan ada yang bodo amat 😂. Ada banyak lomba baru, salah satunya adalah lomba gelundungan pake kardus, lucu aja gitu tahu-tahu berpindah tempat 😭.

UPACARA DI IKN
Menjelang akhir masa jabatannya, Jokowi berinisisatif mengadakan upacara kemerdekaan RI di IKN yang belum 100% rampung. Untuk menjawab kekhawatiran WIR yang menganggap upacara di IKN sebagai pemborosan belaka, negara bikin upacara kemerdekaan RI secara hybrid. Meski nggak solutif-solutif banget, boleh lah idenya…👌 nonton streaming via smartphone lebih real time ketimbang via TV, kalyan begini juga nggak? apa nggak nonton?.

Note:
Kurasa mulai saat ini kita mesti membiasakan diri dengan perbedaan waktu WIB dan WITA.

SHORTCUT
Kalau kalyan pernah nonton podcast-nya Panji Pagiwaksono, mungkin kalyan ingat doi pernah beropini: jangan sampai jabatan Gubernur DKI jadi batu loncatan untuk jadi presiden. Aku sih yes ya… dan melihat RK yang udah nggak malu-malu menjilat bikinku yakin bahwa doi orangnya oportunis 😏. Sebagai warga Jawa Barat, kita (aku aja sih😅) nggak puas dengan kinerjanya yang sugar coated konten dan demen nge-pin komen warga 👎.

Oh ya, mungkin kalyan tertarik untuk menyelami kolom opininya M. Husein Ali di Twitter  tentang mengapa Sundanese kurang cocok jadi pemimpin. 

BANGKITNYA ANAK-ANAK ABAH
Maaf banget ini mah… tapi aku ketawa banget saat baca-baca reply netizen yang nggak terima disebut anak-anak abah karena beropini tentang pemerintah 😁. Menurutku, yang bikin netizen tersebut diceng-cengin karena caranya beropini mengingatkan kita pada anak-anak abah yang tahu sendiri laya 😅. Selain itu fakta bahwa Anies Baswedan masuk bursa calon Gubernur Jakarta bikin harapan yang redup kembali menyala 🔥.

BERENDAM DI KOLAM YANG NYAMAN
Sezuzurnya aku udah berada di fase kurang nyaman berlama-lama di Twitter karena atmosfirnya terasa gragas, that’s why aku mencari hiburan di TikTok. Sebagai user tentcunya kita memiliki kuasa untuk memilih platform social media yang ingin digunakan, untukku, narasi user Twitter adalah intelektual sedang user TikTok adalah SDM rendah hanyalah oleh-oleh dari pemilu lalu.

KASUS PEMERSATU BANGSA
Mindblowon banget rasanya saat buka Twitter di bis pagi-pagi, apa yang udah aku lewatkan wahai netizen??? Buseddd… Bisa-bisanya kasus perselingkuhan influenza bikin ribut satu negara, terus aku kepo pula 😂. Saat menyelami timeline, aku menemukan bahwa kasus pemersatu bangsa ini nggak memiliki sumber yang kredibel, screenshot-an chat dan embel-embel ‘info dari A1’ yang di-spill oleh second account malah makin mencurigakan 🤔.

GORENG SAMPAI GARING
Dari kaca jendela (pesawat jet) – roti 400 ribuan – stroller bayi – grammar yang kurang OK – Marie Antoinette – bau ketek. Di antara semua materi ranum tentang Erina Gudono bisa-bisanya netizen lebih tertarik membahas bau ketek dongs 😭. Creator dan brand tentcunya memanfaatkan momen ini untuk menaikkan engagement dengan bikin konten yang relate dengan bau ketek. Nggak salah sih… cuma terasa kurang etis karena yang bikin konten belum tentcu pernah bersinggungan langsung dengan mbnya.

EH, BAGI CENDOLNYA GAN!
Barangsiapa yang pernah menghabiskan waktu dengan baca-baca thread atau download-in gambar sotosop di Kaskus, fix kita seumuran 😂. Akun Fufufafa di Kaskus tetiba bikin geger karena disinyalir merupakan akun alter dari Gibran Rakabuming Raka. Di Kaskus bisa ngedit konten nggak sih? Kupikir materinya terlalu kekinian dan terstruktur dengan baik, tapi balik lagi niya… semua kembali pada keyakinan masing-masing.

BUBUR PUTIH BUBUR MERAH
Keriuhan yang terjadi belakangan ini mengantarkan kita pada fakta bahwa rang-o-rang intelektual pun mempercayai mitos. Memanggil Jokowi pake nama Mulyono nggak akan lantas bikin beliau meredup dan terkulai dengan sendirinya, yang ada kita malah jadi studi materinya buzzer 😅. Laku juga nih yang begini-begini, apa pun masalahnya klenik solusinya 💡. Masih tanya kenapa bioskop kita didominasi film horror murmer? 😌.

DARURAT PR CRISIS
Kupikir udah saatnya setiap departemen di pemerintahan memiliki tim PR crisis, pasalnya cocot para pejabat yang nggak sinkron dengan visi misi departemen sering bikin blunder 😱. Serius deh, kalau memang nggak memiliki kapabilitas untuk kasih statement, mending diem atau tunggu tim PR kasih brief. Meng-hire buzzer untuk memperbaiki citra dengan teks yang template dan cringe malah bikin netizen makin il-feel woyyy... Kalau kalyan belum bisa bekerja dengan baik, at least kalyan punya tim PR crisis yang baik, gitu aja kok repot…

PERSONAL THOUGHTS
Hanya karena aku jarang (atau malah nggak pernah) bersuara mengenai genosida di Palestina oleh Israel dan meng-share list produk yang mesti diboikot, bukan berarti aku nggak punya hati dan masa bodo ya. Aku sangat percaya bahwa setiap manusia memiliki perannya masing-masing, kalau kalyan mengambil peran sebagai spreader maka aku mengambil peran sebagai audience. Yha~ I’m the audience you spread to, kurasa ada baiknya kalau kita bisa menjaga keseimbangan ini biar nggak dijentik Thanos.

***

Dari apa yang terjadi selama bulan Agustus dan September ini, kupikir pemerintah udah ‘melek’ dan mulai mengadaptasi cara Koriya dalam mengontrol media. Isokay manteman… sebagai hamba drakor tentcunya kita lebih faham dengan maneuver yang akan dilakukan karena kita lebih sering nonton drakor dan khatam dengan siasat-siasat busiat demi mencapai tangga kejayaan.

Pastikan kalyan lebih aware ya, biasakanlah memilah dan memilih konten yang ada di social media. Pernah nggak sih kalyan kepikiran, gimana kalau ternyata yang berseteru di kolom komentar adalah buzzer X buzzer? Sounds fun, but who knows yekan. Anyway, terima kasih udah membaca sampai selesai, hari ini kalyan berhasil membaca post yang tersusun dari 1000 kata lebih, keep the good work ma fren…

Mari kita tutup post ini dengan reminder bahwa:

YANG ABADI DI DUNIA INI HANYALAH KEPENTINGAN PRIBADI

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~