Recap Drakor part 1

by - June 29, 2024



Anyeonghaseyo yeorobun

Di awal tahun 2024 ini kita dikejutkan oleh kabar berpulangnya oppa Lee Sun-kyun (kenal banget yak?! 😅) tentcunya kita semua menyayangkan keputusannya. Namun… sebagai netizen kita nggak pernah benar-benar faham apa yang dihadapi oleh Lee Sun-kyun sampai mengambil keputusan yang ekstrim 😥. Selama ini yang kutahu kehidupan pribadinya adem ayem, nggak pernah terlibat skandal dan aktingnya OK. Yha~ mungkin karena selama ini Lee Sun-kyun hidupnya lempeng-lempeng aja makanya sekalinya kena masalah langsung down parah.

Aku tahu Lee Sun-kyun dari drakor Pasta dan Coffee Prince, lawas banget yekan… image-nya sedari dulu memang family man dan hampir selalu menjadi karakter protagonis. Saat kabar mengenai kasusnya tersiar aku baru tahu dong kalau doi udah berkeluarga, kukira masih jomblo macem ahjussi yang seangkatan dengannya 😅. Hal yang bikinku mengkaget adalah istrinya ternyata Jeon Hye-jin, emaknya Soo-young di drakor Not Others. Sampai saat post ini ditulis, kasusnya almarhum Lee Sun-kyun masih terus berjalan. *opening ini ditulis awal tahun makanya udah basi 😁

Kalau kalyan sedang mencari referensi drakor, kalyan bisa membaca post-ku di sini:

Yu ahhh… markijut ke recap drakor 2024 part 1 yang kususun berdasarkan urutan nonton.

***

GYEONGSEONG CREATURE part 1 (2023) 
GYEONGSEONG CREATURE part 2 (2024) 
Netflix / 10 episodes / 70 menit

Mungkin karena melihat drakor lain yang udah lebih dulu sukses dibagi menjadi 2 parts, Gyeongseong Creature ikutan membagi diri menjadi 2 parts 😁. Sejujurnya aku sebel banget sistem 2 parts ini karena mood yang udah terbangun saat part 1 sulit nanjak di part 2-nya. Gap hole yang tercipta selama 1-2 bulan kadang bikinku lupa gimana feel-nya, kalyan merasa begini juga nggak? 🤔.

Gyeongseong Creature bercerita tentang Jang Tae-sang (Park Seo-joon) pemilik House of Golden Treasure yang berusaha mendapatkan kembali rumah gadainya saat pendudukan Jepang. Ia bertemu dengan Yoon Chae-Ok (Han So-hee) dan Yoong Joong-won (Jo Han-chul) yang mencari keberadaan Choi Seungsim (Kang Mal-geum) yang dibawa oleh tentara Jepang. Mereka menemukan bahwa ada makhluk misterius yang hidup di bawah rumah sakit Gyeongseong.

Untukku Gyeongseong Creature ini agak kurang ya, malah cenderung membosankan, terutama  di awal. Karakter Kwon Jun-taek (Wi Ha-joon) dan segala kepentingannya bikin Gyeongseong Creature tampak riweuh, pun dengan berbagai side story yang bikin ceritanya gemuk. Untuk setting dan CGI memang nggak perlu diragukan ya… so nice so good, cuma yaitu tadi, cenderung membosankan 😴.


THE STORY OF PARK’S MARRIAGE CONTRACT (2023) 
MBC / 12 episodes / 60 menit

Mari kita time travel duls ke Koriya di abad 19, era dimana Park Yeon-woo (Lee Se-young) yang didesak keluarganya agar segera menikah malah menemukan hobby baru yakni jadi desainer lingerie 😁. Mak comblang yang biasanya ngitung weton dan pun udah menyerah dengan kelakuannya Park Yeon-wo, namun setelah mencari kesana kesini akhirnya doi menemukan jodoh yang tepat untuk Park yeon-wo, yakni Kang Tae-ha (Bae In-hyuk).

Di hari pernikahannya Kang Tae-ha meninggal dan Park Yeon-woo yang sedang berkabung malah tercebur ke sumur lalu muncul di kolam renang di masa depan. Kebetulan… Kang Tae-ha di masa depan ini sedang menunggu calon istri kontraknya dan Park Yeon-wo tetiba menikah lagi. Di awal premisnya memang menjanjikan namun mencapai pertengahan macem kehilangan arah dan ujung-ujungnya anyep 😢. Meski kurang menggigit, aku berhasil menamatkan drakor ini.


WELCOME TO SAMDAL-RI (2024) 
JTBC / 16 episodes / 60 menit

Untuk alur ceritanya memang B aja ya, yakni ada masalah di kerjaan lalu memutuskan untuk pulang kampung, ehh… malah enggak sengaja bertemu mantan 😅. Setelah ditikung oleh asistennya, Cho Sam-dal (Shin Hye-sun) kembali ke rumah bersama Cho Jin-dal (Shin Dong-mi), Cho Hae-dal (Kang Mi-na) dan Cho Ha-yul (Kim Do-eun). Cho Pan-sik (Seo Hyun-chul) dan Go Mi-ja (Kim Mi-kyung) tentcunya kaget karena nggak mungkin anak-anaknya pulang kalau nggak ada masalah 😅.

Cho Sam-dal yang (akhirnya) healing memutuskan untuk menemui manteman seper-circle-annya termasuk Cho Yong-pil (Ji Chang-wook) mantannya. Kusuka tone color-nya yang ngademin mata, scene baku hantam buibu haenyeo yang seru dan photo exhibition-nya Cho Sam-dal di ending 😍. Kalau kalyan kangen drakor ala Hometown Cha Cha Cha yang mendayu-dayu, kurasa kalyan perlu memasukkan Welcome to Samdal-ri ini ke list nonton deh 😉.


DEATH’S GAME (2024) 
TVING / 8 episodes / 40-60 menit

Aku tertarik nonton Death’s Game ini gegara alur ceritanya yang satset dan bertabur cameo, namun saat tahu 8 episodes yang segitu-gitunya dibagi menjadi 2 parts seketika terasa “yahhh…” aja gitu 😅. Death’s Game ini bercerita tentang Choi Yee-jae (Seo In-guk) yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah putus asa menganggur selama 7 tahun. Di rentang 7 tahun itu Choi Yee-jae udah melalui banyak hal termasuk investasi bodong dan hubungannya yang mandek dengan Lee Ji-su (Go Youn-jung).

Setelah mengakhiri hidupnya, Choi Yee-jae bertemu dengan kematian (Park So-dam) yang mengutuknya untuk menjalani 12 kematian sebelum berakhir di neraka. Kalau ia berhasil hidup di salah satu kehidupannya maka kematian akan membiarkannya hidup kembali. Ternyata 12 kematian yang dialami oleh Choi Yee-jae berkaitan dengan CEO Taekang Group yakni Park Tae-woo (Kim Ji-hoon). Apakah Choi Yee-jae akan berakhir di neraka atau malah hidup kembali? Well… untuk tahu jawabannya pastikan kalyan nonton Death’s Game 😉.


PERFECT MARRIAGE REVENGE
MBN / 12 episodes / 70 menit

Aku nonton Perfect Marriage Revenge ini sambil menunggu Marry My Husband yang masih on going, tertarik nonton karena ceunah alur ceritanya beda tipis dengan Marry My Husband. Sejujurnya aku nggak berekspektasi tinggi karena cast-nya nggak yang terkenal gimana gitu, tapi yasudalaya toh aku nonton drakornya sampai tamat kok dan yagitu aja sih. Meski sama-sama diadaptasi dari webtoon, kurasa aku lebih suka Marry My Husband 😁.

Bercerita tentang Han Yi-joo (Jung Yoo-min) yang kembali ke masa lalu setelah mengalami kecelakaan. Ia berusaha memanfaatkan kesempatan keduanya untuk merubah takdirnya sekaligus membalas perbuatan suami dan keluarganya. Di Perfect Marriage Revenge, Han Yi-joo dipasangkan dengan Seo Do-guk (Sung Hoon) yang bagiku kureng saat dijadikan main lead. Maaf ya bwang… hanya Indomie seleraku, kamu mah nggak 😂.


MARRY MY HUSBAND (2024)
tvN / 16 episodes / 70 menit

Sejujurnya aku maju mundur mau nonton Marry My Husband ini karena merasa Park Min-young stuck di karakter mb kantoran yang cinlok dengan rekan sejawat. Alasanku nonton Marry My Husband hanyalah karena Lee Yi-kyung 😁, aku ingin tahu bagaimana acting-nya saat berperan sebagai karakter antagonis. Ternyata tyda mengecewakan ya pemirsa… nyebelinnya dapet, ngeselinnya dapet, red flag-nya dapet, mokondonya juga dapet 💯.

Bercerita tentang Kang Ji-won (Park Min-young) yang kembali ke masa lalu setelah mengalami kecelakaan. . Ia berusaha memanfaatkan kesempatan keduanya untuk merubah takdirnya sekaligus membalas perbuatan suaminya Park Min-hwan (Lee Yi-kyung) dan sahabatnya Jeong Su-min (Song Ha-yoon). Kalau kalyan pernah nonton Gangnam Beauty pasti tahu se-pick me apa Hyeon Sua, ternyata ada yang lebih pick me dongs yakni Jeong Su-min. Meski sebel banget melihat bibirnya yang luway liwey namun aku penasaran lip product apa yang dia pake *plot twist 😁.


A SHOP FOR KILLERS (2024)
Disney+ / 8 episodes / 40-60 menit

First impression-ku di 5 menit pertama adalah: aku suka nih yang begini-begini  😍. A Shop For Killers bercerita tentang Jeong Ji-an (Kim Hye-jun) yang mewarisi toko selang online paska kematian pamannya Jeong Jin-man (Lee Dong-wok). Ternyata toko selang tersebut hanyalah kamuflase dari toko senjata Murthehelp yang selama ini dijalankan oleh pamannya dan Pasin (Kim Min). Awal nonton aku bingung mana kawan mana lawan karena karakter So Min-hye (Geum Hae-na) yang bagiku mirip dengan mb Ramengvrl dan Bae Jeong-min (Park Ji-bi) dibuat abu-abu.

Kalau kalyan suka drakor yang sat set kagak pake intro kurekomandasikan A Shop For Killers ini, memang lebih OK ditonton via screen TV ketimbang screen smartphone biar lebih khidmat 😀. Timeline ceritanya nggak linear, makanya sering tiba-tiba flashback, tapi so far isokay. Ending-nya minta banget dibikin season 2-nya deh  😁 plis netizen butuh penjelasan gimana caranya Jin-man pura-pura metong dan survive selama Ji-an diburu oleh kostumer toko online-nya.


A KILLER PARADOX (2024)
TVING / 16 episodes / 40-60 menit

Dari judulnya aja kita tahu bahwa drakornya ini akan berdarah-darah, tapi tenang pemirsa… eksekusinya aesthetic kok *penting. A Killer Paradox mengambil point of view Lee Tang (Choi Woo-sik) seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu di minimarket, tanpa sengaja ia membunuh salah satu kostumernya. Ternyata korbannya adalah seorang serial killer, sejak saat itu sense of murder-nya muncul dan menjadikannya serial killer yang khusus memburu penjahat.

Detektif Nan-gam (Son Suk-ku) yang ditugaskan menangani kasus-kasus tersebut menemukan benang merah yang mengarah pada Lee Tang, pun dengan mantan detektif Song Chon (Lee Hee-jun). Keduanya berusaha menangkap Lee Tang yang kesulitan meredam keinginan membunuhnya. Aku merekomendasikan A Killer Paradox untuk ditonton saat senggang biar khidmat dan nikmat, sayangnya A Killer Paradox minim aksi jadi kurang cocok bagi kalyan yang berharap baku hantam 😁.


SUMMER STRIKE (2022)
TVING / 12 episodes / 40-60 menit

Mungkin gegara sebelumnya aku nonton A Shop For Killers dan Death’s Game yang sat set, aku cukup kesulitan menemukan flow-nya Summer Strike. Aku baru merasa enjoy the flow setelah melalui 2 episodes awal, ternyata memang alurnya selow ya 😂. Kalau baca dan nonton review-nya rang-o-rang Summer Strike ini berada di genre slice of life macem My Mister dan My Liberation Notes dengan vibes yang lebih santai macem Hometown Cha-Cha-Cha.

Summer Strike bercerita tentang Lee Yeo-reum (Seol Hyun) yang memutuskan untuk healing paska mengalami kemalangan beruntun. Demi mewujudkan keinginannya menjalani hidup yang santai dan bekerja secukupnya, ia pindah ke desa dan bertemu dengan An Dae-beom (Im Si-wan) si penjaga perpustakaan. Mereka akhirnya menjadi dekat dan… hidup wajar 😊 maksudnya menjalani hari-hari sebagaimana kita menjalani hari-hari setiap harinya. Sebagai drakor ber-genre slice of life kurasa Summer Strike memiliki potensi yang OK cuma kurang viral aja.


DOCTOR SLUMP (2024)
TVING / 16 episodes / 40-60 menit

Kalau kalyan pernah nonton The Heirs mungkin kalyan akan tertarik nonton Doctor Slump karena main cast-nya adalah Park Shin-ye dan Park Hyung-sik. Di The Heirs Park Shin-ye berperan sebagai Cha Eun-sang yang dikecengin Kim Tan (Lee Min-ho) dan Park Hyung-sik berperan sebagai Joo Myung-so teman sekolah mereka. Nah, di Doctor Slump mereka berdua dipasangkan sebagai Nam Ha-neul (Park Shin-ye) dan Yeo Jeong-woo (Park Hyung-sik) yang sedang struggle dengan kehidupan yang dijalani.

Keduanya bertemu saat Yeo Jeong-woo yang bangkrut gegara malpraktik menyewa kamar di rumahnya Nam Ha-neul yang depresi karena pekerjaannya. Bodor banget sih mereka… saling membantu untuk healing padahal dulunya berantem mulu perkara ngambis nilai 😂. Menurutku Doctor Slump adalah drakor yang ringan dan kocak, chemistry keduanya OK apalagi saat berantem dan adu bacot. Kurekomendasikan Doctor Slump ini untuk ditonton saat makan siang atau di perjalanan.


PYRAMID GAME (2024)
TVING / 16 episodes/ 40-60 menit

Satu lagi dari Mayora drakor ber-genre bullying… Nggak di Koriya nggak di Indonesia, tiap buka medsos ada aja kasus bullying, nggak pada ingin ber-bestie-an apa, pulang sekolah jajan seblak bareng. Kurasa kasus bullying yang terjadi saat ini udah masuk katagori serius ya karena sampai menghilangkan nyawa. Entah karena terinspirasi sana sini atau memang nalarnya udah sengklek, ada aja inovasi bullying-nya macem nggak abis-abis laini 😢.

Bercerita tentang Sung Soo-ji (Bona) yang baru aja pindah ke Seoul, di sekolah barunya diberlakukan sistem hirarki berdasarkan polling di aplikasi Pyramid Game yang rutin diadakan sebulan sekali. Semua siswi berhak mem-bully siswi dengan polling terendah meski siswi tersebut nggak ikutan Pyramid Game 😱. Setelah beberapa kali berada polling terendah dan menjadi bulan-bulanan kelas, Sung Soo-ji berusaha menghapus Pyramid Game. So far so good.


QUEEN OF TEARS (2024)
TVING / 16 episodes / 40-60 menit

Tadinya aku nggak tertarik nonton Queen of Tears namun di TikTok muncul mulu potongan scene-nya, jadi weh nonton 😂. Alur ceritanya mengingatkan pada keluarga Samsung yang juga menginspirasi Reborn Rich, dimana salah satu pewarisnya menikah dengan rakyat jelita dan gap yang tercipta diantara keduanya. Aku mengira Queen of Tears akan se-B King The Land yang mengedepankan romansa ketimbang konflik internal keluarga, ternyata lebih OK ya karena jajaran cast-nya yang khan maen 👌.

Bercerita tentang Baek Hyun-woo (Kim Soo-hyun) yang udah nggak kerasan menjadi menantu di grup Queens dan berniat menceraikan Hong Hae-in (Kim Ji-won). Saat tahu Hong Hae-in sedang sakit Baek Hyun-woo membatalkan rencananya dan membantu Hong Hae-in menyelesaikan masalah keluarganya, termasuk mengurus mantannya Yoon Eun-sung (Park Sung-hoon) yang rada gaje. Mon maap namun aku lebih nge-ship si bibi macan Hong Beom-ja (Kim Heung-nan) yang rawr! 🐯.


LOVELY RUNNER (2024)
TVING / 16 episodes / 40-60 menit

Lovely Runner adalah drakor ber-genre time travel antara idol dan fans-nya yang disabilitas, sejujurnya aku udah bosan dengan genre time travel, tapi ya gimana. Sebagian netizen nggak mau nonton Lovely Runner karena kurang suka dengan Kim Hye-yoon yang dianggap terlalu berisik, memang sih… apalagi di Extraordiary You. Aku tahu Kim Hye-yoon dari Sky Castle padahal doi udah wara wiri jadi cameo di banyak drakor, menurutku Byeon Woo-seok karena terlalu perfect 😂 untungnya di Lovely Runner doi menjadi idol.

Sebagai fans tentcunya Lim Sol (Kim Hye-yoon) adalah donaturnya Eclipse, ia bahkan membeli jam tangan keramat idol-nya Ryu Seon-jae (Byeon Woo-seok). Saat Ryu Seon-jae meninggal, jam tangan tersebut membawanya ke masa sebelum dirinya mengalami tragedi yang menjadikannya disabilitas. Lim-Sol yang sadar bahwa masa depan masih bisa berubah berusaha menyelamatkan Ryu Seon-jae dari kematian. Kuyakin banyak yang ter-Seon-jae-Seon-jae paska nonton Lovely Runner, apakah kalyan salah satunya? 😁.


THE ATYPICAL FAMILY (2024)
TVING / 16 episode / 40-60 menit

Tadinya aku nonton The Atypical Family ini untuk mengisi jeda A Lovely Runner yang masih on going, ternyata… aku malah lebih menunggu The Atypical Family ketimbang A Lovely Runner. Menurutku The Atypical Family adalah tipikal drakor slow burn yang membosankan di awal namun menggebu di akhir, jelas nggak cocok untuk audience yang kesabarannya setipis tissue. Kusarankan kalyan untuk menguatkan diri melalui 2 episode awal yang masih ngambang dan belum jelas motivasinya apa, setelahnya mah lantjar djaya!

Bercerita tentang keluarga superpower macem Moving dengan versi lebih santai dan minim konflik yang terdiri dari Eun Soon-gu (Oh Man-seok), Bok Man-heum (Go Doo-shim), Bok Dong-hee (Claudia Kim), Bok Gwi-ju (Jang Ki-yong) dan Bok In-a (Park So-yi). Mereka semua berada di masa kritis karena kehilangan superpower-nya sampai Do Da-hee (Chun Woo-he) datang di kehidupan mereka. Lemme tell you, konsep time loop-nya mungkin akan sedikit membingungkan namun kalau kalyan jeli semuanya udah terpecahkan sejak awal. nothing I can say except: selamat nonton ya manteman 😊!


***

Demikian Recap Drakor part 1, semoga kalyan masih betah menunggu part 2-nya 😁.

Posters were taken from the Asianwiki website.

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~