Recap Drakor 2023 part 2

by - December 29, 2023

Hello, yeoreobun~

Tibalah kita di penghujung tahun musim pancaroba yang tak berkesudahaan, saat yang tepat untuk mem-posting recap drakor 2023 part 2 😉. Di semester 2 ini aku lebih banyak menonton drakor on going karena lebih mudah diikuti ketimbang drakor yang udah pada tamat. Drakor on going bikinku punya hanca mingguan yang kadang bikin gregetan karena nggak sabar menunggu.

Sambil menunggu episode selanjutnya byasanya aku akan mencari drakor yang udah tamat untuk mengisi hari-hari drakorku. Namun nggak sedikit yang gugur di episode 1-2 karena feel-nya nggak nyampe di hatiku, apalagi kalau nggak sengaja melihat review-nya yang kurang okay, langsung luntur aja gitu semangatku untuk menontonnya.

List drakor yang pernah kutonton, silakan dibaca kalau gabut… feel free to skip.

RECAP DRAKOR 2020
RECAP DRAKOR 2021
RECAP DRAKOR 2022
RECAP DRAKOR 2023 part 1

OK. Here they are… list recap drakor part 2 yang kususun berdasarkan waktu nonton.

BATTLE FOR HAPPINESS (2023)
ENA / 16 episode / 70 menit

Bercerita tentang Oh Yu-jin (Park hyo-joo), Song Jeong-a (Jin Seo-yeon), dan Kim Na-yeong (Cha e-yun) yang bersaing untuk meraih atensi netizen melalui konten kebahagiaan berumah tangga (faham laya 😅). Suatu terjadi insiden yang menyebabkan Oh Yu-jin terbunuh dan suaminya Kang Do-jun (Lee Kuy-han) dalam keadaan kritis. Mertua Oh Yu-Jin meminta bantuan Jang Mi-ho (Lee El) untuk menjaga cucu-cucunya sementara ia menjaga Kang Do-jun di rumah sakit.

Saat menjaga keponakan-keponakannya di apartment Oh Yu-jin dan Kan Do-jun, Jang Mi-ho menemukan kebetulan-kebetulan yang mengarahkannya pada insiden yang terjadi pada Oh Yu-jin. Drama buibu TK yang turut menjadi bumbu pemersatu huru hara, termasuk kelakuan suami-suami yang hadeh banget 😌. Aku nonton Battle for Happiness with no expectation karena temanya yang kelewat byasa, ternyata memang B aja sih 😂 tipikal drakor yang bisa ditonton saat makan siang dan menunggu bis di halte.


CELEBRITY (2023)
Netflix / 12 episode / 50 menit

Bercerita tentang Seo Ah-ri (Park Gyu-young) seorang wanita ambis yang memiliki nyali untuk fake it until you make it 😆. Suatu hari seo Ah-ri bertemu dengan Oh Min-hye (Jun Hyo-seong) yang mengajaknya menghadiri Gabin Society karena mengira Seo Ah-ri memiliki lifestyle yang sama dengannya. Seo Ah-ri kemudian menjadi celebrity dalam semalam yang mengantarkannya menjadi social media darling. Well… dunia penuh tipu-tipu ini ditaburi oleh berbagai drama khas per-influenza-an yang njlimet.

Aku lebih suka Yoon Si-hyeon (Le Chung-ah) yang cakepnya bikin xilau ketimbang Seo Ah-ri yang agak belepotan saat menjadi influencer. Aku setuju dengan Icunk yang bilang kalau Park Gyu-young kurang cocok jadi orang kaya sebab auranya kurang mendukung, mau dia pake baju branded atau styling-nya cakep pun masih terasa kurang OK 😅. Aku kurang suka dengan alurnya yang labil, sering fast forward, tahu-tahu udah begini, tahu-tahu udah begitu, tahu-tahu tahu Sumedang 😁.


KING THE LAND (2023)
JTBC / 16 episode / 80 menit

Bercerita tentang kisah cinta klise antara Goo Won (Lee Jun-ho) seorang pewaris jaringan hotel King Group dan Sa-rang (Im Yoon-ah) seorang hotelier. Satu-satunya intrik di drakor ini adalah perebutan hak waris antara Goo Won dan Goo Hwa-ran (Kin Seon-young) kakaknya, sedang sisanya adalah formula standar khas romcom. Drakornya OK-lah tapi nggak bikinku terkesan atau ingin re-watch saat bingung mau nonton apa.

Sebenarnya aku B aja sih sama Yoona Cuma pernah sebel aja perkara aktingnya yang masih cringe di drakor Love Rain. Asli sebel banget, tapi aku nonton sampai tamat coba… hahanjirrr… 😌. alhamdulillah sekarang aktingnya udah ada peningkatan, nggak yang sekedar meringis nangis atau maki-maki penuh semangat. Kalau ada yang kusuka dari drakor King the Land itu adalah scene-nya Yoona dengan bestie-nya Oh Pyung-haw (Go Won-hee) dan Kang Da-eul (Kim Ga-eun).


NOT OTHERS (2023)
ENA / 12 episode / 60 menit

Bercerita tentang hubungan ibu dan anak yang awet nan rajet. Adalah Kim Eun-mi (Jeon Hye-jin) seorang single parent yang bekerja sebagai terapis, ia dan anaknya Kim Jin-hee (Choi Soo-young) yang bekerja sebagai polisi di kantor polisi terdekat. Karena jarak usia yang dekat hubungan mereka layaknya adik kakak yang demen berantem dan sesekali drama. Suatu hari Kim Eun-mi bertemu dengan Park Jin-hong (Ahn Jae-wook) yang merupakan ayah biologis dari Kim Jin-hee.

Jangan bayangkan Not Others ini sebagai drakor tali kasih dengan derai air mata ya karena drakornya sendiri cukup lawak. Well… kalau kalyan adalah single parent atau dibesarkan oleh single parent pasti relate laya dengan drakor Not Others ini, apalagi kalau sama-sama cewek. Scene favourite-ku adalah scene Park Ji-eun (Moo Mi-hwa) yang mencuri foto di restaurant-nya Kim Mi-jung (Kim Hye-eun) yang dilanjut dengan rebutan Kim Jin-hee. Sa aee nih duo ahjumma… 😂.


MINE (2021)
tvN / 16 episode / 60 menit

Bercerita tentang intrik di salah sekian keluarga kaya di Koriya yang kelakuannya agak offside saking kayanya. Seo Hi-soo (Lee Bo-young) adalah seorang aktris yang memutuskan untuk pensiun dini saat menikah dengan Han Ji-yong (Lee Hyun-wok) dari grup Hyowon. Sebelum menikahi Seo Hi-soo, Han Ji-yong memiliki seorang anak bernama Han Ha-joon (Jeing Hyun-ju) dari ibu yang identitasnya disembunyikan. Kedamaian di keluarga Hyowon mulai terusik saat Lee Hye-jin (Ok Ja-yeon) memasuki rumah mereka.

Saat drakor The Queens Umbrella hype, aku beberapa kali menemukan komentar mengenai aktingnya Ok Ja-yeon yang kewren di drakor Mine. Itu benar ya… silakan buktikan sendiri 😉. Kusuka saat para ibu bersaing mendapatkan Han Ha-joon, begitu pun dengan hubungan Seo Hi-soo dan iparnya Jung Seo-hyun (Kim Seo-hyung) yang bagiku chemistry-nya OK. Kusuka ending-nya yang fair dan jenaka, plot twist-nya berlapis namun tetap mampu menjaga mood-nya audience yang penasaran sejak episode pertama.


REVENANT (2023)
SBS / 12 episode / 70 menit

Bercerita tentang Gu San-yeong (Kim Tae-ri) yang mendapatkan berita kematian ayahnya Gu Kang-mo (Jin Seon-kyu) yang berprofesi sebagai professor folklore di rumahnya. Ia dan ibunya Yoon Gyeong-moon (Park Ji-young) pun kembali setelah bertahun-tahun hidup terpisah. Sejak kembali dari rumahnya, banyak kejadian ganjil terjadi di sekitar Gu San-yeong yang mengantarkannya pada Yeom Hae-sang (Oh Jung-se) yang juga berprofesi sebagai professor folklore sekaligus kolega ayahnya.

Meski beberapa scene sempat bikin merinding, aku merasa beberapa folklore Koriya memiliki kemiripan dengan pamali-nya orang Indonesia. Salah satu komentar netizen yang kuingat: kalau drakornya ada Shim Dal-gi pasti rame, jirrr… bener banget 😂. Kalau kalyan penakut mungkin drakor ini bisa di-skip, tapi kalau bisa sih jangan ya… karena rame banget wooiii. Aku juga suka ending-nya, saat Gu San-young melihat kembang api kemudian penglihatannya nge-blur, feel-nya dapet nih.


UNCANNY COUNTER 2 (2023)
tvN / 12 episode / 70 menit

(masih) Bercerita tentang counter cabang Koriya yang membasmi roh jahat yang ingin menguasai bumi. Di season 2 ini ada beberapa karakter baru yakni counter Na Jeok-bong (Yoo In-soo), inang Ma Ju-seok (Jin Sun-kyu), trio Hwang Pil-gwang (Kang Ki-young) – Gelly Choi (Kim Hiora) – Wong (Kim Hyun-wook) dan Do-hwi (Seo Byeock-joon). Sedang counter-nya masih sama, yakni: So Mun (Joe Byeong-gyu), Ga Mo-tak (Yu Jun-sang), Do Han-na (Kim Se-jong), Chu Mae-ok (Yum Hye-ran) dan Choi Jang-mul (Ahn Suk-hwan).

Untukku yang pernah nonton Uncanny Counter 1, Uncanny Counter 2 ini flop banget, geje aja gitu… 😆. Ada banyak hal yang ingin dimasukkan namun eksekusinya sendiri malah berantakan, macem karakter Na Jeok-bong yang terasa genggeus. Keputusan untuk menjadikan Ma Ju-seok sebagai musuh tambahan kurang berhasil ya karena kita jadi bingung dengan pembagian porsi kejahatannya 😅. Meski nggak suka Uncanny Counter 2 ini, aku nonton sampai beres kok.


ANOTHER MISS OH (2016)
tvN / 20 episode / 70 menit

Bercerita tentang Oh Hae-young (Seo Hyun-jin) yang hidupnya ngalor ngidul karena namanya yang pasaran. Park Do-kyung (Eric Mun) menggagalkan pernikahan Oh Hae-young dan Han Tae-jin (Lee Jae-yoon) karena salah mengira Oh Hae-young A sebagai Oh Hae-young B (Jeon hye-bin) mantan tunangannya. Later did we know, Oh Hae-young A dan Oh Hae-young B merupakan teman sekelas yang memiliki kehidupan jomplang dan selalu dibanding-bandingkan.

Paska gagal menikahi tunangannya Oh Hae-young memutuskan untuk pindah di tempat yang sama dengan Park Do-kyung. Witing tresno jalaran soko kulino yekan… saat hubungan mereka bersemi, Oh Hae-young B pindah ke kantor yang sama dengan Oh Hae-young A. Mon maap ni cewek-cewek yang self-proclaim sebagai cegil, standar cegilku adalah mb Oh Hae-young ini 🤭. Yha~ aku menonton Another Miss Oh karena the one and only: Seo Hyun-jin.


MOVING (2023)
Disney+ / 20 episode / 70 menit

Bercerita tentang Heroes-nya Koriya yang mencoba memiliki kehidupan normal paska meninggalkan NIS (National Intelligence Service). Kita akan diperkenalkan dengan 3-4 keluarga yang memiliki super power, yakni: Lee Mi-hyun (Han Hyo-joo) dan Kim Bong-seok (Lee Jeong-ha), Jang Ju-won (Ryoo Seung-ryong) dan Jang Hui-so (Ko Yoon-jung), Lee Jae-man (Kim Sung-kyun) dan Lee Gang-hoon (Kim Do-hoon). Kenyamanan hidup mereka terancam saat Frank (Ryoo Seung-bum) memburu mereka satu-persatu.

Meski bercerita tentang superpower, drakor Moving tetap memiliki sisi humanis yang akan membuat kita ikutan mbrebes mili. Aku suka interaksi antara Kim Bong-seok dan Jang Hui-so yang manits layaknya anak muda, pun dangan interaksi antara Lee Jae-man dan Lee Gang-hoon yang hangat. Yakin banget bukan hanya aku yang kesulitan untuk berpaling dari pesonanya Kim Doo-sik (Zo In-sung) 😂. Semoga Disney+ nggak omdo mau bikin season 2-nya.


THE FIRST RESPONDER (2022)
SBS / 12 episode / 70 menit

Bercerita tentang unit gabungan dari tim kepolisian dan pemadam kebakaran yang mengungkap berbagai kasus dalam 1 episode. Jin Ho-gae (Kim Rae-won) adalah detektif yang baru aja dipindahkan ke Taewon, ia berada di tim yang sama dengan Bong Do-Jin (Son Ho-jun) dan Song Seol (Gong Seung-yeon). Seperti byasa… awal-awal mereka nggak cocok dan ada cekcok, namun pada akhirnya mereka menjadi coy yang nggak terpisahkan.

Aku nggak memiliki ekspektasi apa-apa pada The First Responder karena drakor ber-genre kepolisian mah nya kitu weh. Yang bikinku betah menonton drakor The First Responder adalah karakter Jin Ho-gae yang mampu menghidupkan suasana, macem udah pro laya jadi detektif teh. Meski nontonnya udah sejak tahun lalu, aku baru berhasil menyelesaikan drakor The First Responder di tahun ini.


THE FIRST RESPONDER 2 (2023)
SBS / 12 episode / 70 menit

(masih) Bercerita tentang unit gabungan dari tim kepolisian dan pemadam kebakaran yang mengungkap berbagai kasus dalam 1 episode. Sejujurnya aku nggak faham mengapa tim produksi malah mematikan karakter Bong Do-jin alias bulldozer dan menyingkiran karakter Bong An-na (Ji Woo) padahal mereka adalah bagian tim inti yang tanpanya drakor The First Responder akan terasa ompong. Sebagai gantinya ada karakter baru, yakni: Kang Do-ha (Oh Eui-sik).

Setelah karakter bulldozer mati tentcunya kita (aku dan Icunk) waswas karakter Jin Ho-gae akan ikut dimatikan. Sebelum season 2 berakhir udah tersiar wacana bahwa drakor The First Responder akan dibuat hingga 6 season. Mon maap nih… kalau sampai karakter Jin Ho-gae dimatikan atau digantikan kita nggak akan nonton drakor The First Responder lagi. Tapi jujur sih… aku juga nggak yakin Kim Ra-won bisa bertahan hingga 6 season di drakor The First Responder 🥺.


REVOLUTIONARY SISTERS (2021)
KBS / 50 episode / 70 menit

Bercerita tentang Gwang bersaudara saat menghadapi perceraian orang tuanya dan kasus pembunuhan ibunya. Gwang bersaudara ini adalah Lee Gwang-nam (Hong Eun-hee) si anak sulung yang ketus, Lee Gwang-sik (Jeon Hye-bin) si anak tengah yang living in her passion dan Lee Gwang-tae (Go Won-hee) si anak bungsu yang senang berhutang. Hubungan mereka dengan ayahnya Lee Cheol-soo (yoon Joo-sang) nggak begitu baik karena perbedaan visi dalam menjalani hidup.

Aku nonton drakor Revolutionary Sisters ini gegara potongan scene-nya muncul terus di FYP-ku, kukira hanya 16-20 episode aja ternyata 50 episode dongs. Meski ceritanya sinetron banget dan di-shoot di dalam studio, setiap episodenya asyik untuk diikuti. Semua karakternya memiliki back story dan pengembangan karakter yang cukup untuk dipadatkan dalam 50 episode. kalau kalyan butuh drakor untuk teman makan atau mengerjakan tugas, kurekomendasikan drakor Revolutionary Sisters ini.


VIP (2019)
SBS / 16 episode / 60 menit

Bercerita tentang drama perselingkuhan yang terjadi di tim management dari department store Sung Un yang mengurusi klien VIP. Suatu hari Na Jeong-seon (Jang Na-ra) mendapatkan pesan misterius mengenai suaminya Park Seong-joon (Lee Sang-yoon) yang berselingkuh dengan rekan setimnya. Karenanya Na Jeong-seon mulai mencurigai orang-orang di sekitarnya: Lee Hyeon-ah (Lee Chung-ah), Song Mi-na (Kwak Sun-young) dan On Yoo-ri (Pyo Ye-jin).

Yha~ VIP ini adalah drakornya ani-ani yang ke-innocent-annya bikin bubar rumah tangga orang 😆. Awalnya kita akan dibuat simpati dengan kesederhanaan dan keluguan mbnya, lama-lama mah jengkel. Belakangan ini aku udah lost interest kepada Jang Na-ra yang menurutku udah nggak relevan berperan sebagai anak sekolah. Satu-satunya alasanku nonton drakor VIP hanyalah karena Lee-Chung-ah yang cakep.


TALE OF THE NINE-TAILED (2020)
tvN / 16 episode / 70 menit

Bercerita tentang gumiho alias rubah berekor sembilan penjaga gunung Lee Yeon (Lee Dong-wook) yang bekerjasama dengan Taluioa (Kim Jung-nan) mengurus perjalanan roh ke alam barzakh. Tanpa sengaja Lee Yeon bertemu dengan Nam Ji-ah (Jo Bo-ah) yang bekerja sebagai produser acara TV. Nam Ji-ah akhirnya terlibat dalam drama keluarga rubah Lee Yeon dan Lee Rang (Kim Bum) yang njlimet karena campur tangan siluman Imoogi (Lee Tae-ri).

Setelah sekian purnama, akhirnya aku melihat Kim Bum lagi wkwk Mungkin karena udah sering nonton drakor 2 dunia, aku merasa alur ceritanya B aja. Bukan tipikal drakor yang sayang untuk dilewatkan melainkan tipikal drakor yang cucok untuk menjadi jeda saat menunggu drakor on going di minggu depan. Di drakor Tale of The Nine Tailed, aku baru menemukan bahwa cecenet atau ciplukan is become a precious thing.


CASTAWAY DIVA (2023)
tvN / 10 episode / 80 menit

Bercerita tentang perjalanan Seo Mok-ha (Park Eun-bin) dalam menggapai mimpinya sebagai penyanyi. Sejak kecil Seo Mok-ha bercita-cita menjadi penyanyi seperti Yoon Ran-joo (Kim Hyo-jin) namun ditentang oleh ayahnya yang abusive. Saat akan menghadiri audisi di Seoul dengan Jung Ki-ho (Chae Jong-hyeop), Seo Mok-ha tercebur ke laut dan terdampar di sebuah pulau selama 15 tahun. Setelah berhasil diselamatkan, Seo Mo-ha berusaha menggapai mimpinya lagi.

Kurasa drakor Castaway Diva ini kedodoran di berbagai sisi, terutama durasi Seo Mok-ha saat terdampar di pulau, kalau 7-10 tahun mungkin akan lebih terasa make sense sih. Selain itu tebak-tebakan siapa Jung Ki-ho bikin drakornya terasa asyik sendiri haha dia aja yang asyik aku mah jengkel. Konflik internal keluarga Jung Ki-ho terlalu mendominasi sehingga alur Castaway Diva-nya tersisihkan. Meski Park Eun-bin effort banget belajar nyanyi demi drakor ini aku merasa karakter yang dibawakannya mirip dengan Woo Young Woo.


TWINKLING WATERMELON (2023)
tvN / 16 episode / 70 menit

Bercerita tentang seorang coda bernama Ha Eun-gyeol (Ryeoun) yang tanpa sengaja melakukan time travel ke masa lalu. Di masa lalu Ha Eun-gyeoul bertemu dengan ayahnya sebelum tuli, ia berusaha menjodohkan Ha Yi-chan (Choi Hyun-wook) dan Yoon Cheong-ah (Shin Eun-soo). Ia juga bertemu dengan Choi Se-Kyung (Seol In-ah) yang juga melakukan time travel ke masa lalu. Ha Eun-gyeol bergabung dengan band ayahnya dan berusaha mencegah kecelakaan yang membuat ayahnya tuli.

Meski udah banyak drakor bertema time travel, kurasa Twinkling Watermelon punya interesting point yang nggak dimiliki oleh drakor lain, yakni… tantrumnya Yi-chan. Bukannya ZBL aku malah happy setiap kali ada scene dimana Yi-chan tantrum. Kurasa tujuan sebenarnya Ha Eun-gyeol kembali ke masa lalu adalah untuk merubah Nasib kelurganya.


all pictures taken from Asianwiki

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~