Declutter Awal Tahun

by - April 03, 2020


Hi Ho!

Welcome April... wish you bring us a joyful and better story, we are all sick here 😔.

Ya. ini adalah delay post haha 😅 Sempet mandeg berbulan-bulan atas dasar mager dan sibuk cari masker wkwk 😋. Jadi di awal tahun, sekitar bulan Januari aku melakukan declutter alias bebersih kamar, sekaligus menyingkirkan sampah yang sudah ku kumpulkan kurang lebih 6 bulan ke belakang. Ternyata banyak juga ya kalau dikumpulkan 😊.

Tujuan awalku mengumpulkan sampah-sampah ini adalah karena penasaran dengan berapa banyak sampah yang ku hasilkan. Aku terinspirasi oleh seorang wanita (yang kulupa namanya) yang mengumpulkan product empties-nya selama 1 tahun. Tentunya sampah yang dihasilkannya lebih banyak ketimbang sampah milikku, ditambah lagi mbnya suka masak dan tinggal di apartment jadi kebutuhannya lebih banyak.

Sedari awal sampah milikku direncanakan akan dikirim ke bank sampah terdekat, makanya aku selalu meluangkan waktu sehari dalam seminggu untuk memilahnya karena bank sampah hanya menerima sampah terpilah. Ada beberapa bank sampah yang masuk di list-ku, namun atas dasar beberapa pertimbangan aku memilih Plastafall Bank meski jaraknya jauh.

Hampir semua bank sampah memiliki kriteria sampah, jadi pastikan lebih dulu dengan mengecek sampah macam apa yang bisa mereka terima. Nggak semua bank sampah menerima sampah plastik mika, baterai atau peralatan elektronik, mereka akan lebih memilih sampah yang bisa di daur ulang. Sampah yang nggak sesuai kriteria biasanya berakhir menjadi sampah reguler (berakhir di TPA).

Sampah milikku mostly berasal dari online shop yang kalau pakein bubble wrap nggak kira-kira 😂 Sampah milikku ini tentunya suda kupilah berdasarkan jenisnya dan suda kucuci. Aku menganggapnya sebagai project jangka panjang sebab butuh waktu lebih dari 6 bulan untuk mengumpulkan, memilah sampai mengirimkannya ke bank sampah.

Karena jaraknya yang jauh itulah aku memilih untuk mengirimkannya via JNE. Ohya, semua sampah yang ku kirimkan ini nggak termasuk sampah rumah tangga macem packaging makanan dan minuman ya, udah dibuang duluan soalnya dan ribet cucinya 😅.

Markicek isi paketku...

SAMPAH KERTAS/KARTON
Sampah kertas / karton ini terdiri dari struk belanja, struk ATM, struk paket, tiket kereta api, tiket masuk tempat wisata, peta Mirota, invitation acara, kartu nama, hang tag, label, kartu nama, amplop paket, paper bag, bungkus obat, bungkus snack, bungkus skin care, bungkus cookies, bungkus paket dan segala macam jenis bungkus yang terbuat dari kertas dan karton.

Sejak kecil aku memang suka mengumpulkan struk belanja :)

Kebaca nggak nih?

Pilih mana, Pocky atau Pejoy?

Waktu sering jajan di Vitasari

SAMPAH PLASTIK
Sampah plastik ini terdiri dari bubble wrap, kantong plastik paket, tas plastik alias keresek berbagai ukuran, warna dan bentuk, botol minuman (yang mesti dikempesin dulu biar hemat tempat), label plastik, alat makan plastik, kemasan makanan plastik, toples plastik dan berbagai product empties.

Udah pada kempes

Aslinya lebih banyak *huft

Thai Tea may lop

Syudah dicuci bersih yaw

SAMPAH KACA DAN ELEKTRONIK
Sampah kaca terdiri dari botol minuman dan body mist, sedang sampah elektronik terdiri dari mouse dan kabel-kabel rusak yang nggak dipake lagi. Semuanya kumasukkan dalam satu box khusus yang dijejali potongan-potongan kertas (yang tentunya kudapatkan dari online shop) biar nggak pecah.

Semua sampah ku kirimkan menggunakan box lebaran yang kudapatkan di tahun lalu, tadinya kupikir box-nya nggak akan penuh ternyata penuh dong dan berat. Kupikir bagian tersulit dari declutter-awal tahun ini adalah cuci product empties, PR banget soalnya jadi ya haha... Tapi abis itu jadi kepikiran, mending diabisin sekalian aja biar nggak nyisa sana sini.

You C 1000

Ternyata penuh gangs

***
Semoga tahun depan bisa declutter lagi :).

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~