30 Hari Film Indonesia

by - March 31, 2020


Sejak awal bulan akun Twitter perfilman udah nge-share challenge di bulan Maret ini, temanya adalah 30 Hari Film Indonesia. Yap. Bulan Maret adalah bulannya film Indonesia dan sebagai netizen yang udah nggak tahu mau ngapain lagi di masa WFH ini maka ku ikutan mengisi challenge ini.

Let’s go to the list!

Day 1: Film Indonesia terakhir yang kamu tonton
Sebelum Iblis Menjemput ayat 2 alias Setelah Dijemput Iblis eh Dijemput Lagi~ 😅.

Day 2: 1 judul film berdasarkan huruf pertama namamu
Love for Sale. Love is Cinta. Lentera Merah. Mudah sekali bukan 😋.

Day 3: Film action favorite
Gundala. Nggak suka The Raid soalnya 😁.

Day 4: Film horror favorite
Sebelum Iblis Menjemput (ayat 1). At least sejauh ini yang horornya beneran nggak nyantai ya Sebeleum Iblis Menjemput, Rumah Dara bagus tapi bikinku semaputs 😵.

Day 5: film drama favorite
Doa yang Mengancam. Kupikir film ini salah satu film terbaiknya Aming 👍🏻.

Day 6: Film komedi favorite
Mendadak Dangdut. Kinaryosih-nya cantiks dan rame aja sih ketimbang film komedi lainnya yang jokes-nya pada kriuk kriuk crispy macem goreng pake air fryer 🤭.

Day 7: Film romantis favorite
Radit dan Jani. Maaf ya Rangga-Cinta, Habibie-Ainun dan Dilan-Milea tapi ku lebih suka konsep makan pake cintanya Radit dan Jani, mind blowing gobloknya 🤣. Yang gini nih yang beneran bucin, budak cinta bukan budak micin 😆.

Day 8: Sutradara favorite
Yandy Laurens

Day 9: Film yang membuatmu bahagia
Aruna dan Lidahnya. Bahagia banget nontonin orang-orang makan makanan yang enak tanpa “hi guys kita lagi ada di ... bla bla bla...” dan ASMR amatir. Kapan lagi coba denger Dian Sastro ngomong “🐶” sambil keselek kuah rawon 🤣.

Day 10: Film yang membuatmu menangis
Pada dasarnya film apa pun bisa membuatku menangis, entah itu menangis sedih atau menangis bahagia. Tapi ada 2 film yang pernah membuatku menangis kejer alias sampai sesegukan 😅 yakni, Mengejar Matahari dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Sumpah ku ikutan nelangsa nontonin Zaenudin patah hati 😭.

Day 11: Film masa kecil favorite
Petualangan Sherina. Please buat sekuel dong, gpp Sherina dan Sadam nggak nikah yang penting anak-anaknya diculik antek-antek Kertaradjasa dan seus Natasha. Mang Saswi bolehlah jadi cameo lagi 😁.

Day 12: Film animasi favorite
Belum ada. Belum pernah nonton film animasi Indonesia di bioskop hehe

Day 13: Adegan film favorite
The Gift. Saat Tiana dan Harun di Kaliurang dan pantai-pantaiannya, ambience sinar matahari pagi dan deburan ombak yang menyapu kaki yang ‘ndelep di pasir basah terasa sampai di kursi penonton, kan jadi ingin liburan... 🙃

Day 14: Quote the film's favorite
“lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan” – Soe Hok Gie.

Day 15: Film adaptasi buku favorite
Jomblo.

Day 16: Film pendek favorite
Durable Love-nya Joko Anwar.

Day 17: Film Indonesia Terbaik 2019
Keluarga Cemara. Karena belum sempet nonton Dua Garis Biru, Kucumbu Tubuh Indahku dan 27th Step of May.

Day 18: Film Indonesia yang sangat mengecewakan
Banyak sih sebenernya, cuma yang terbaru dan masih bikin mangkel ya Antologi Rasa. Apeuuu... Rp 35.000ku terbuang siya-siya, belum pernah sekecewa ini kelar nonton film di bioskop. Kalau nggak inget akhir bulan ingin rasanya cabs, bosen banget nontonin Carissa Peruset makan bubur di kantor dan nangis di mobil 😔, tapi yang paling penting: MANA CHEMISTRY NYA A AA AAA?.

Day 19: Aktor favorite
Tergantung filmnya 😉.

Day 20: Aktris favorite
Hannal Al-Rasyid. You go girl! 👊🏻

Day 21: Film yang banyak orang lain suka tapi kamu nggak suka
The Raid. Capek nontoninnya... 😅

Day 22: Film yang banyak orang nggak suka tapi kamu suka
The Gift. Karena The Gift memberikan pengalaman menonton yang cukup berbeda. Bukan cuma sekedar nonton ngeliatin visualisasi imajinasi karya sutradara, script writer dan krunya belaka, tapi juga membuatku mengolah kepekaan rasa yang tercipta dari visualisasinya, setiap detik scene-nya membuatku me’rasa’ dan menggiring imajinasi sampai setara dengan standarnya Hanung 😍.

Day 23: Karakter film favorite
Donny di film Jomblo (yang ori ya bukan yang reborn). Meski akhirnya Donny menyalip Olip, tapi Donny adalah tipikal orang yang know what he want and how to get it, kupikir it was cool 😘. Christian Sugiono mau dipakein celana cutbray yang ada rantenya juga tetep ganteng tapi brengsek 🤣.

Day 24: Film yang memiliki sekuel terbaik
Arisan.

Day 25: Film yang sangat kamu benci
5 cm. Nggak benci sih cuma kurang suka aja, mungkin gegara ekspektasiku yang ketinggian. Raline Shah nggak Riani banget nih ah ☹️.

Day 26: Film yang memiliki soundtrack terbaik
Sebenarnya banyak film yang punya soundtrack bagus, cuma biasanya 1-2 lagu aja yang nyantol, sisanya mah B aja. 3 film yang kupilih ini kupikir adalah film yang punya soundtrack full terbaik, minimal hampir separuhnya kusuka.

GIE. Catatan Akhir Sekolah. NKCTHI.

Day 27: Film klasik favorite
Cin(T)a. Kalau udah lebih dari 10 tahun udah masuk katagori klasik kan? Hehe 😅 Meski ceritanya simple dan ujungnya happy ending sendiri-sendiri kusuka filmnya.

Day 28: Film yang kamu tonton berulang kali
Berbagi Suami. Karena cast-nya cakep semua... 😁.

Day 29: Film yang sangat personal
Cintapuccino. Karena aku udah nungguin dari dulu hehe Pertama kali baca bukunya saat SMP dan film ini akhirnya diadaptasikan ke layar lebar saat kuliah, biar nunggu lama yang penting puas. Sissy Priscilla pantes jadi Rahmi, ngan Miller Khan pamaeh pisan 🔨.

Day 30: Film terbaik sepanjang masa
Janji Joni.

Semoga film Indonesia semakin baik lagi, lebih niat, lebih rapi, nggak banyak marketing gimmick dan please-lah casting dulu aktor / aktrisnya biar tahu bisa acting apa nggak 😅.

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~