DIY Masker Kain

by - March 30, 2020


Salah satu hal yang membuatku KZL di tengah pandemi COVID-19 ini adalah betapa sulitnya mendapatkan masker, apalagi di awal outbreak. Nggak ngerti juga dengan para penimbun masker musiman, kok bisa ya otaknya menguap gitu aja 🤔. ‘huft’ banget sih kelakuannya... 😌 

Sejak awal bulan aku udah berusaha mencari masker, just in case aku tetiba membutuhkannya. Tapi ya... nihil ☹️. Mini market, apotik, drug store atau toko terdekat yang ku datangi udah kehabisan masker dan pada nggak tahu kapan akan restock barang, mungkin mainku kurang jauh tapi e-commerce lebih sadis 😑.

Di e-commerce macem Shopee dan Tokopedia 1 box masker dihargai Rp 300.000 – Rp 1.500.000 per box, gils... padahal biasanya mah sekitar Rp 30.000 per box. Yawla... lucknut sekali kelakuan calon karakter utama sinetron azab Indosiar 🥴.

Setelah berminggu-minggu nggak berhasil mendapatkan masker, akhirnya aku (beneran) sakit dan sesuai dengan instruksi pemerintah ku mulai menjalankan self isolation 👌🏻. Nggak mudah ya menjalankan self isolation, karena adaaa ajaaa hal yang mengharuskanku keluar, entah itu ke workshop, ATM, belanja, laundry atau jajan 😉.

Ya. Ku butuh masker.
Dan sayangnya aku nggak punya stock 😭.

Huft.

Karena masih batuk nggak mungkin kan aku keluar kelayapan mencari masker, yang ada orang-orang pada parno duluan. Memang pada akhirnya aku berhasil mendapatkan masker dengan harga yang (cukup) wajar di e-commerce, tapi pengirimannya lamaaa banget... curiga dibikin dulu ini mah 😂.

Dipikir-pikir... lah aku kan designer, pernah ikut kelas fashion juga, ngapa nggak buat sendiri? Disini animal instinct-ku mulai menyala 💡. Jadi, ketimbang mencari masker (serius, aku masih usaha) dengan waktu pengiriman yang lebih cepat aku mencari mesin jahit portable. Yha~ Aku mau bikin masker sendiri guise... 😘.

Saat ku tanya Widy spesifikasi mesin jahit portable yang ingin kubeli udah bener apa belum, doi malah melarang sebab ternyata di rumah juga ada. Yatapi kan itu di rumah dan kita disini terjebak~ 😌 Sebab animal instinct-ku kadung menyala kupikir nggak ada salahnya untuk mencoba, trust me I’m designer 😉.

Diantara semua jenis masker yang bisa di DIY-in kupilih yang paling mudah pattern-nya, maklum guise, mau hand stitch aja haha nggak jadi beli mesin jahit portable-nya 😅. Untuk pattern-nya bisa dicari di Pinterest, biasanya dari Pinterest nge-link ke web atau channel YouTube. Aku sendiri pattern-nya ngikutin ini.

Saat nonton mah bagus ya shape-nya enak dilihat dan terkesan simple, begitu dibuat mah beda euy... 😁 Aku nggak ngikutin tumplek plek ya pattern-nya, ada beberapa bagian yang dirubah demi menyesuaikan kemampuan hand stitch-ku yang masih amatir.




Kupikir hasilnya nggak jelek-jelek amat ya, masih bisa dipake meski sebenarnya nggak begitu pas di wajahku 😋.


You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~