Hidden Gems Series: Toko Jumbo Bandung

by - February 07, 2019


Hallo ... Hallo ... Hallo ... 😂.

Bagi yang (pernah) punya usaha di bidang persepatuan atau pertasan di Bandung pasti sudah hafal ya dengan Toko Jumbo yang terletak di Cibaduyut, minimal pernah main-mainlah, lihat-lihat material sekalian waving check mana nih material yang dipake brand-nya si A atau brand-nya si B. Coba lihat dulu ... kali aja mau buat 😁.

Ada banyak toko material kulit imitasi (synthetic) di sepanjang jalan Cibaduyut, tapi orang-orang lebih senang untuk merekomendasikan Toko Jumbo ketimbang toko-toko lainnya. Selain karena Toko Jumbo adalah toko terbesar dan cukup lengkap, kita bisa melihat-lihat dan memilih sendiri material-nya (semacam semi self service) tapi tetap ya urusan mengambil dan memotong mah sama pegawainya.

Aku tahu Toko Jumbo ini saat kuliah, perjuangan banget yaini dari Suci ke Cibaduyut pake ancot secara bus DAMRI masih butut dan reyot. Pertama kali masuk ke tokonya, eym ... surprise ... panas banget tcoy 🥵! Mana waktu itu tokonya lagi ramai dan belum mengerti sistem ordernya gimana. Dan yha~ Toko Jumbo memberikan pengalaman yang cukup menarik ... 🙂.


Kalau dibandingkan dengan 5-7 tahun yang lalu, kupikir Toko Jumbo saat ini lebih rapi dan nyaman terutama untuk urusan sample. FYI ... Toko Jumbo menyediakan free sample ya (nggak masalah kitanya belanja atau nggak di tokonya). Dulu free sample-nya disimpan di box macem sale box di mall, jadi kita mesti ngubek-ngubek tumpukannya dengan sabar apalagi kalau nggak tahu material apa yang dicari.

Saat ini Toko Jumbo menyediakan space khusus untuk men-display sample, jadi kita tinggal berkeliling dan memotret sample tersebut. Free sample masih tetap ada kok tapi nggak sebanyak dulu, mungkin ini salah satu strategi tokonya biar nggak terlalu banyak ngeluarin material, 2 cm X 3 cm kalau dikumpulin mah bisa jadi 1 m kan ya, lebih malah. Mana yang ngambil free sample belum tentcu beli~ 😁.

Sample display ini mempermudah orang-orang yang ingin mencocokkan material atau mencari material yang sama, karena kadang nama pasar (dagang) antara satu toko dengan toko lainnya berbeda. Kalau di toko A nama material-nya anu, di toko B bisa jadi nama material-nya una atau malah nau 😅.

Eh iya... Coba deh sekali-kali main ke Toko Jumbo, pasti geli sendiri bacain nama material-nya. Masih menjadi misteri siapa dalang dibalik penamaan material-nya, yang jelas mesti pada salim nih kalau ketemu 🙏🏻 Material yang dinamai dengan nama orang, kota / negara atau jenisnya mungkin sudah biasa, tapi di Toko Jumbo, lain ceritanya ...

Kita bisa menemukan material yang dinamai serupa brand otomotif yakni Pajero, Sierra dan Toyota, sedang untuk ranah elektronik ada Panasonic dan Sony 😂. Jangankan brand, Avenger pun ada ... maksudnya, nama material-nya Avenger.  Yang paling membuatku surprise adalah Barney dan Robin, mesti banget #howimeetyourmother mbakbro massist? 🤣.

Mau yang lebih anti mainstream? Okay ... ada Handsome dan Fatboy 😂.

Yawla reyceh sekali hidupku ... Humorku ambyar ... Eksistensiku buyar ... Bacain nama material sampai sebegininya. Meski kadang malah jadi nggak fokus, aku merasa terhibur kok ... Good job guys!


Kalau masih bingung mau beli material yang mana kita bisa tanya-tanya ke pegawainya (yang cowok ya ... jangan yang cewek), misalnya “kalau buat tas model gini (*sambil liatin gambar di smartphone) material-nya pake yang mana ya?” atau “aku mau buat sepatu boots nih, enaknya pake material yang mana ya?”. Biasanya mereka (pegawai) akan memberitahu material yang kita butuhkan, tapi tetap ya ... keputusan ada di tangan kita.

Selain menjual material kulit imitasi (synthetic) Toko Jumbo menjual material pelengkap dan aksesoris untuk membuat sepatu, seperti sponge (busa hati), tali-talian dan ring. Untuk material pelengkap dan aksesorisnya memang nggak sebanyak material kulit imitasi (synthetic), tapi lumayanlah untuk referensi harga.

Oh ya ... menurutku harga material di Toko Jumbo ini relatif ya, kisaran harganya standard lah ... yang membedakan Toko Jumbo dan toko lainnya hanyalah faktor kenyamanan berbelanja (dan free sample). Di Cibaduyut sendiri ada banyak toko kulit imitasi (synthetic) dan toko kulit asli, dari ujung ke ujung malah... Cuma memang Toko Jumbo adalah pilihan pertama.


Jadi kalau kalyan mencari material XXX dan ternyata nggak ada di toko A bukan berarti material tersebut nggak ada di toko B, mungkin juga material tersebut adanya di toko E cuma namanya aja yang beda. Asal mau aja mencari keluar masuk toko 😉.

So... Kalau kalyan sekalyan yang berniat membuka usaha di bidang fashion apparel seperti tas, sepatu dan aksesoris, bolehlah Toko Jumbo ini dijadikan sebagai referensi.

Toko Jumbo
Jl. Cibaduyut Raya no 174, Bandung
Senin-Jum'at 08.00-15.30
Sabtu 08.00-14.30
0811227978

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~