On The Way To

by - 23.2.17


Setelah menamatkan How To Build A Sustainable Fashion Business course dalam waktu ± 6 bulan 😜 dan nge-pending course lainnya yang belum tamat. Aku kembali ke dunia nyata ... bahwa untuk tetap bisa survive dan mempertahankan eksistensi aku harus punya aktivitas, dengan kata lain, aku harus punya kerja(an), yang real.

Pssttt ... aku lebih banyak mengisi waktu dengan mengikuti short course dan mencari hal-hal menarik lainnya ketimbang apply kerjaan. Sampai Widy kirim WA yang intinya kasih tahu di ITB ada program fashion course.

The GKL (Grand Korea Leisure) dan YCIFI (Young Creator Indonesian Fashion Institute) sedang membuka program Fashion Design Course batch 2 yang akan diadakan selama ± 3 bulan (Maret-Mei). Program ini didukung oleh KOFICE (Korean Foundation for International Culture Exchange), BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) dan Kriya Tekstil FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB.

Fashion Design Course batch 1 sudah lebih dulu diadakan pada 2016, rencananya program Fashion Design Course ini akan diadakan setahun 2 kali. Tujuan diadakannya program Fashion Design Course adalah untuk mencari orang-orang yang ingin meniti karir di bidang fashion secara professional dan memberikan basic knowledge sebagai persiapan untuk terjun di industri fashion yang akan selalu hype.


Ada 2 program yang bisa dipilih, yaitu Basic Design Course dan Advance Design Course.
Basic Fashion Course adalah program yang ditujukan untuk newbie yang memiliki minat tinggi pada bidang fashion, tidak diharuskan untuk bisa menjahit tapi setidaknya bisa menggambar. Karena salah satu syaratnya adalah mengikuti tes kemampuan menggambar fashion illustration.

Sedangkan Advance Fashion Course adalah program yang ditujukan untuk yang (minimal) sudah memiliki kemampuan menjahit dan ingin menekuni profesi fashion designer secara serius. Kalau Basic Fashion Course dites kemampuan menggambar fashion illustration, maka Advance Fashion Course dites kemampuan menjahit.

Aku dan Widy apply via e-mail, setelah dinyatakan lulus tahapan seleksi dokumen via Facebooknya YCIFI dan lanjut ngepoin Instagramnya YCIFI sampai post pertama. Kita mengikuti tes kemampuan yang dilaksanakan di gedung CADL (Creative, Art, Design and Language) ITB.

Beberapa hari sebelum tes, aku berlatih sketching lagi, ngelemesin jari. Karena sudah ‘agak’ lama nggak sketching jadinya kaku. Lupa lagi. Sempat dikoreksi Widy karena bodynya terlalu terlalu real

Demi menghindari macet weekend kita berangkat pagi-pagi dari kosan, sempat deg-degan lihat jam di perempatan jalan Suci-Pahlawan yang ternyata dilebihin ½ jam sama adminnya. Karena nggak tahu mau parkir dimana jadinya parkir di Kebun Binatang dan kita jalan ke gedung CADL ITB. Lumayan sist ...

Ternyata ya ... yang ikut tes Basic Fashion Course ada ± 66 orang 😔, lebih banyak dari Advance Fashion Course yang Cuma ± 35 orang. Padahal setiap batchnya hanya mampu menampung 40 orang, 20 orang untuk Basic Fashion Course dan 20 orang lagi untuk Advance Fashion Course. Gimana coba caranya ngalahin orang-orang? *berfikir keras.

Durasi tes ± 1 jam, dimulai dari pembacaan soal sampai dengan kumpulin sketch. Deg-degannya kaya waktu dulu USM di ITENAS ... Bedanya, kali ini cat airku tumpeh-tumpeh di atas meja. Tapi alhamdulillah ya bisa selesai, nggak kebayang kalau belum pada belum kelar tapi waktu sudah mepet. Pasti chaos.

Proses penilaiannya terbilang cepet, atau malah kecepetan ya? Ketika mengikuti tes kemampuan di hari Sabtu dikabarkan bahwa hasil tes akan diumumkan pada hari Selasa, kenyatannya, di hari Senin hasil tesnya sudah ada. Paali ... Paali ...

Jadi, gimana?

Kita lulus dong !!! Yeaayyy !!! 🙌🙌🙌
*Nggak sia-sia nyerutin pensil warna sampai tengah malem 😂




Cheers,



Lestari Utami 💖
(yang lulus Basic Fashion Course batch 2)

Note: See you soon on March ya

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.