Future Learn

by - 20.2.17


Setelah lulus kuliah tadinya aku ingin mencari beasiswa LN karena tergoda dengan keseruan living abroad nya Andrea Hirata. Tapi berhubung aku ini malay nggak ada dua dan mager kelas berat jadilah aku harus menangguhkan scholarships hunting, selain itu karena nggak sengaja diterima kerja. Dih .. apeu banget ya alesannya ... 😓

But, somehow there is a flame on me ... Jadilah aku mencari second option untuk bisa kuliah tanpa harus ke LN. Ada ... tapinya short course, gimana? Setelah dipikir-pikir dan diterawang sepertinya short course cukup menarik dan nggak terlalu ribet.

Ada banyak referensi untuk short course, namun atas saran dari Deanty yang sudah lebih dulu going abroad, aku diarahkan menuju Coursera dan Future Learn.

Setelah dicek, kebanyakan course di Coursera berbayar (meski tidak semua) dan waktunya agak panjang, sedangkan untuk Future Learn meski ada beberapa yang berbayar kebanyakan adalah free course (exclude shipping fee). Yay!!!

Di Future Learn ada banyak course dari berbagai major yang menarik untuk dipelajari, terlebih lagi bahasannya (lebih) casual dan beragam.

Aku mengambil course How To Build A Sustainable Fashion Business yang termasuk dalam kategori creative skill set, karena masih dalam bidang yang aku kuasai dan aku sukai. Oh ya ... yang dimaksud dengan creative skill set adalah course yang diadakan oleh Future Learn dan bukan course dari universitas atau institut yang tergabung di dalamnya.

Lamanya course tergantung dengan major yang diambil, ada yang bisa diselesaikan dalam 1 weeks ada juga yang sampai 6 week. Untuk How To Build A Sustainable Fashion Business lama coursenya adalah 6 weeks, namun sebenarnya lamanya course tergantung kemauan dan ... koneksi internet.
Karena Future Learn ini adalah online course, maka kita akan belajar secara online melalui video, artikel dan PDF yang berhubungan dengan major yang diambil.

Pada beberapa topik kita diharuskan untuk menonton video mengenai apa itu Sustainable Fashion Business langsung dari pakarnya yaitu orang-orang yang bekerja di industri fashion. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran mengenai industri fashion based on their POV. Jika kesulitan untuk mencerna apa isi videonya tersedia file PDFnya (FYI. tidak semua video tersedia file PDFnya).

Selanjutnya kita akan diarahkan menuju link source untuk membaca artikel yang sudah dipilihkan, setiap artikel tersebut memiliki muatan bahasan sesuai dengan topik.  Terkadang kita akan diarahkan menuju sebuah situs dan diminta untuk mengexplore isi situs tersebut. Jangan lupa untuk mendownload file PDFnya.

Setelah mendapatkan materi, kita akan diminta untuk memberikan ulasan atau pendapat mengenai topik tersebut di kolom diskusi. Tak ada salahnya memberikan komentar pada kolom diskusi, selain menambah point, kita bisa sekalian belajar dengan menganalisis pendapat mereka. Dan ya ... semuanya menggunakan Bahasa Inggris. No excuse!

Ada google translete dan sederet.com yang bisa membantu.

Di akhir weeks ada quiz yang menunggu, jika mengikuti setiap prosesnya tentu quiz ini tidaklah terlalu sulit. Karena inti dari course ini adalah membantu kita membangun bisnis dalam bidang fashion, kita akan dibimbing melalui berbagai macam tahapan dimulai dari creating idea sampai dengan releasing brand.

Untuk tugas akhir kita akan diminta untuk membuat konsep design dari brand yang akan dibuat, nantinya pihak Future Learn akan membantu mengarahkan dengan berdiskusi bersama.

Menurutku, How To Build A Sustainable Fashion Business course ini sangat membantu memetakan business mindset, terlebih lagi untuk yang ingin memasuki industri fashion. Yang paling aku sukai adalah artikel-artikelnya yang menarik dan menambah wawasan. Recommended course sist!

Next time aku akan sharing tentang apa yang sudah dipelajari di How To Build A Sustainable Fashion Business course. Wish me on good mood d(^.^)b

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.