Flashback Memories ala Tri FM Radio

by - May 20, 2016


 “Selamat malam Jaka Dara ... Gue, Aris. Akan menemani kalian malam ini ...”

“Jaka Dara kalau malam minggu gini kalian biasanya ngapain sih? Malem mingguan sama pacar atau diem aja di rumah? Enaknya sih malem mingguan sama pacar, tapi kalau gak punya pacar mendingan malem mingguan sama temen-temen ...“

 “Sambil dengerin Tri FM Radio tentunya ... hehehehe ...”

 “Eh, Jaka Dara kalau ada yang mau request lagu atau mau kirim salam-salam sama gebetan atau pacar atau temen bisa dikirim via sms atau telepon  langsung ke nomor XXXXXXXXXXX ...”

 “OK. Sambil nungguin request lagu dari Jaka Dara, yuk kita dengerin lagu dari Maroon 5 yang judulnya She Will Be Love, let’s check this out ...“

 “Ditunggu ya requestan lagunya Jaka Dara...”

Aku tumbuh dalam generasi peace, love and gaul yang menggandrungi muzik azeekk ... Ketika walkman dengan merk Sony adalah benda keren yang jadi wishlist ulang tahun favorite. Ketika kaset menjadi hadiah ideal  untuk menyampaikan isi hati kepada gebetan. Ketika pulang ke rumah sukanya nonton MTV biar up to date. Ketika mendengarkan radio dianggap sebagai kegiatan yang mengasyikkan. Ketika rata-rata binder isinya lebih banyak lirik lagu dan biodata teman ketimbang pelajaran.
Sebagai remaja yang gaul pada masanya, tentunya aku dan teman-temanku sebisa mungkin mengikuti perkembangan zaman dengan mencari informasi ter up to date. Sayangnya, peraturan Ma’had Darul Arqam tidak mendukung usaha kita untuk lebih brainy, pembina dan guru rajin sekali merazia benda elektronik seperti televisi mini, handphone dan tape / radio dengan alasan memberi dampak yang negatif.
Untungnya, walkman masih diizinkan karena dianggap sebagai benda pribadi yang tidak mengganggu kepentingan orang banyak. Saat itu, toko kaset di sebelah toko kamus adalah tempat yang wajib dikunjungi saat libur hari Jum’at, selain menjual berbagai kaset dalam berbagai genre musik, toko tersebut juga menjual earphone dengan bentuk yang stylish.
Jika bosan mendengarkan kaset yang lagunya itu-itu saja, kita terbiasa mendengarkan siaran radio lokal, diantaranya adalah Tri FM Radio, AHRS Radio, Reks Radio dan Antares Radio. Tapi yang menjadi favorite kita semua (rata-rata di Ma’had) adalah Tri FM Radio, karena segmen acaranya yang menarik dan suara penyiarnya yang merdu haha ... FYI, namanya Aris. Aris Tri FM.
Seperti halnya smartphone di masa kini, walkman adalah benda wajib punya ke 1 sebelum ada handphone. You always could find someones on theirs walkman in every corner. Anywhere and everywhere. Bahkan di dalam kelas sekalipun #eh. Karena we addicted on it hehe
Bukannya mendengarkan guru menerangkan di dalam kelas, kita malah asyik sendiri (atau kadang berdua dengan teman sebangku) mendengarkan siaran radio pagi, bertukar frekuensi siaran radio lewat celetukan-celetukan yang disengaja dan saling berkirim salam lewat radio. Aku (dan kita juga) sangat diuntungkan dengan hijab, karenanya earphone walkman bisa dengan mudah disembunyikan dengan rapi.

 “Selamat malam Jaka Dara ... Ketemu lagi dengan gue, Aris, dalam acara Flashback Memories ...”

 “Malam ini di Flashback Memories gue akan membacakan kisah cinta Jaka Dara yang paling mengena di hati, terus muterin lagu requestannya Jaka Dara ...”

“So, Jaka Dara jangan lupa kirimkan cerita terbaik kamu ke nomor XXXXXXXXXXXX ...”

“Tapi inget ya, ceritanya harus asli, real, bener-bener merupakan pengalaman pribadi Jaka Dara ...”

Kebiasaan favoriteku pada saat itu adalah menulis diary di bawah lindungan selimut sambil mendengarkan siaran radio, ditemani segelas susu Milo (atau Ovaltine) dan cokelat Cadburry sebagai cemilan malam sebelum tidur haha *mintadigendutinbangetlahinimah Tak lupa handphone yang standby menunggu sms atau telepon, who knows? Positive thinking boleh kali ... haha
Salah satu segmen terfavorite di Tri FM Radio adalah Flashback Memories, sebuah segmen request lagu dengan target anak muda gaul nan aL4y yang gundah gulana karena asmara, serta ajang kreativitas bagi para tuna asmara seperti kita #eh.
So, Flashback Memories sebenarnya ditujukan untuk Jaka Dara (sebutan untuk pendengar setia 3FM Radio) yang memiliki kisah cinta menarik, lagu yang direquest adalah lagu yang menjadi theme song kisah cintanya atau lagu yang mengingatkannya kepada mantan. Seru sih, mendengarkan derita cinta orang lain #eh.
Anggap saja kita memang kurang kerjaan atau memang itu kerjaan kita. Setiap hari Rabu malam sekitar pukul 22.00, kita pasti sudah standby di atas kasur menunggu Flashback Memories, lalu ... mengarang bebas haha Demi lagu favorite, memeras otak memikirkan konsep cerita yang menarik, biar Aris sudi membacakannya dan mengabulkan lagu yang direquest. Sederhana memang, sesederhana membuat cerita FTV.

“Ris, aq Dita lg naksir banget nih sm seseorang, dia itu kakak kelasq, anak rohis yg alim gitu, g tau kenapa aq bisa suka bgt sama dia, pdhl dy orgny biasa2 aja. Bisa dibilang dia itu first Yny aq & lagu yg ngegambarin keadaanq saat ini adlh lagu Nikka Costa yg First Love, kl bisa puterin ya Ris. Trmksh.”

Seharusnya hari  ini adlh hari bahagia untuk qt b2, tp sayangnya qt ga sempet merayakannya. Pcr gw meninggal krn kecelakaan di Nagrek bbrp bln yg lalu, sulit rasanya bagi gw u/ ngelupain dy. Hari ini adlh hari ulang tahun pacar gw, dulu dia suka bgt sama lagu More Than Words nya Extreme, Happy Birthday ya Sayang, smg kamu bahagia disana. Ashanty.

“Sekitar setahun yg lalu gw kenalan sm cw, 3 bln yg lalu gw nembak dy, dan hari ini tepat 3 bln kita jadian. Gw req lagu Crazy Over You ya Ris, krn skrg gw lg syng2nya sm dy n kangen bgt nih. Makasih ya Ris. By Rambo”

“OK Jaka Dara, Aris bakalan puterin lagu Nikka Costa yang First Love, dilanjutkan dengan lagu More Than Words. Terus ... Crazy Over You ya buat yang lagi sayang-sayangnya sama pacarnya.“

“Selamat mendengarkan ya Jaka Dara ... Semoga lagu yang Aris bakal puterin ini bisa membuat perasaan kalian jadi lebih baik.”

Kalau dipikir-pikir ya ... Flashback Memories itu adalah ajang curhat terselubung haha Bisa-bisanya bilang sengaja buat cerita palsu demi lagu requestan, padahal mah emang curhat ... #eeeaaaaa Bisa-bisanya pake nama samaran biar gak ketahuan, padahal mah udah pada tahu kali ... #eeeaaaaa Bisa-bisanya nyuruh gebetan ngedengerin Flashback Memories, padahal mah kode ... #eeeaaaaa

Gw udah sahabatan slm ± 3 thnan sm seorg cowok, g tau knp y akhir2 ini muncul perasaan suka sm dia, gw sadar sih skrg dia msh pny pacar yaitu tmn gw sendiri, tp y mau gmn lg ... Gw jg g bs ngilangin perasaan gw gitu aja, smkn gw berusaha semakin gw suka. BTW gw minta lagunya Frente yg Bizzare Love Triangle ya Ris. Thx b4.

“Ris, ak mw request lagu You dari Ten 2 Five dong, crtny ak udah kesel bgt sm pacar ak, dy udah berkali-kali nyelingkuhin ak, sumpah kesel bgt, tdnya ak berharap dy berubah, tp smp skrg dy msh ky gt, plis puterin y Ris. Gw lg nyesek bgt nih. Thx. Fellin”

Hai Ris, aku kepingin curhat nih, udah bbrp minggu belakangan ini aku kok ngerasa bete ya sama pacarku, gtw kenapa ya tp bawaannya aku ingin marah2 trs sama dia. Kasian sih ... tp aku jg gtw mesti gmn, tp aku sayang kok sm dy. Aku request lagu Monita yg Keliru yahh ... Ucapannya: maafin aku ya beb, I love you ... Sandra

“Hhhmmmppp .... Jaka Dara ... memang sulit ya untuk menjalani suatu hubungan, saran gue sih ... jangan memaksakan hubungan yang sudah bisa ditebak akhirnya, karena ... pasti sakit hehe ...”

“Untuk lagu selanjutnya Aris mau puterin Bizzare Love Triangle dari Frente, You dari ten 2 Five dan Keliru dari Monita. Selamat mendengarkan ya Jaka Dara ...”

Flashback Memories mengisi hari Rabuku dengan begitu gembira, meski terkadang kecewa kalau lagu yang direquest gak diputerin Aris hehe Eh, tapi lumayanlah untuk mengisi malam-malam anyep tanpa TV. Bisa dibilang radio adalah telinga ke dunia luar. Karena keseringan mendengarkan siaran radio, aku dan teman-teman terbiasa menggunakan istilah gaul ala radio pada percakapan sehari-hari, semacam “Kamana atuh gaya ...???”.
Aku masih mendengarkan siaran radio hingga kini, meski tidak sesering waktu dulu. Kadang suka kirim-kirim salam ke diri sendiri karena gak tahu yang mau dikirimin salam lagi ngedengerin radio apa nggak.
Pernah nanya ke Simsimi kenapa radio di Garut frekuensinya gak nyampe Subang, yang dijawab Simsimi dengan imut tapi ngaco. Pernah juga nanya ke follower Twitterku “masih pada suka ngedengerin radio gak?“ yang akhirnya dijawab temen SDku dengan “udah nggak, karena banyak iklan So Man”.
Hadehhh ...
Yang aku suka dari mendengarkan siaran radio adalah ada penyiarnya, yang suka ngomong sendiri di studio, kaya lagi skypean sama jama’ah padahal mah lagi lihat tembok. Berbeda dengan mendengarkan mp3 di handphone atau laptop yang terus lanjut tanpa jeda kaya infinity knot. Celotehan penyiar adalah spasi pada lagu.
Gak tahu ya setiap kali aku mendengarkan siaran radio, entah itu di rumah atau di mobil kok yang kebayang suaranya Aris? Mungkin aku kangen #eh.

Dear Jaka Dara ... Sekarang udah hampir jam 12 malem nih, sebentar lagi Flasback Memories harus berakhir ...“

“ Maaf ya yang lagu requestannya gak sempet diputerin, mungkin di lain waktu Aris puterin ... Abisnya tadi banyak banget yang kirim sms dan telepon ...“

“Untuk lagu terakhir, nih Aris kasih lagunya Sheila On 7 yang judulnya Radio ... See you next time ... and bye bye ...”



You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~