Tur di Pendopo Kota Bandung

by - July 20, 2024

aing maung 🐯

Hello~

Setelah bertahun-tahun nggak bisa dikunjungi, akhirnya di bulan Mei lalu Pendopo Kota Bandung dibuka kembali untuk kunjungan publik. Kalau kalyan lagi mencari aktivitas berfaedah untuk dilakukan bersama keluarga, teman atau sendiri saat weekend di Bandung, kalyan bisa memasukkan tur di Pendopo Bandung ke list ya. Tur di Pendopo Kota Bandung ini diadakan oleh akang-teteh dari TIC (Tourist Information Centre) yang kantornya berlokasi di samping Mesjid Agung Bandung.

Biar nggak ketuker kukasih pencerahan dulu ya…
Pendopo Kota Bandung lokasinya berada di seberang Alun-alun Kota Bandung, yang ada Bandros-nya .
Balai Kota Bandung lokasinya berada si seberang SMA Santa Angela, yang ada patung badak putihnya 🦏.

sejuk 😍

Untuk mengikuti tur di Pendopo Kota Bandung kalyan bisa mesti melakukan reservasi online via website-nya yang (saat kuakses mah) agak lemot 😅. Kita bisa mengikuti tur di Pendopo Kota Bandung pada hari Sabtu dan Minggu yang terbagi pada 2 sesi, yakni sesi pagi (09.00-11.00 WIB) dan sesi siang (13.00-15.00). Kusarankan kalyan memilih sesi pagi biar akang-teteh TIC-nya masih pada fresh, kalau sesi siang kemungkinan suara mereka udah pada serak 😁.

Setiap sesi memiliki kuota 25 orang aja dan nggak ada batasan umur, makanya agak nge-war mendapatkan slot-nya. FYI, tur di Pendopo Kota Bandung ini gratis ya 💖. Turnya meliputi area taman depan sampai rumah dinas yang ada di belakang, informasi yang disampaikan mudah difahami dan kids friendly. Kusarankan kalyan menyimak saat akang-teteh TIC-nya menjelaskan karena di akhir sesi ada quiz yang berhadiah merchandise.

menara Mesjid Agung Bandung terlihat dari sini

versi zoom-nya

Saat sesi berlangsung, ada yang bertanya tentang sudut bakekok di area Pendopo Kota Bandung, bused deh masih pagi udah bahas yang begini 😅. Menurut penjelasan akang-teteh TIC-nya, konon ‘mereka’ tinggal di area taman depan namun untuk keabsahannya belum bisa dibuktikan karena no pict=hoax 😂. Suasana yang tadinya ceria mendadak serius, yakin banget yang tanya sering nonton YT-nya Jurnal Risa, ayo ngaku... 

Believe it or not, saat ingin mengambil foto di area taman depan screen kameraku mendadak nge-blank, udah klik tombol shutter dan tombol on-off berkali-kali namun nggak ada reaksi 😱. Svmpah deg-degan banget, antara khawatir kameranya yang rusak atau ada yang ngintil 😭. Saat berpindah spot aku kembali memencet tombol shutter, dan taa… daa… screen kameraku normal. Hapunten yeorebun, ngiring ngalangkung… 😅

sekitar TKP 😁

lonceng ini sengaja dibikin biar lonceng itu ada pasangannya

Saat terakhir berkunjung kita masih bisa duduk santai sambil ngobrol atau baca buku di area rerumputan taman depan, boleh membawa cemilan dan minuman asalkan nggak nyampah. Sekarang area rerumputan taman depan udah nggak bisa dipake ya, pun dengan cemilan dan minuman mesti dititip di pos satpam. Oh ya, kita bisa berkunjung ke Pendopo Kota Bandung meski nggak ikutan turnya, Cuma kayanya bakal gabut aja gitu 😂.

Semua bangunan dan properti di area Pendopo Kota Bandung ini terawat ya termasuk gong perdamaian yang ternyata disimpan di sini. First impression-ku saat memasuki area Pendopo Kota Bandung hanyalah: nyeesss… sejuk bener 😍, pepohonan dan tumbuhannya yang asri dan angin sepoi-sepoinya bikin betah. Kalau kalyan ingin healing on budget, kurekomendasikan kalyan mengunjungi Pendopo Kota Bandung ini.

bertamu dulu ygy

di ujung selasar ini ada tempat duduk

PENDOPO KOTA BANDUNG
📍 Jl. Dalem Kaum no 56, Balonggede, Regol, Kota Bandung
📆 Setiap hari 08.00 - 16.30 WIB
🎫 gratis, titip KTP

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~