Skincare Routine

by - May 11, 2024


Hanya karena ku jarang (atau malah nggak pernah) bikin post atau IG story tentang skincare bukan berarti aku nggak pernah pake ya 😅. Just in case kalyan penasaran, aku ada skincare routine kok cuma ya standar aja yakni facial wash – toner – serum – moisturizer – sunscreen. Aku nggak tertarik mengamalkan 10 steps Korean skincare karena ribet dan bikin misqueen 😭, yukata I akan kenyang nyocol bala-bala pake moisturizer? 😅Well… aku nggak yakin inner glow akan muncul setelah minuman kita terpercik serum 😅.

Untukku skincare adalah kebutuhan kondisional yang berada di antara sekunder dan tersier, perlu… tapi nggak urgent. Karenanya sebisa mungkin aku memilih skincare yang ribet-less dan on budget, tahu sendiri yekan gimana ribetnya membagi waktu antara pake skincare dan sarapan 😂. Saat ini skin goals-ku hanyalah kulit wajah yang bersih dan sehat, bukan glass skin, glow skin, dewy skin atau apalah karena di Wakanda mah kulit wajah yang memancarkan gemerlap cahaya akan dianggap hinyai 😅.

Di post ini aku ingin berbagi skincare routine yang saat ini kuamalkan, yakali kalyan sedang mencari opsi lain atau ingin mencoba-coba. Sebelum membeli skincare aku punya beberapa kriteria yang kujadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk check-out apa nggak.

MUDAH DITEMUKAN
Aku lebih memilih skincare sejuta umat yang bisa ditemukan secara online/offline, ketimbang skincare indie yang untuk mendapatkannya mesti war wer wor atau pre order dulu. Just in case skincare-ku habis atau ketinggalan atau hilang aku bisa menemukannya dengan mudah ✨.

SESUAI KEBUTUHAN
Sebelum memutuskan untuk membeli skincare (atau apa pun) aku akan mencari tahu A-Z produknya, sebab salah-salah malah bisa bikin breakout yekan. Faktanya nggak semua skincare cocok untukku, apalagi di usia sawo matang begini 😅. Selama produknya nggak bikin iritasi, aku selalu berusaha menghabiskannya hingga tetes terakhir.

HARGA WAJAR
Aku membatasi budget skincare-ku di range mid-low selain itu… nggak dulu 🙇, memang ada rupa ada harga, masalahnya: bisa nggak nih aku repurchase kalau habis? Ingat ya, kebutuhan pokok manusia adalah sandang, papan dan pangan.

***

Selama ini aku nggak ada masalah kulit yang berarti kecuali kusam karena kekurangan sinar matahari dan eczema. Namun di musim panas tahun lalu (ebused… musim panas ceunah😂) kulitku sempat bermasalah karena suhu yang tinggi. Hampir semua skincare yang kuaplikasikan ke kulit wajah nggak bisa terserap dengan baik, lewat aja gitu… macem gaji haha. That’s why aku memutuskan untuk nge-skip skincare routine-ku sampai kulit wajahku kembali normal 😶.

Kondisi new normal paska musim panas jahara ini bikinku repot serepot-repotnya karena aku mesti mengkalibrasi ulang skincare routine-ku, termasuk mengganti beberapa produk yang dipake *tapi nanti balik lagi kok 😁. So… here they are, skincare routine-ku saat ini. 

***

FACIAL WASH 🌞🌜
Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash 100 ml
Aku pake facial wash-nya Hada Labo udah lebih dari 5 tahun, udah pernah coba semua varian *yang ada di Indonesia. Sejauh ini yang paling terasa nyaman di kulit adalah Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, teksturnya ringan, mudah dibersihkan dan after taste-nya nyaman. Selama 5 tahun pake Hada Labo aku beberapa kali mencoba pake facial wash dari brand lain, ada yang cocok ada yang nggak, ujung-ujungnya aku balik lagi pake Hada Labo.


TONER 🌞🌜
Hatomugi Skin Conditioner 500 ml
Sebelumnya aku pake Joylab Berry Bounce Facial Toner tapi produknya discontinue, ZBL banget yekan 😭. Setelahnya aku berganti-ganti toner, kalau habis ganti ke brand lain, begitu seterusnya sampai kita *yha siapa lagi menemukan promo bundle-nya Hatomugi Skin Conditioner. Aku nggak tahu apakah kalyan merasakan hal yang sama denganku, Hatomugi Skin Conditioner ini terasa agak pliket saat diaplikasikan ke kulit, namun begitu ditambahkan serum atau moisturizer langsung menyerap. Karenanya aku ingin segera ganti toner, tapi belum habis… 😅.


SERUM 🌞🌜
Some By Mi Super Matcha Pore Tightening Serum 50ml
Sebelumnya aku pake Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum namun memutuskan untuk ganti pake Some by Mi Matcha Pore Tightening Serum karena pori-poriku membesar sisaan musim panas lalu. Aku suka botolnya yang pake pump bukan pake pipet macem biasanya, tekstur serumnya agak encer dan mudah meresap. Meski nggak terlalu ketara pori-poriku udah agak mendingan ya… 😉.

Shopee Sociolla

MOISTURIZER 🌞
Cetaphil Brightening Day Protection Cream SPF 15 50 gr 
Sebelumnya aku pake Skintific 5X Ceramide Barrier Moisturizer Gel namun memutuskan untuk nggak repurchase karena jar-nya tipu-tipu 😅. Aku tertarik beli Cetaphil Brightening Day Protection Cream ini karena melihat Lisna yang makin mirip Bu Ida-nya Fadil wkwk Yha~ aku tahu usia dan kondisi kulit kita berbeda, namun nggak ada salahnya mencoba bukan? Alhamdulillah jar-nya nggak tipu-tipu, teksturnya agak padat sehingga butuh waktu untuk meresap.


MOISTURIZER 🌜
Nivea Crème 60 ml 
Aku memutuskan untuk mulai pake Nivea Crème setelah salah satu quorawan berlatar belakang kimia memberikan pencerahan. Menurutnya komposisi ingredients Nivea Crème yang simple itu udah paling pas untuk kulit wajah kita ketimbang skincare dengan kandungan ini itu. Pernah nggak sih kalyan kepikiran mengapa beberapa skincare dengan kandungan ini itu nggak bekerja dengan baik? Salah satunya adalah karena komposisinya yang hanya sekian persen dari keseluruhan, alasan yang sama mengapa kita butuh waktu hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil sesuai klaimnya.


SLEEPING MASK 🌜
Viva Waterdrop Sleeping Mask 80 gr
Aku pake Viva Waterdrop Sleeping Mask ini udah lebih dari 3 tahun, so far masih betah pakenya meski aku nggak ngaruh-ngaruh banget. Selama ini aku pake setiap malam sebelum tidur, namun sekarang pakenya selang seling dengan Nivea Crème


SUNSCREEN 🌞
Emina Sun Battle SPF 50 30 ml
Sebelumnya aku pake Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 namun memutuskan untuk nggak repurchase karena bikin kulitku terlihat hinyai. Saat ini aku pake Emina Sun Battle SPF 45, kurasa teksturnya nggak jauh berbeda dengan Emina Sun Battle SPF 30 yang agak encer namun mudah meresap. Packaging-nya pun lebih ramping dan eye catching (dan mirip dengan Somethinc), ukurannya cukup ideal untuk dimasukkan ke dalam pouch atau saku di dalam tas. Untuk aktivitas santai macem weekend di kosan atau mager di rumah aku pake Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+. Teksturnya yang cair dan ringan bikinku rebahanku makin nyaman 😂.


LIP CARE 🌞🌜

Pure Paw Paw 15 gr
Sebelumnya aku biasa pake lip balm dari Nivea atau Vaseline, namun udah hampir 1 tahun belakangan aku pake Pure Paw Paw. Dibandingkan dengan lip balm, ointment lebih multipurpose dan bisa diaplikasikan ke permukaan kulit selain bibir. Kekurangannya Pure Paw Paw adalah ukurannya yang nggak se-compact lip balm dan nggak ada aplikatornya, mau nggak mau kita mesti make sure tangan kita bersih saat pakenya ya…

Di musim panas tahun lalu Pure Paw Paw-ku sempat mencair. Yap. kalyan nggak salah baca. Pure Paw Paw-ku teksturnya berubah dari balm menjadi cair yang ingredients-nya terpisah macem air dan minyak, jadi kalau mau pake tube-nya dipencet-pencetin dulu biar bercampur. Setelah ± 3 minggu, alhamdulillah Pure Paw Paw-ku kembali padat secara bertahap, sama sekali nggak kepikiran bahwa proses pemadatan bisa lebih cepat kalau dimasukkan ke dalam kulkas.


Emina Lip Mask Milky Matcha 9 gr
Aku udah pake Emina Lip Mask ini selama 1 tahun lebih, ingin ganti tapi belum habis 😅.


Vaseline Lip Therapy Reveal Lip Scrub 10 gr *
Aku udah pake Emina Lip Mask ini selama 1 tahun lebih, ingin ganti tapi belum habis 😅.

*discontinue

You May Also Like

1 comments

  1. Hatomugi!! Aku penasaran banget pake Hatomugi karena harganya murah dan banyak. Kalau cocok kayaknya win-win solution. Udah gitu katanya penggunaannya bisa buat macam-macam, ada yang pakai ke badan saking susahnya habis (karena isinya banyak)

    Ngomong-ngomong, salam kenal, yaa ;D

    ReplyDelete

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~