Schiaparelli Wedding

by - March 16, 2024


Hello~

Beberapa minggu yang lalu di FYP-ku lewat potongan video fashion show dari salah satu modest fashion brand yang eyewear-nya mengingatkanku pada eyewear yang dipake di Schiaparelli wedding-nya Elizabeth ‘Liz’Roseberry. Aku nggak sempat nge-save videonya karena saat layarnya ku-tap malah ke-refresh, dan aku nggak kepikiran cari videonya di history 😅.

Saat mengecek draft folder-ku aku menemukan draft post untuk spring 2024 couture collection, yha~ tumben-tumbenan yekan aku yang mageran ini bikin post tentang fashion. Saat itu aku terkesima oleh desainnya Robert Wun yang dramatis abis bis bis hingga tetes terakhir, pun dengan mb Brienne of Tarth yang cucok jadi muse-nya Maison Margiela.



Tadinya aku ingin bikin rating mandiri looks favorite-ku di spring 2024 couture collection, namun mendadak nggak mood karena nggak mendapatkan foto Maison Margiella yang proper di Getty Images. FYI. Aku sering pake gambar dari Getty Images karena sering mager menulis ulang nama fotografernya di credit 😁. Well… karena spring 2024 haute couture udah lewat mari kita revisi ulang post-nya menjadi Schiaparelli wedding 😉.

***

Muqaddimah dulu ya…

Schiaparelli adalah rumah mode yang didirikan oleh Elsa Schiaparelli pada tahun 1927 di Paris, dari namanya kita tahu bahwa mb Schiaparelli ini berasal dari Italy. Saat kuliah dosenku pernah bilang: Italy adalah puncak segala taste, melebihi Prancis dan Inggris. Taste-nya italian udah teruji selama ratusan tahun melalui patung-patung marmer, karya seni, craftsmanship, fashion, kuliner dan lainnya. Makanya sering-sering lihat desain orang Italy biar desain kalyan nggak kayak tahu *ytta *wkwk 😂.

Iyaaa… sketsaku (dan manteman) pernah dikatain tahu gegara butut 😂😂😂.

Schiaparelli berada di era yang sama dengan Channel, sayangnya Schiaparelli kurang bisa beradaptasi dengan sehingga ditutup. Desainnya Schiaparelli beraliran surealis karena banyak dipengaruhi oleh karya seniman di masanya macem Salvador Dali dan Jean Cocteau, apalah artinya desain yang kece kalau nggak bisa balik modal yekan 😁. Setelah hiatus selama puluhan tahun, Schiaparelli dihidupkan lagi pada tahun 2014.



Schiaparelli dibeli oleh Diego Della Vale dari Tod’s Group dan menunjuk Christian Lacroix sebagai creative director, setelahnya ada Marco Zanini dan Betrand Guyon. Pada tahun 2019 Schiaparelli menunjuk Daniel Roseberry sebagai creative director. Kurasa ini adalah keputusan yang tepat ya sebab Daniel Roseberry tahu bagaimana membangkitkan kembali spirit-nya Maison Schiaparelli ke masa kini ✨👌.

Saat ini Schiaparelli memiliki koleksi ready to wear yang omaga… *pake suara Cardi B 😂, kusuka jewelry dan aksesorisnya nya yang surealis nan manis 😍. Diantaranya adalah golden lung necklace yang dipake oleh Bella Hadid di Cannes Festival dan golden dove brooch yang dipake oleh Lady Gaga di Inauguration Day. Maaf banget ini mah… untukku Doja Cat bertabur Swarovski adalah salah satu kegagalan Maison Schiaparelli, gagal faham hamba… 😭.




Mungkin karena keseringan nonton video Jewel with Jules, semesta algoritma mengantarkanku pada video Schiaparelli wedding-nya Liz Roseberry yang cakep banget. Dia pake Schiaparelli from head to toe, detail menyerupai tulang rusuk di gaunnya cantik dan warna pas, pun dengan aksesoris yang dipakenya. Aku jelas naksir eyewear yang mengingatkanku pada Pans Labyrinth dan sepatunya yang super duper fun 💖💖💖.

Schiaparelli wedding-nya Liz Roseberry bikinku mikir bahwa beruntung banget ya mbnya punya Daniel Roseberry 😍. 

Kalau nggak baca caption-nya aku nggak akan tahu Liz Roseberry dan Daniel Roseberry adalah saudara kandung. Yha~ aku bahkan nggak tahu doi adalah creative director-nya Schiaparelli 😅. Oh ya, Liz Roseburry adalah seorang jewellery designer dan ia terlibat dalam proses kreatifnya Schiaparelli, nggak secara resmi sih 😅. Kurasa The Roseberry memang berbagi taste sehingga desain yang mereka hasilkan mirip-mirip.

Kalyan bisa mengecek toko online-nya mb Liz disini.







Meski judul post-nya adalah Schiaparelli Wedding, isi post-nya nggak sebanyak intro-nya. Aku hanya ingin berbagi what is interesting and curious about also every little thing in between berbulan-bulan lalu. Kali aja kalyan tertarik 😁…

***

Schiaparelli's wedding picture taken from the Vogue website
Schiaparelli's jewelry and accessories are taken from their website

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~