Tiara Galore

by - January 20, 2024

Photo by Soulseeker

Hay...

Apa kabar royal enthusiast? 😁 Selama 'main' di Quora salah satu topik yang sering muncul di timeline-ku adalah topik mengenai royal family. Yha~ sebagai royal family yang populer karena keberhasilannya menjajah hampir separuh dunia 🤯 kurasa ada banyak hal menarik yang bisa dibahas dari British royal family. Faktanya, hampir semua negara di Eropa memiliki hubungan kekerabatan terencana yang membuat hirarki tampak rumit. Kalyan sadar nggak sih kalau The Spencer lebih pure blood ketimbang The Windsor yang self-proclaim sebagai British royal family 😅.

Karena sering ‘main’ di Quora aku jadi mengikuti bahasan mengenai royal family (bukan hanya British) karena bagaimana pun keberadaan mereka mempengaruhi urusan geopolitik. Yang terbaru adalah bahasan mengenai penobatan King Frederik X di tengah skandal perselingkuhannya dengan Genoveva Casanova 😌. Di hingar bingarnya rumor penobatan King Frederik X, ada bahasan yang menurutku menarik yakni mengenai perhiasan yang akan diwariskan oleh Queen Margrethe II kepada Queen Mary of Denmark 🤔.


Sezuzurnya aku lebih menyukai selera fashion-nya Queen Margrethe II yang lebih berwarna dan chic ketimbang Queen Elizabeth II yang gitu-gitu aja 😅. Yha~ aku tahu pake one bold color bisa bikin rang-o-rang pay for attention, tapi kalau keseringan bikin bosan sekali pun harga outfit-nya nggak tergapai. So far, royal favorite-ku adalah Zara Tindall yang terlahir effortlessly cool, apa pun yang dipakenya mengesankan dan tentcunya bikin cakep 😍.

Di antara semua perhiasan yang dipake oleh royal family yang paling mencuri perhatian adalah tiaranya. Sebagai alumni Disney princess era aku memahami bahwa tiara adalah ciri mutlak yang membedakan pure blood dan mud blood 😁. Meski kini tiara dipakai oleh warga byasa, tiara royal family memiliki sejarah dan value tersendiri yang menjadikannya begitu berharga. Konon, saat Queen Elizabeth II tahu Lady Diana Spencer kecelakaan yang pertama ditanyakan adalah perhiasan yang dipinjamnya karena merupakan aset kerajaan.

Oh ya, perhiasan keluarga kerajaan otomatis dimiliki oleh Raja dan Ratu yang menjabat, keluarga dan kerabat bisa meminjam perhiasan atas persetujuan mereka.

Burmese Ruby Parure yang dipake oleh Oma Eli

kalung Nizam of Hyderabad yang dipake oleh Princess Katherine of Wales

Sebagian perhiasan yang dimiliki oleh royal family merupakan hadiah dari negara persemakmuran macem Australia dan India. Nizam of Hyderabad Parure yang dihadiahkan oleh Nizam, pengusaha yang berasal dari Hyderabad India. Brazilian Aquamarine Parure yang dihadiahkan oleh Getulio Vargas dan rakyat Brazil yang... buseddd... kinclong macem Cling. Japanese Pearl Choker yang dihadiahkan oleh pemerintah Jepang. Hmmm... Apakah ini yang dinamakan upeti? 🤔.

FYI. Parure adalah set yang biasanya terdiri dari minimal 2 item perhiasan, tiara, kalung, anting, bros yang terbuat dari metal (emas, perak atau platina) dan batu alam (mutiara, berlian, amethyst, tourmaline, emerald dll). Setelah kuperhatikan, kurasa warna perak lebih cocok untuk orang Eropa ketimbang warna emas karena tone kulitnya yang lebih pucat, kalau memang masih keukeuh ingin pake emas mungkin bisa memilih tone yang lebih gelap *sotoy 😆.

Seperti byasa, aku bikin list royal family tiara favorite-ku… yang paling menarique dan cantik.

QUEEN MARY LOVER'S KNOT TIARA

Queen Mary Lover's Knot Tiara adalah salinan dari The Cambridge Lover’s Knot Tiara yang dibuat oleh House of Garrard pada awal abad ke-19 untuk hadiah pernikahan Princess Augusta dari Hesse Cassel, Duchess of Cambridge. Queen Mary yang menyukai The Cambridge Lover’s Knot Tiara meminta House of Garrard untuk membuatkan tiara yang sama di tahun 1913. Setelah kematiannya, Queen Mary Lover's Knot Tiara diwariskan kepada Queen Elizabeth II.

Lover's Knot Tiara adalah tiara terbuat dari berlian dan 19 mutiara oval besar berukuran gradien yang dipasang menggantung, desain simpulnya yang proporsional bikin tiara ini terlihat manits saat dipake. Setahuku, para menantu dari keluarga kerajaan hanya bisa meminjam 3 tiara (diluar jewelry lainnya) untuk dipakai saat melakukan tugas kerajaan. Dan Queen Mary Lover's Knot Tiara adalah tiara yang dipilih oleh Lady Diana Spencer dan Princess Katherine of Wales 😍.



PRINCESS SOFIA'S PALMETTE TIARA

Princess Sofia's Palmette Tiara adalah hadiah pernikahan Sofia Hellqvist dan Prince Carl Philip (Swedia) dari King Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia. Sebagai princess baru (karena rakyat biasa yang tenctunya nggak memiliki tiara 😉) Princess Sofia sering menggunakan Palmette Tiara saat melakukan tugas kerajaan. Aku nggak menemukan siapa jeweler yang membuat Palmette Tiara ini, kemungkinan jeweler yang memang udah terbiasa membuat jewelry untuk keluarga kerajaan.

Palmette Tiara adalah tiara yang desainnya terinspirasi dari daun palem (yang lebih mirip monstera?! 😅) dengan topper berlian dan zamrud berukuran gradien yang diambil dari kalung yang dihadiahkan oleh pangeran Thailand. Yang kusuka dari Palmette Tiara ini adalah topper-nya yang bisa diganti-ganti, kadang pake berlian, kadang pake zamrud, kadang pake mutiara. Menyesuaikan dengan outfit dan make up-nya, sungguh sangat sustainable ✨👌🏻.

atas: versi asli Palmette Tiara, bawah versi modifikasi Palmette Tiara



MELLERIO SHELL TIARA

Mellerio Shell Tiara adalah hadiah pernikahan Infanta Isabella dan Pangeran Gaetan (Two Sicilies) dari Ratu Isabella II (Spanyol). Mellerio Shell Tiara didesain oleh Oscar Massin (Belgia) dari Mellerio dits Meller (Prancis). Karena Infanta Isabel nggak memiliki keturunan, ia mewariskan sebagian besar perhiasannya termasuk Mellerio Shell Tiara ini kepada keponakannya, Raja Alfonso XIII (Spanyol). Saat ini Mellerio Shell Tiara dimiliki oleh Ratu Sofia yeng merupakan ibu dari Raja Felipe IV, dan dipinjamkan kepada Letizia.

Mellerio Shell Tiara adalah tiara yang didesain menyerupai ombak sekaligus cangkang kerang, dengan 7 mutiara berukuran gradien dan berlian yang so shiny so jinny oh jinny... 🧞‍♀️✨. Di tengah tiara terdapat 1 berlian tambahan yang bisa dilepas pasang, sayangnya saat ini berlian tambahan tersebut udah jarang digunakan. Mutiara dan berlian yang dipasang menggantung di tiara menciptakan efek beriak saat pemakainya bergerak. Kewren banget yekan 😍.

Mellerio Shell Tiara ini cucok untuk tatanan rambut berombak

PRINCESS ASTRID RUBY AIGRETTE TIARA

Princess Astrid Ruby Aigrette Tiara adalah tiara hadiah pernikahan Queen Maud (Inggris) dan Haakon VII (Norwegia) dari teman-temannya di tahun 1954. Ruby Aigrette Tiara diwariskan oleh Queen Maud kepada cucunya Princess Astrid yang merupakan kakak dari King Harald V of Norway. Ruby Aigrette Tiara termasuk tiara yang jarang digunakan karena desainnya yang agak offside 😅, karenanya aku nggak bisa menemukan gambar terbaru dari Ruby Aigrette Tiara.

Ruby Aigrette Tiara adalah tiara yang didesain untuk dipasangkan dengan bulu-bulu ala Great Gatsby, makanya ketika dipake polosan berevolusi jadi antena Mantis 🦗. Aigrette adalah istilah Prancis untuk kuntul merujuk pada bulu-bulu di bagian kepala burung kuntul yang menjurai. Meski desainnya yang agak offside kurasa Princess Astrid Ruby Aigrette Tiara adalah salah satu tiara yang menarique, kalau dipasangkan dengan bulu-bulu mungkin akan terlihat cakep, sayangnya belum ada princess yang berani pake di acara publik 🙃.



GOLDEN POPPIES TIARA

Golden Poppies Tiara adalah tiara yang digagas oleh Queen Margrethe II pada tahun 1976, ia mempercayakan pembuatannya kepada Arje Griegst. Karena usianya yang masih muda Golden Poppies Tiara hanya digunakan oleh Queen Margethe, tapi pernah kok dipinjam oleh Queen Mary. Well… mengingat saat ini Queen Mary udah resmi menjadi Ratu Denmark ada kemungkinan Golden Poppies Tiara nantinya dipake oleh Princess Isabel dan Princess Josephine ❤️.

Golden Poppies Tiara adalah semi tiara yang didesain ala sirkam yang disematkan di sanggul, bukan tiara konvensional yang menjulang ke angkasa atas. Semua bunga Poppy di Golden Poppy Tiara terbuat dari emas yang ditempa dengan berlian dan mutiara sebagai putiknya. Kurasa Golden Poppies Tiara ini akan cocok digunakan oleh Princess Isabel dan Princess Josephine karena tone kulit dan rambut mereka yang lebih berwarna, desainnya pun lebih fresh ketimbang tiara lainnya.

yekan... warna emas kurang cocok untuk orang Eropa

Vogue Magazine

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~