Pracimasana di Pracima Tuin

by - August 30, 2023


Telah sampailah kita pada tujuan sebenarnya mengapa kita main ke Solo…

Kalau kalyan adalah followers-nya Rania Yamin atau pernah menonton liputan pernikahannya Kaesang dan Erina Gudono, mestinya udah nggak asing dengan Pracima Tuin. Apalagi kalau kalyan adalah TikTokers (yang lebih demen nonton ketimbang bikin video 😆) pasti pernah nyelip di FYP-nya video tentang rang-o-rang yang mengunjungi Pracima Tuin, entah untuk makan di Pracimasana atau sekedar berfoto dengan vibes ala puteri keraton.

FYP-ku dan Icunk (Deya nggak pake TikTok 😆) tentcunya nggak mau ketinggalan dongs, Pracima Tuin lagi Pracima Tuin lagi. Dari yang amazed karena konsep bangunannya yang cantik, sampai yang gregetan karena bisa-bisanya rang-o-rang bikin video tapi nggak menuliskan review lengkap nama menu dan rasa makanan yang dicicipi di Pracima Tuin. Please kasih tahu gimana review-nya wahai netizen… biar nggak salah order haha

Pracimasana adalah fine dining restaurant yang menyajikan menu-menu khas Mangkunegaran yang menjadi favoritosnya para sultan terdahulu. Pracimasana ini berlokasi di Pracima Tuin (Taman Barat) yang berada sisi barat Pura Mangkunegaran. Kalau kalyan ingin jalan-jalan atau sekedar berfoto di Pracima Tuin tanpa makan di Pracimasana bisa kok namun ada fee entry-nya, 20K untuk wisdom dan 40K untuk wisman Untuk kalyan yang membawa kendaraan tyda udah khawatir karena parkirannya lega.


PRACIMASANA

Demi kenyamanan bersama Pracimasana memberlakukan reservasi yang bisa diakses via IG-nya, di lamannya kita bisa memilih tanggal dan waktu yang diinginkan. Untuk T&C-nya sih standar ya, kita dikasih waktu 90 menit sejak kedatangan dan ada minimal order 100K/orang (diluar tax and service). Biar lebih leluasa kita reservasi di H-sebulan dongs… Oh ya, menu yang di-share di IG kurang update, lebih update yang ada di buku menu.

Kalau kalyan muslim jangan ragu untuk menanyakan komposisi makanan/minuman ke mb dan mas yang bertugas, karena ternyata ada beberapa menu yang menggunakan wine dalam proses pembuatannya. Untuk dessert kita bisa memilih; langsung disajikan dengan main course atau disajikan terpisah setelah main course selesai. Sambil menunggu order-an disajikan kita dipersilakan untuk berfoto di seluruh area Pracimasana.







bentar sis, ini menu kenapa beda...

biar kalyan tahu, aku punya teman

Karena masih kenyang pasca makan Selat Solo, kita sepakat untuk memilih menu hiburan yang sifatnya berchandyaaa 😅 Nggak deng… Kita sengaja memilih menu non karbo karena berencana untuk makan Gudeg Yu… siapa gitu nanti malam. Semua menu yang ada di Pracimasana udah melalui penyesuaian rasa dan rupa biar bisa relate dengan palette lidah netizen masa kini.

Yang kita order di Pracimasana

BRUBUS 35K 
Kalau kalyan sering nonton konten resep mudah untuk anak kost pasti langsung ngeh bahwa Brubus adalah si Sawi Putih Kukus Isi Daging. Bedanya, Brubus adalah makanan favoritosnya K. G. P. A. A. Mangkunegaran VII yang terbuat daging cincang dan rempah pilihan yang dimasak pake kuah santan, sedang Sawi Putih Kukus Isi Daging adalah makanan favoritosnya anak kost di awal bulan yang terbuat dari daging cincang supermarket dan bumbu instan yang dimasak pake panci listrik aesthetic.


URAP PITHIK LINTING 30K 
Bedanya dengan Urap rakyat jelita, Urap Pithik Linting ini menggunakan ayam yang disuwir-suwir yang nantinya melinting sendiri saat proses pemasakan. Isian Urapnya adalah parutan kelapa, bunga turi, daun kenikir, tauge, buncis, kecombrang dan petai cina (atau selong atau bandara). Untukku, Urap Pithik Linting ini adalah versi fancy-nya Botok Selong (masih keluarga Urap kan? 😅) meski menarik secara visual rasanya sendiri bertabrakan sebab masing-masing elemen memiliki karakter rasa yang kuat


DADAR JAGUNG 25K
Sebagai sobi gorengan, belum afdhol rasanya kalau makan nggak ada gorang-gorengnya yekan *padahal tadi udah makan Mendoan 😁. Sayangnya ekspektasi kita akan Dadar Jagung ini ketinggian, untuk teksturnya udah pas dan kematangannya pun udah merata, crunchy. Cuma… entah adonannya yang pake santan atau digorengnya pake minyak kelapa, untukku after taste-nya kurang ngenakin di tenggorokan, jadi eneg aja gitu meski udah bolak balik minum 😅.


SOP JAMUR KENTHEL 55K
Aku nggak tahu Sop Jamur Kenthel ini favoritosnya siapa, namun aku sih yes ya hehe Kalau kalyan suka jamur serta olahan turunannya, kurekomendasikan Sop Jamur Kenthel ini di Pracimasana. Tekstur sopnya yang macem bubur mungkin akan terasa asing di lidah, begitu pun dengan aromanya yang jamur banget, sedang rasanya ada hint gosongnya. Akhirul kalam, aku hanya bisa bilang bahwa Sop Jamur Kenthel ini not everyone’s favorite, tapi kalau penasaran silakan dicoba 😊.


PUDING ROTI MENTEGA 65K
Diantara semua order-an kita di Pracimasana, yang paling okay di malah dessert-nya. Setelah lidah kita bolak balik dibilas santan yang bikin eneg, kehadiran Puding Roti Mentega sebagai penutup beneran bisa bikin nyesss… adem guise 😆 Puding Roti Mentrga menjadi satu-satunya menu yang kita (bukan Tasya Farasya yaini 😅) approved, rasa manisnya nggak berlebihan dan teksturnya yang familiar bikin lidah kita nyaman seketika. Agak menyesal, mengapa tadi kita nggak order Panacotta Tape-nya sekalian 🥲.


PAREANOM 35K
Terbuat dari jeruk baby java, jeruk siyem madu, jeruk lemon dan sate kolang kaling, kesan pertama saat melihat minuman ini: Muhammadiyah banget. Kubilang begini karena warnanya mengingatkanku pada bendera Muhammadiyah yang ada di kelas 😝.

SINOM 25K
Terbuat dari daun Asam yang masih muda, gula jawa dan gula pasir. Lupa lagi lagi rasanya gimana karena nyicip punya Deya.

ES RUJAK 25K
Terbuat dari rujak pedas yang dikasih air, nggak kurekomendasikan bagi kalyan yang kalau beli Seblak milihnya level 0. Pedasnya (bukan panasnya) bikin tenggorokan dan perut kaget seketika. Nggak ada yang mau menghabiskan minuman ini.

TEH PRACIMASANA 30K
Terbuat dari secang, kayu manis, cengkih, jeruk nipis dan madu yang lebih nikmeh diminum saat dingin. Pertama kali mencoba kok rasanya kecut-kecut seret, eh ternyata gulanya nggak teraduk huhu 😅. So far, aroma minumannya wangi meski rasanya didominasi oleh secang yang syelalu ada di Wedang Uwuh.


Kepada kalyan yang penasaran gimana rasanya makan ala Mangkunegaran di Pracimasana, well… aku mesti bilang bahwa they are not everyone’s cup. Meski udah udah melalui penyesuaian rasa dan rupa, tetap masih belum bisa menjangkau kita yang terbiasa gadoin micin 😅. Semua elemen memiliki karakter rasa yang kuat dan berlomba untuk tampil, jadi saat sampai di lidah semuanya bertabrakan dan bikin bingung, mau dibawa kemana rasa ini… 😆 IMHO, aku kurang cocok dengan penggunaan santan hampir di semua menu, terasa too much, tapi ini hanya untukku aja sih.

Yha~ sebagai rakyat jelita yang sama-sama berdarah biru (karena piking nu aing 🐯) kita mesti mengakui bahwa pengalaman makan ala Mangkunegaran adalah pengalaman makan yang menyenangkan meski kurang coy.

⏰ 10:00 – 21:00
📍 Istana Mangkunegaran Solo Jl. RA Kartini, Timuran, Kec. Banjarsari Surakarta

PRACIMA TUIN

Setelah selesai kita memutuskan untuk berjalan-jalan di Pracima Tuin yang saat itu sedang sepi karena hanash, tamannya bersih dan rapi, cucok laya untuk foto grup pake dress code. 


pertanyaan Icunk: kalau kodoknya dicium bakal berubah jadi pangeran nggak?







You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~