Tetangga Masa Gitu

by - July 08, 2023

sumber

Hello~

Udah beberapa hari ini aku rewatch sitkom Tetangga Masa Gitu di Youtube-nya NETverse, bukan karena udah nggak tahu mesti nonton apa lagi melainkan karena obrolan random saat aku, Icunk dan Deya makan Mie Baso Soun Lodaya. Lupa lagi ngobrolin apa awalnya, namun ujung-ujungnya kita malah ngobrolin kelakuannya Mas Adi yang semakin hari semakin mirip dengan kita 😆.

Aku menonton Tetangga Masa Gitu sejak episode awal, happy to say that finally we have that kind of sitcom. Ketimbang Bajaj Bajuri dan OK Jek yang memiliki berbagai karakter dan problematika, Tetangga Masa Gitu hanya memiliki 4 karakter aja, problematikanya nggak jauh dari adab bertetangga dan hubungan antar manusia yang baru terasa relate saat ini 🥲. Yha~ aku baru menyadari Tetangga Masa gitu adalah tontonan yang asyik malah saat sitcom-nya berhenti tayang 😅.

Saat nganggur aku pernah mengikuti kelas prosesing (membuat rengginang singkong, minuman kunyit jahe, kacang telur dll) yang didominasi oleh buibu. Diantara banyaknya obrolan random ada salah satu obrolan yang masih kuingat sampai kini;

B: Tari, kamu suka nonton Tetangga Masa Gitu nggak?
A: Iya bu, kenapa?
B: Kamu suka couple yang mana? Mas Adi dan Mbak Angel atau Bastian dan Bintang? Aku sih sukanya Mbak Angel…
A: Bastian dan Bintang-lah 🤭
B: Kamu tahu nggak sih… kamu tuh suka Bastian dan Bintang karena kamu masih muda, kalau kamu udah berumur dan berumah tangga kaya aku mah pasti sukanya Mas Adi – Mbak Angel.

Sejujurnya, aku memilih Bastian dan Bintang bukan karena aku merasa relate dengan hubungannya yang menye-menye romantis melainkan karena sebel banget kenapa Mas Adi bisa-bisanya menikah dengan Mbak Angel. Nggak rela aja gitu… Mbak Angel terlalu wow untuk Mas Adi yang absurd dan nyebelin 🥺, wah ini… Beneran tetangga masa gitu yekan…

Mungkin saya baru kenal kalian baru sehari ya... tapi saya sudah menikah dengan istri saya sejak kalian SD, dan pernikahan itu tidak semudah yang ada di kepala kamu anak muda...
Tetangga Masa Gitu S01E01 part 1 - Rumah Baru dan Meja Pingpong

Line pembuka ini udah menjelaskan big picture yang ingin disampaikan oleh Tetangga Masa Gitu, bahwa pernikahan bukan hal yang mudah dan bukan untuk semua orang. So… enjoy your opinion melalui 2 pasangan bertetangga dengan gap usia pernikahan yang berbeda 😂. Juwara banget yaini yang bikin Tetangga Masa Gitu, bisa-bisanya kepikiran menciptakan karakter dan situesyen yang akhirnya relate dengan audience.

Ada masanya, ketika aku berpikir bahwa karakter di sitcom Tetangga Masa Gitu memang diciptakan sesuai dengan karakter aktor dan aktrisnya di kehidupan nyata. Mas Adi adalah Dwi Sasono. Mbak Angel adalah Sophia Latjuba. Bastian adalah Deva Mahenra. Bintang adalah Chelsea Islan.

Dulu aku sebel banget dengan Mas Adi, si guru seni yang introvert dan sering insecure perkara gaji yang cuma segitu-gitunya. Nggak habis thinking mengapa Mbak Angel, si lawyer seksehhh nan hemat itu mau-maunya menerima Mas Adi. Kenawhy mbak? Kenawhy? Kenawhy? *pake echo 🔊Apakah udah nggak ada yang naksir lagi?

Tapi kini aku malah merasa relate dengan Mas Adi dan Mbak Angel (ini konteksnya sebagai manusia dewasa ya, bukan sebagai pasangan menikah, kan kita belum menikah *elahhh 😅). Saat ini kita udah mencapai fase dimana kita enjoy berada di rumah meski nggak ngapa-ngapain, berusaha bersikap realistis dan berpikir positif saat menghadapi kenyataan, mampu berkompromi dengan kebiasaan-kebiasaan absurd satu sama lain, tetap santuy dengan pilihan hidup yang dijalani.

Lupakan Bastian dan Bintang, Mas Adi dan Mbak Angel adalah kita saat ini…

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~