Ramadan Lagi

by - May 20, 2023


Assalamualaikum ya akhi ya ukhti… Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan.

Bagaimana Ramadan kalyan? Teuteup asyik atau malah B aja? So far, Ramadan-ku nggak jauh berbeda dengan Ramadan tahun lalu, tentcunya ini bukanlah hal yang bisa kubanggakan ya 🥺. Kadang kepikiran aja kenapa belakangan ini hidupku seputar memburu, diburu dan terburu-buru padahal aku sukanya santai malah kadang mageran 😁.

Di bulan Ramadan udah pasti retail macem kantorku mah marema, makanya kadang ikut lembur nge-packing paketnya warga +62 yang udah ngebet ingin pake sepatu baru saat lebaran. Inget banget tahun lalu aku packing-nya pake acara diukur-ukur dan selotipnya dibagus-bagusin, sekarang mah yang penting barangnya benar dan ada nomor resinya 🤭. Kurasa kecepatan packing-ku udah meningkat ketimbang tahun lalu, tapi tetap ya baliknya kita pada sakit pinggang.

Kalau tahun lalu aku selalu sahur mepet-mepet ke imsak biar nggak tidur lagi, tahun ini mah nggak sanggup ya hamba… meski udah sahur mepet-mepet ke imsak, aku tetap butuh tidur minimal 1 jam setelah sholat shubuh. Makanya aku ngantor dengan keadaan yang kuyu karena nyawanya belum sepenuhnya ngumpul, bisa sih nggak tidur dulu tapi nanti aku pasti sakit kepala. Wes tuwek…

Gegara hectic dengan kerjaan masing-masing, wacana bukber baru tercetus di minggu-minggu terakhir Ramadan. Ofkors tempat-tempat ideal bukber udah full booked karena antusiasme warga +62 yang akhirnya merasakan lagi euphoria Ramadan pasca pandemic. Happy to say that we are bring back Ramadan vibes into our house… saking excited-nya rang-o-rang mendekor rumahnya ala timur tengah, yha~ aku mah bagian nontonin videonya 😂.

Bukberku tahun ini didominasi oleh Icunk 😆 mumpung masih ada di Bandung yekan, siapa tahu tahun depan mah kita bukber virtual lintas benua 😝.

BUKBER (TEMAN) KANTOR

Setelah mencari kesana kesini akhirnya bukber kantor diadakan di Armor Urban Coffee, menuju akhir Ramadan mah udah nggak banyak pilihan yekan 😅. Salah satu pertimbangan kita memilih untuk bukber di Armor Urban Coffee adalah karena tempatnya berada di tengah-tengah antara kantor offline dan kantor online, jadi insya allah pada keburu bukbernya.

Mungkin karena saat itu lagi ada banyak bukber alhasil kita mendapatkan pengalaman bukber yang kurang memuaskan. Sebagian menu nggak keluar saat waktunya berbuka sebagimana ekspektasi kita, setelah complain berkali-kali barulah menu tersebut diantarkan ke meja pake wadah kertas… oh ternyata piringnya yang belum ada 😂. Begitu pun dengan minumannya, sebagian pake gelas beling macem di foto IG sebagian lagi pake cup plastic.

Untuk rasanya sih B aja ya dan aku pun isokey karena sadar Armor Urban Coffee ini bukan tempat makan enak macem Imah Babaturan melainkan tempat nongkrong. Unwritten rules-nya perkulineran di Bandung: kalau makanannya enak tempatnya B aja dan kalau tempatnya aesthsetic makanannya B aja. Untuk tempatnya sih memang okey, sangat memadai untuk bukber atau acara-acara lainnya, parkirannya pun luas.

meja sebelah yang well prepared

100K udah termasuk tax & service

yang akhirnya di-take away

BUKBER ICUNK part 1

Aku sempat bertemu dengan Icunk dan Lisna yang lagi healing setitik di Bandung, karena Bandung so pasti macet kita memutuskan untuk sekalian join the hype dengan ngebuburit di Braga. Yha~ kemana lagi kalau bukan ke Feel Matcha wkwkwk Dari sana kita lanjut sholat di BCW (yang musholla-nya nggak kurekomendasikan 😌) dan menutup hari dengan makan di Kastsunyaka depan Sarinah, tyda perlu waiting list karena paginya kita udah reservasi 👍🏻.



BUKBER ICUNK part 2

Aku sempat ketemuan dengan Icunk di Baltos sebab ingin mencari kerudung yang matching dengan baju lebaran mama pun nitip bergo spandek yang ada pad-nya, susah susah gampang yaini karena udah nggak musim lagi. Dari Baltos kita ke Javan Steak karena ingin mengenang masa lalu saat pilihan makan steak (yang bukan dengan orang tua) mentok di Waroeng Steak, Javan Steak dan Moen-Moen 😂. Meski tahun berlalu, Javan Steak nggak banyak berubah, bahkan layout-nya pun masih gitu-gitu aja. Setelah berbuka dengan makanan berat *astagfirullah ukhti  🙏🏻 kita caw ke J.Co dan melanjutkan obrolan yang nggak ada habisnya.



BUKBER ICUNK part 3

Hampir setiap Ramadan aku dan Icunk pasti menyempatkan diri ke TSM, selain karena lokasinya yang berada di tengah-tengah kosan kita, ada beberapa tenant yang byasanya kita incar. Dan seperti tahun-tahun yang lalu, kita jajan gorengan di Old Chang Kee, nge-war sholat di musholla-nya yang nggak begitu luas, dan makan kemalaman sambil ngobrolin barang yang akan atau udah kita beli saat itu.

Nasi Campur Kedai Wardhani

BUKBER BESTIE

Byasanya bukber minggu-minggu pertengahan atau akhir mah udah di-booking duluan sama teman kantor dan keluarga yekan, makanya bukber dengan teman seangkatanku memilih untuk bukber di awal Ramadan. Nah, tumben-tumbenan WAG sepi dan baru mulai bangun menjelang akhir Ramadan, lokasi bukber tahun ini di rumah RV di Rancaekek.

Sadar diri Rancakekek teh jauh, kita berangkat lebih awal sekitar jam 4 sore karena Deya mesti nge-pick aku, Memed + Ijal dan Icunk di sepanjang jalur Soekarno-Hatta. Macetnya Bandung Timur menuju waktu berbuka nggak memungkinkan kita sampai tepat waktu, jadilah kita bukber di mobil. Mungkin karena masih belum puas ngobrol, pulang bukber kita nyangkut di Bakso Murni.


***

Tahun ini kita masih ber-Idul Fitri di rumah Mbah, Widy dan Bagus baru akan datang saat Idul Fitri di hari ke 2-3 cie… cie… cie… tercapai juga resolusi doi ber-Idul Fitri bersama keluarga baru 😂. Sezuzurnya daku lelah ya bund, malamnya sampai ke rumah eh paginya udah mesti ke rumah Mbah. Aku pulang ke rumah inginnya istirahat, beberes dan rebahan karena sedang lelah menjalani hidup 🥺.

Tahun ini kita kembali mengalami 2 kali Idul Fitri, keluargaku pun terbelah antara Muhammadiyah dan Pemerintah.

Sebagai warga Muhammadiyah (karena pernah sekolah di DA 😅), aku berencana ikut sholat sunnah Idul Fitri bersama uwak dan sepupuku. Kita berangkat pagi namun saat sampai di lokasi kita cengo dongs karena sholatnya udah bubar 😂, kemudian kita pindah ke lokasi lain eh sama udah bubar juga 😅. Yaudalaya… kita pulang ke rumah Mbah, makan ketupat dan opor lalu memisahkan diri, ber-Idul Fitri mandiri. Keesokan harinya, aku dan uwakku ikut sholat sunnah Idul Fitri bersama pemerintah.

***

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~