Things I Missed and Reset

by - December 28, 2022


FYI. Tadinya aku ingin menulis post tentang mid round up, semacam rekap akhir semester 1 di tahun 2022, tapi karena susah banget menyelesaikannya kujadikan annual post di penghujung tahun.

Hello~

Post ini adalah reminder bahwa kita udah melewati tahun 2022, tahun yang lambat sekaligus nggak terduga. Banyak rencanaku yang berubah menjadi wacana, udah nggak terhitung pula berapa banyak task-ku yang mesti di delete 🥺.

Yha~ time management-ku udah porak poranda, kamarku kini sering berantakan, yagimana... Banyak banget hal yang mesti dikerjakan tapi waktunya nggak cukup. Kadang aku merasa sedang kembali ke masa sekolah dan kuliah yang membuatku ingin extend hari saking nggak ke-handle-nya. Dear Professor MacGonnagal, kasih aku jam pasir pembalik waktunya macem punyanya Hermione 🙏🏻.

Karena libur official-ku hanya di hari sabtu minggu, byasanya aku memadatkan hal-hal yang ingin kulakukan dalam 2 hari itu, tapi... Ada aja hambatannya. Tiba-tiba demam. Tiba-tiba mesti ke ke luar kota. Tiba-tiba flu, tiba-tiba nonton. Tiba-tiba kacamata patah, tiba-tiba batuk berkepanjangan, hadehhh... Bahkan liburku terdistraksi sana sini. Plis dwehhh itu to do list mau diceklis kapan? 🥲.

Sebagaimana warga +62 yang hobby-nya rebahan dan scroll sana sini, kadang aku merasa takjub kepada rang-o-rang yang terlihat (atau memperlihatkan) punya stok energi yang melimpah. Ada aja progress dan achievement yang di-post, aku nggak iri yaini karena sejujurnya aku pun turut bersuka cita untuk hal-hal baik yang terjadi di kehidupan mereka. Namun…

Dear my beloved friends.... Where you've got that energy?

Mungkin aku terlalu lama berada di zona nyaman sehingga aku butuh waktu (lebih lama)untuk beradaptasi dan menemukan flow yang sesuai. Menemukan flow dalam masa adaptasi mungkin terdengar menantang, nyatanya perjalananku nggak semulus konsep yang kurencanakan di kepala ya karena ada fase trial and error yang mesti dilewati.

Kalau di Harry Potter mah udah macem dikecup dementor ya… energiku terkuras dan kebahagiaanku menguap.

Karena sadar kemampuanku (dalam mencapai goals) agak terbatas aku memutuskan fokus pada hal-hal yang ada dalam jangkauan dan bisa kukerjakan. At least untuk saat ini. Aku memilih untuk lebih meng-appreciate hal-hal yang ada disekitarku, mencoba untuk lebih peka dan menyamankan diri.

Biar nggak kelamaan intro-nya markicek calyfedoscpe-ku tahun ini, yang kususun berdasarkan mood.

GAGAL MOVE ON FOKUS

Pada dasarnya aku memang mudah terdistraksi, tapi tahun ini agak lain gagal fokusnya haha Kurasa hal ini terjadi karena ada banyak hal yang terjadi di kepalaku namun belum sempat diekstraksikan, dientaskan, dieksekusi atau apalah itu istilahnya. Macem aku butuh waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaanku agar aku bisa segera menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Ketimbang multitasking aku merasa lebih cocok untuk monotasking karena aku lebih suka menyelesaikan pekerjaan secara berurutan dan selesai. Sialnya, hal ini juga yang menghambatku saat ini karena ketika aku mesti berpindah fokus pikiranku masih tertinggal dan ujung-ujungnya membuatku KZL sendiri 😅.

Beberapa minggu yang lalu tim produksi mengabari ada material baru bernama Patio yang bisa kugunakan, aku udah melihat rupanya, merasa teksurnya dan memiliki bayangan desain apa yang cocok untuk material ini. Entah kenapa setiap kali aku mendesain material tersebut kutulis sebagai Prito, Paito bahkan Parto meski kutahu namanya Patio 😭.

Sabun mandi dan shampoo-ku menggunakan botol pump atas nama kemudahan, sayanganya gegara gagal fokus aku sering salah pencet huhuhu Niatnya mau pake sabun mandi tapi yang dipencet botol shampoo, kan hadehhh… padahal bentuk dan warna botolnya pun berbeda 😭.

LUPA LUPA LUPA

Sebagaimana warga +62 yang menggunakan 2 SIM card di smartphone (1 untuk nomor utama dan 1 untuk kuota *karena jangkauan sinyal bergantung amalan 🥲) aku nggak ngeh bahwa nomor ku udah melewati masa tenggang dan auto dinonaktifkan. Selama ini aku sans aja karena masih bisa mempergunakan WA, begitu ingin men-subscribe Disney+ aku baru sadar nomorku udah nggak bisa digunakan.

Membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk mengganti nomor kontak di akun-akun yang kumiliki, yha~ aku tahu ini terkesan lebay, tapi percayalah yeoreobun mengganti nomor kontak itu menyita waktu, pulsa dan tenaga. Tapi… karena hal ini aku jadi berkesempatan untuk memperbaharui list akun beserta e-mail yang ditautkan, otakku udah nggak mampu mengingat semuanya makanya kubikin list.

Eh. Kalyan bikin juga nggak? Kusarankan sih bikin ya karena we never know what will happen… 😁.

Mengatur ulang e-mail yang mungkin terliat sepele namun nyatanya menyita waktu, entah karena lupa password, menunggu kode OTP dikirimkan atau enebak-nebak e-mail mana yang kugunakan untuk registrasi. Lelah daku… 😟.

UNLOCKED SKILL: Pasang screen protector di smartphone

Yha~ aku belum pernah mengganti screen protector dan silicon case smartphone-ku sejak pertama kali membelinya, selama masih bisa dipake ya pake terus, push until the limit. Kemarin kuganti karena screen protector-nya udah mengelupas dan case smartphone-nya udah menguning nggak bisa diselamatkan. Meski udah berkali-kali melihat aa-aa mengganti screen protector aku tetap butuh bantuan YouTube, well… hari gini apa sih yang nggak ada tutorial-nya di YouTube.


BEHANCE (UPDATE)

As we all known… awal tahun ini aku resmi ngantor, udah nggak remote lagi kerjanya. Selama masa transisi itulah aku kembali meng-update portfolio dan menemukan bahwa laman Behance-ku apeu banget 😁. Awalnya kukira urusan Behance ini akan beres dalam kurun 1 minggu aja, eh ternyata molor menjadi 1 bulan, 3 bulan bahkan setahun.

Mungkin gegara aku terbiasa menulis (di blog) selalu ada keinginan untuk membuat audience-ku nyaman dan faham saat melihat/membaca portfolio-ku. Aku mesti mengakui, ini adalah part yang sulit karena aku mesti kembali memilah dan memilih bagian mana dari project-ku yang ingin di-publish, apalagi kalau materinya udah berceceran atau lenyap.

This is how I spent weekend… Kalau lagi nggak kemana-mana byasanya aku akan meng-update Behance-ku, alasan yang sama mengapa blog post-ku sering terlambat wkwkwk Sejujurnya, yang membuat update Behance-ku molor adalah keinginan untuk membuatnya rapi dan enak dipandang. Udah nggak terhitung berapa kali aku mengganti template-nya, entah itu karena ukurannya, fotonya, font-nya. Aku selalu menemukan celah revisi setiap kali membuka laman Behance. Ada yang begini juga?

Always on process, tapi kalau mau mampir ini laman Behance-nya.

BLOG (UPDATE)

Ini mah nggak usah ditanya lagi ya… Aku selalu menyempatkan waktu untuk memikirkan post apa yang akan kutulis, sayangnya (lagi) distraksi duniawi membuatku kesulitan untuk mengeksekusinya. Kalau gabut, aku sering membaca ulang post-ku yang lalu-lalu, kadang geli sendiri dengan apa yang ada di dipikiranku sampai bisa menulis hal seperti itu 😆.

Karena rajin throwback itulah aku jadi sadar ada banyak hal yang mesti dibenahi di blog-ku, diantaranya adalah kualitas foto yang seadanya, inkonsistensi penggunaan tanda baca, broken link dan monetize ulang. Aku melakukan kesalahan dengan menghapus monetize blog karena nggak tahu bisa menghasilkan, ternyata setelah dicek malah ada saldonya, kan monangesss… 🥲.

Sebagian post ku-update, agar lebih menyesuaikan dengan situesyen terkini, berikut dengan fotonya yang kutambahkan. Setelah berpikir, berpikir dan berpikir sayang aja gitu kalau foto-foto yang kupunya nggak kubagikan, toh salah satu tujuanku mengambil foto adalah untuk dibagikan. Untuk post yang udah ku-update bisa dicari sendiri ya… dan aku nggak membuat label khusus untuknya.

SMALL WINS

- Bangun pagi karena mesti qerja… qerja… qerja… 🎠
- Menyiapkan pakaian kerja (atasan, bahan dan kerudung) untuk seminggu, jadi bisa sat set
- Me-manage income yang tentcunya berbeza dari byasanya, but hey… I survived! 👊🏻😅
- Jam 21.00 udah ngantuks

WHAT MAKES ME HAPPY

- Tiktok
- Screen time-ku tahun ini didominasi oleh TikTok, apalagi kalau bukan gegara nontonin Tante Lala live dan mencari referensi jajajan ashek. Live capit-capit juga seru, ingin ikutan beli tapi terhalang fatwa MUI, gimana dong bestie 😆.
- Kembali ke bioskop
Tahun ini aku kembali aktif mengunjungi bioskop, lha~ tinggal ngesot secara beda blok.
- Youtube Vincent & Desta
Pertandingan penting tahun ini aku saksikan dari YouTube-nya Vincent & Desta, juwara banget laini event-nya. Meski bertujuan untuk having fun acaranya dieksekusi secara serius.

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~