Sekitar Kurdi dan Inhoftank

by - October 15, 2018

Untuk membuat weekend mager ini menjadi agak berfaedah, kali ini aku akan mereview beberapa tempat makanan dan minuman di daerah sekitar Kurdi dan Inhoftank, yang pernah kucoba dan kupikir worth to try (if you wanna). Karena daerah sekitar Kurdi dan Inhoftank ini adalah daerah pemukiman (lumayan) padat maka pastinya ada banyak tempat makanan dan minuman yang menunggu untuk dilirik. Dilirik doang tapi dibeli kagak haha 😂😂😂

So, kalau kalyan-kalyan tinggal dan bekerja di daerah sekitar Kurdi dan Inhoftank, suka googling tempat makan enak di Kurdi atau Inhoftank tapi nggak nemu review yang relevan dan sering galau mikirin ; mau makan / jajan apa ya hari ini 🤔

I made this for you guys ... 😉

Vitasari Bakery ★★★
Mulai dari Rp. 1500 

Belum sah ke Kurdi kalau belum mampir ke Vitasari ya, toko roti dan kue ini selalu ramai seolah nggak pernah kekurangan pembeli. Selain menyediakan aneka roti mereka juga menjual aneka kue basah, makanya jangan heran kalau pagi-pagi disini suka macet 😫 karena biasanya orang-orang lagi pada mengambil snack untuk meeting atau pengajian. Oh iya Vitasari ini self service ya jadi kadang kalau lagi penuh suka desek-desekan meski space antar rak lumayan luas.

Yang menjadi incaran di Vitasari adalah Roti Kulit Nangka, kadang kita sampai harus nunggu-nunggu saking cepet abisnya. Ada 2 varian rasa roti kulit nangka yakni keju cokelat dan pandan keju, dua-duanya enak kok apalagi kalau dimakan saat masih hangat. Tapi aku malah lebih suka kue basahnya ketimbang rotinya 💘 FYI. Di Vitasari hanya sebagian yang tertera harganya selebihnya bisa diketahui dari struk pembelian, kadang suka zonk juga ini haha 😂

Bread.co ★★
Mulai dari Rp. 2500
Untuk rasa rotinya sih standar, cukup sepadan dengan harganya yang terbilang murah dan sering diskon. Selain menyediakan aneka roti dan (birthday) cake, Bread.co juga menyediakan aneka kue kering, pizza dan nasi bakar (kali aja pada mau bekel). Kalau Vitasari punya Roti Kulit Nangka maka Bread.co punya pisang molen, kadang kita sampai harus nunggu-nunggu saking cepet abisnya.

Tapi nggak usah khawatir mati gaya ya karena Bread.co menyediakan area tunggu di lantai 2 dan di teras, jadi kita bisa menunggu sambil nontonin orang-orang haha 😂 FYI. Bread.co ini menjadi salah satu tempat favorite untuk pick up / drop point ojol. Selain itu hanya tersisa sedikit area parkir untuk motor (dan ½ badan mobil) tanpa jukir liar 👌.

± Rp. 15.000
Karedok-Lotek-Rujak-Gado-Gado ini belum ada nama dagangnya ya, tapi gerobaknya selalu mangkal di depan ruko di samping Indomaret Kurdi. Yang jualannya 2 orang mamak-mamak yang kompak dan cekatan banget ngulek bumbu kacangnya wkwk Karena nggak menyewa ruko macem Ayam Geprek Chicago, bagi yang ingin makan di tempat disediakan kursi-kursi plastik tanpa meja di belakang gerobaknya, selebihnya lebih memilih untuk dibungkus.

Salah satu kelebihan Karedok-Lotek-Rujak-Gado-Gado ini adalah bumbu kacangnya yang leqoh (sampai terasa gula merahnya), sayuran dan buah-buahannya pun selalu fresh. Porsinya cukup banyak untuk dimakan sendiri, kalau nggak lagi lapar-lapar banget nggak disarankan untuk pake nasi, mending pake lontong haha 😂 Tapi kalau memang lagi ingin pake nasi mending dibagi 2 aja deh ...

Rp. 15.000 – Rp. 20.000

Seperti Karedok-Lotek-Rujak-Gado-Gado, gerobak Nasi Gudeg Yogya ini selalu mangkal di depan ruko di samping Indomaret Kurdi, sebelahan malah haha 😂 ... Yang jualannya Cuma seorang, mas-mas. 1 porsi lengkap terdiri dari Gudeg, Kerecek, Tahu- Tempe Bacem, Ayam atau Telur, Kalau dirasa kebanyakan kita bisa request kok ingin apa ingin apanya, nggak melulu mesti 1 porsi lengkap. Oh iya, kita juga bisa request kalau setiap itemnya ingin langsung dicampur atau dipisah-pisah.

Bagiku rasa (keseluruhan) Nasi Gudeg Yogya ini lebih mengarah ke rasa manis ya, manis yang wajar tapi. Kereceknya juga okaylah masih bisa diterima lidah ini, Cuma Tahu-Tempe Bacemnya agak kering jadi kalau dicampur dengan Kerece, kuah Kereceknya susah menyerap #persoalanpelik 😏 Kalau suka dengan Gudeg bolehlah dicoba Nasi Gudeg Yogya ini ...

Rp. 15.000 – Rp. 35.000

Meski berbeda keduanya berada di satu tempat dan dilayani oleh orang-orang yang sama, tempatnya pun bukan tempat yang fancy atau gimana tapi teras yang dirubah jadi tempat jualan. Untuk Mie Baso Akup malah nggak ada menunya sama sekali, jadi kalau kita ingin beli tinggal request aja ke pegawainya; ingin ini, ingin itu, ingin ini, ingin itu haha Kalau aku sih biasanya langsung request Mie Yamien biar nggak pusing mikirin ini, itu, ini, itunya haha 🤣🤣🤣 lagi pula aku nggak begitu suka Ceker atau Babat jadi ya nggak ada pun nggak jadi masalah.

Sedang untuk Mandiri (Sea) Food, mereka nggak melulu menyediakan menu olahan sea food macem ikan, udang atau cumi, namun juga menu olahan ayam dan sapi. Kebanyakan yang berkuah-kuah macem Sapo Tahu, Mapo Tahu dan Cah Tahu Tausi, ala-ala chinese food tapi bukan chinese food. Nasi Goreng Seafood-nya menghibur sekali untuk teman nonton K-Drama karena banyak toppingnya dan tentcu menu terfavoritenya adalah Sapo Tahu 👌.

Sate Ayam ★★
± Rp. 1500 / tusuk

Sate ayam ini lapaknya berada di jajaran Studio Senam Lucy Dahlia, di samping lapak Roti Bakar. Meski memungkinkan untuk makan di tempat saranku sih mending dibungkus aja deh, nggak mau kan kalau lagi makan mukanya diasapin mulu? wkwk Sate ini nggak ada namanya ... jam operasionalnya dari setelah Ashar sampai malam, pokoknya kalau udah ada asap di jalan berarti satenya sudah mulai buka.

Mau itu sate ayam / sapi / kambing penjualnya tetap memberlakukan satu harga yakni Rp. 1500 / tusuk, bumbu kacangnya juga leqoh dan nggak encer, oh iya, disini nggak dikasih sambal ya dikasihnya acar cengek. Kita juga bisa request nasi atau lontong, tapi mending pake lontong sih biar lebih berasa makan satenya haha 💘

Rp.7000 – Rp. 25.000

Berawal dari sekedar mangkal di depan Toko Tas Elizabeth, kini Es Cendol (yang akhirnya dinamai) Elizabeth sudah memiliki banyak cabang dan menjadi standar rasa percendolan. Yap. Meski banyak juga yang nge-KW-in. Nah, cabang utama Es Cendol Elizabeth ini adanya di Inhoftank, sekitar titik pertemuan jalan Inhoftank dan Kurdi di samping Mesjid Umar. Meski hanya memiliki area parkir yang terbatas, Es Cendol Elizabeth ini selalu ramai terutama di jam-jam makan siang.

Cabang utama Es Cendol Elizabeth ini nggak hanya menyediakan Es Cendol, mereka juga menyediakan menu (lumayan) berat macem Nasi Goreng, Batagor, Baso Tahu dan Mie Baso. Tapi tetap ya minumnya pake Es Cendol haha 😁 Aku lebih suka Es Cendol Nangkanya ketimbang Es Cendol Alpukatnya karena rasanya lebih nyampur, kadang suka merasa nggak nyambung aja, rasa cendolnya kemana ... rasa alpukatnya kemana ...

Rp. 6500 – Rp.25.000
Source: www.ayambersihberkah.com
ABB ini adalah ayam goreng franchise masa kini, cabangnya sudah banyak kok di Bandung macem Sabana zaman dulu. Meski franchise, ayamnya berasa (ada rasanya) nggak hambar dan yang paling penting pedasnya pake sambal bukan pake saus sachet. Ada 2 macam sambal yang ditawarkan ABB yakni sambal Taichan dan sambal Kecap, bagi yang suka pedas tentcu harus banget pilih Sambal Taichan, sedang bagi yang nggak suka pedas bisa pilih Sambal Kecap atau tetesan minyak Sambal Taichan.

Menu terfavoriteku di ABB adalah menu Kulit Ayam (keringnya renyah dan nggak lepek), sayang untuk cabang Inhoftank dan cabang Cibiru (haha kejauhan yaini 😂) nggak ada menu Kulit Ayam, jadi kalau lagi ingin menu Kulit Ayam mau nggak mau mesti nge-Go-Food ke ABB cabang BKR. BTW. Kata Icunk dan Mbak Sey Es Kepal Milo-nya enak, belum tau nih Es Kepal Beng-Bengnya, udah ada yang nyobain?

Thai Tea ★★
Rp. 12.000 – Rp. 15.000

Ini Thai Tea yang mangkal di depan Kedai San San Kurdi ya bukan yang di depan Vitasari atau sepanjang jalan Inhoftank, kalau dari jalan memang rada kurang terlihat karena gerobaknya berada di belakang gerobak Gehu Pedas Gacor. Dibandingkan dengan Thai Tea yang lain kupikir rasanya Thai Tea yang ini lebih enak, nggak kebanyakan air atau susu (yang mengaku kental tapi ternyata cair).

Juice Engko ★★★
Rp. 10.000 – Rp. 15.000

Di daerah sekitar Kurdi dan Inhoftank ada beberapa tempat yang menjual juice, tapi diantara semua yang pernah kucoba yang paling enak ya juice Engko ini. Juicenya kental nggak kebanyakan air dan yang paling penting penjualnya ramah. Sebenernya juicenya nggak ada namanya, kita namain Juice Engko karena yang jualannya pasangan suami-istri yang kita panggil Engko dan Cici. Oh iya, Juice Engko ini mangkalnya di depan barber shop di samping bangunan Vitasari, sebelahnya Willy’s Fried Chicken.

Eh. Last but not least ...

Catering Chef Augustine ★★★
Untuk yang satu ini memang nggak open for public Cuma untuk konsumsi internal aja 😊 Chef Augustine ini aslinya adalah office girl di kantor yang akhirnya merangkap sebagai chef, apalagi kalau bukan karena melihat peluang kita-kita yang malas mencari makan ke daerah sekitar Kurdi dan Inhoftank wkwk Untuk menunya bisa request dan belakangan ini chef Augustine menyediakan menu tambahan macem buah-buahan dan infuse water bagi yang ingin diet.

👌👌👌

Bisa take away juga ... 

Spaghetti dengan kearifan lokal ala Chef Augustine

Kalau lagi ada yang ultah 
Tak kenal maka tak sayang, tak direview bukan berarti belum pernah dicobain, beberapa nggak direview karena harganya mahal rasanya B aja atau harganya murah rasanya memble.

You May Also Like

30 comments

  1. Pernah dibawain lotek yg kurdi itu sama temen, mantep sih enak banget. Tapi iya porsinya banyak banget jadi bikin perut begah 😂

    ReplyDelete
  2. Thai tea emang enak teh, sama mau nambahin dipinggir jalan inhoftank mau ke kurdi ada seblak enak hehe, sama ada sensei ramen pas dikurdinya, lumayan enak dan murah..deket rumah btw jadi tau hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya? Ntar deh kapan-kapan dicobain, thankyu ya infonya 👌

      Delete
  3. Cendol Elizabeth inhoftank nih yang favorit banget. haha kebetulan aku kerja ga jauh dari sini, bisa jadi pilihan buat makan siang nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam-jam makan siang rame mulu 😁

      Delete
  4. cendol elizabeth, favorite banget. Apalagi goyobod nya beuh enak enak enak

    ReplyDelete
  5. Ngomong ngomong saya baru bangun dan lapeeernya minta ampun. Tanggungjawab teh bikin perut saya makin kerucuk kerucuk nihhhhhh huhu..

    ReplyDelete
  6. Mantapp banyak pilihan gini.. Mau main ah ke rumah teteh, biar ditraktir jajanan yang enak2 ini. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Enak enak kayak nyaa ... Bikin lafer ..hee

    ReplyDelete
  8. Teh? Kok pas baca blognya aku merasa bangga ya! Akhirnya ada yang tahu Inhoftank!! Haha. Selama ini aku kalau cerita Inhoftank gak pada tahu... kerja di mana sih teh? Salam ya dari aku anak Inhoftank Asliii.... 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius nih?
      Aku juga taunya pas kerja disini (Karasak), dulu mah taunya Cibaduyut sama Sri Baduganya doang haha

      Salam balik dari anak Kurdi (KW) 😁😁😁

      Delete
  9. Aku gatau daerahnya itu teh haha
    tapi makanannya, membuatjy yang baru beres makan laper lagi hihi

    ReplyDelete
  10. Duh teh aku jd baper ini mah. Dulu mantan rumahnya daerah situ. Sering banget cari makanan ke sana. Favoritku lumpia..

    ReplyDelete
  11. wah salah nih baca ini malem malem jadi kabita, btw itu aku demen banget sama salad with peanut sauce hahahaha

    ReplyDelete
  12. Aduh kayaknya Cendol Elizabeth seger juga yaa suka banget deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau lagi panas-panasnya 😁 segernya kaya iklan

      Delete
  13. Waaah, banyak juga yaa pilihannya. Kabitaaa!

    ReplyDelete
  14. salfok am gado2 nya, tapi enak banget emang teh..
    itu langganan aku juga whehdh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi kalau emang lagi pengen ...

      Delete
  15. Mie yamin Akup terlove banget. Tfyi ya teh, nice artikel

    ReplyDelete
  16. Jauh kurdi inhoftank duhh...
    Tp itu vitas dr jaman sekolah sampe skrg msh jd favorit buat beli roti.. roti balur ijo keju itu enak beuuud

    ReplyDelete

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~