Solid Perfume Workshop by Ruang Hasta dan Bionoils

by - August 04, 2018


Ketimbang mengisi hari Minggu dengan produktif mager kali ini aku mengikuti solid perfume workshop yang diadakan oleh @bionoils di @ruanghasta. Penasaran aja ... karena belakangan ini apa-apa yang berlabel organik (dan kalau bisa DIY 😅) sedang hype, seperti body care, skin care, healthy care serta kawan-kawannya sekalian ✨.

Pada dasarnya baik solid perfume maupun liquid perfume memiliki kegunaan yang sama yakni sebagai wewangian, yang membedakan adalah medianya. Solid perfume menggunakan media gel padat (balm) sedang liquid perfume menggunakan media cairan. Tentu keduanya memiliki plus minus ya, namun dalam hal bentuk tentu saja solid perfume lebih simple karena nggak makan tempat dan nggak rentan menguap.

Wewangian yang digunakan dalam pembuatan solid perfume ini adalah essentials oils dari @bionoils, mesti banget nih essentials oils? Nggak mesti sih, namun kalau dibandingkan dengan bibit fragrance yang dijual di pasaran, essentials oils disinyalir lebih memiliki manfaat ketimbang sekedar wewangian belaka. Dan setiap (jenis) essentials oils memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Karena membuat sendiri tentu kita dibebaskan untuk memilih essentials oils yang akan digunakan untuk membuat solid perfume, disarankan untuk mencampur maksimal 3 jenis essentials oils saja karena dikhawatirkan akan merusak konstruksi notch. Notch disini terdiri notch atas, notch tengah dan notch bawah yakni aroma yang menguar saat baru digunakan (diaplikasikan pada kulit), saat tengah digunakan dan saat aroma tersebut akan habis (sisa).

Secara garis besar essentials oils terbagi dalam 7 kategori yakni;
Floral: Jasmine, Geranium, Lavender, Rose dll.
Exotic: Ylang-ylang dll.
Citrus: Lemon, Sweet Orange, Citronella dll.
Woody: Cypress,Tea Tree dll.
Resin: Frankincense dll.
Herbal: Peppermint, Rosemary dll.
Spice: Cinnamon, Clove dll.

Kalau dibandingkan dengan bibit fragrance tentu essentials oils ini harganya bisa jauh lebih mahal, aromannya pun terasa lebih mentah (raw) dan nyegak (pekat) karena masih murni belum dicampur apa-apa. Yang membuat essentials oils mahal adalah bahan baku dan prosesnya, kalau pernah nonton film Perfume: Story of A Murderer pasti tahu ya kalau untuk menghasilkan satu botol kecil essence dibutuhkan ribuan kuntum bunga. Makanya agak patut dipertanyakan juga nih ya essentials oils yang harganya mure ...

Membuat solid perfume tidaklah terlalu sulit ya, cara membuatnya cukup mudah dan bahan-bahan yang dipergunakan bisa didapatkan via internet, tinggal daya eksplorasinya saja. Karena DIY, daya tahan solid perfume ini sekitar 1 tahunan dari waktu pembuatan, harus disimpan di tempat tertutup dan tidak disarankan terkena sinar matahari langung, kalau wanginya sudah habis bisa dijadikan lip balm karena (masih) mengandung coconut oil dan sun flower oil yang melembabkan.


You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~