Thor: Ragnarok

by - 19.11.17


Meski bukan fans Marvel garis keras aku cukup mengikuti film-film superhero-nya Marvel,  sejak jantung Tony Stark masih berdetak dan Piper masih jadi sekretaris sampai kini Thor pake helm. Ketika Marvel mengumumkan judul film Thor terbaru adalah Ragnarok, yang kepikiran malah game online yang pernah populer di masa kuliah; Ragnarok online.

Eym ... seriously? Game online-nya si Thor? 😕

Kalau mau terus sotoy; “Emang game online The Avengers yang di Facebook udah nggak ada yang mau maen yha~?” 😏

Thor: Ragnarok adalah film Thor ketiga setelah Thor (doang) dan Thor: The Dark World, sekaligus film kesekian diantara film-flm superhero Marvel lainnya yang bakal bikin capek kalau diketik satu persatu. Dalam mitologi Nordik (Norwegia, Swedia dan sekitarnya) keluarga besar Thor adalah dewa-dewi yang diimani oleh bangsa mereka dan Ragnarok adalah doomsday prophecy yang dipercayai akan mengakhiri kehidupan dewa dewi tersebut.

Singkat cerita, Odin (Anthony Hopkins) wafat meninggalkan Thor (Chriss Hemsworth) dan Loki (Tom Hiddlestone) yang masih shock menghadapi kenyataan adanya anak lain selain mereka. Seperti drama keluarga masa kini, anak yang tidak diakui itu datang tepat saat si ayah meninggal dan langsung meminta jatah warisan tanpa ingin memikirkan nasib anak-anak yang lain. Anak sulung Odin ini adalah Hela (Cate Blanchett) si dewi kematian yang diasingkan karena ambisinya.

Thor dan Loki ‘ditendang’ dari Asgard dan terdampar di planet bernama Sakaar, karena terjatuh di koordinat yang berbeda Thor dan Loki terpisah (lagi). Thor ditangkap dan dijadikan budak oleh Scrapper 142 (Tessa Thompson), sedangkan Loki disambut dengan meriah oleh Grandmaster (Jeff Goldwin), tadinya kupikir Grandmaster ini adalah Taneleer Tivan (Benecio Del Toro) kolektor yang sempat dititipi infinity stone oleh Lady Sif (Jaimie Alexander). Maklum ye gaya mereka berdua sungguh sangat ke-Capitol-Capitol-an 💅💇💋

Padahal Scrapper 142 aslinya adalah Valkyrie terakhir yang selamat saat pertempuran besar dengan Hela, kerjaannya saat ini mirip-miriplah dengan Peter Quill (Chris Pratt) eh, jangan-jangan mereka pernah kerja bareng yha~ 👏 ia menikmati hidupnya dengan mabu’mabu’an dan ‘main’ dengan Hulk (Mark Ruffalo). Scene ‘kayaknya gue kenal deh ...’ antara mereka berdua juga kocak parah 😎.
Scene doi turun dari kapal dalam keadaan teler jurdun bangetlah 😂 mana diulang lagi 😂 gibliks 😹😹😹.

Banyak yang me-review kalau scene gladiator Thor X Hulk adalah scene terbaik, itu udah pasti ya, apalagi di saat Loki komentar “that’s what I feel ... ” 😋. Hulk yang sebelumnya hilang kontak dengan anggota Avengers terdampar di planet Sakaar dan amnesia lama karena terjebak di ‘dalam’ Hulk. Sebagai anggota paksa tim Revengers, Hulk adalah satu-satunya yang tidak memiliki hubungan dengan Hela

Kalau di film Marvel sebelumnya Loki digambarkan sebagai pembuat onar, di film Thor : Ragnarok diperlihatkan bahwa meski culas dan sarkas Loki masih punya nurani, hubungannya dengan Thor yang awet tapi rajet menjadi lebih manusiawi, lebih bersaudara (meski adopsi). Banyak scene dan joke’s yang menunjukkan kalau ada chemistry diantara mereka berdua, versi su’udzon-nya ya ... Loki pasti punya rencana jahat cadangan, nggak mungkin juga dong Loki melewatkan tesseract begitu aja saat mencari Kepala Surtur 😏.

Sebenernya ya kekuatannya Hela parah gila, ia sanggup membangunkan pasukannya dan Fenrir (piarannya) dari kematian. Di satu sisi Hela ini jahatnya kebangetan namun di sisi lain ia adalah pewaris sah takhta Asgard dan ingin meneruskan legacy-nya Odin, ia dihilangkan dari sejarah Asgard karena sejarah hanya ditulis oleh bangsa yang menang *faedah dengerin omongan Pici 😉.

Di masa lalu Odin memang pernah berambisi menguasai semesta, namun melihat Hela yang semangat banget membantai musuh-musuhnya tanpa ampun membuatnya berfikir ulang mengenai tujuannnya, genosida tidak akan membuatnya menjadi pemenang melainkan menjadi pecundang. Demi mencapai tujuan (baru)nya Odin mencampakkan Hela dan mengabdikan dirinya menjaga semesta demi menebus dosa masa lalunya. Disini baru deh kepikiran, jangan-jangan turning point-nya Odin adalah saat menemukan baby Loki, bisa jadi ... 😉

Pencitraan nyaman ala Odin akan sempurna kalau Hela tidak pernah kembali dari pengasingan, sayangnya ... Hela datang disaat yang paling tepat. Thor yang sama sekali tidak berminat menduduki takhta Asgard VS Loki yang sekalipun berminat menduduki takhta Asgard namun kepentok dengan statusnya yang Cuma adopsi. Tanpa perlu perseteruan rumit ala Games of Thrones, Hela menang telak 👑.

Matinya 3 warriors (minus Lady Sif) cukup membuat KZL. Siapa lagi yang bisa diandalkan Thor di Asgard? Disinilah diperlihatkan betapa pentingnya Heimdall (Idris Elba), kalau nggak ada Heimdall mungkin Hela udah mindahin isi neraka ke Asgard. Scene Heimdall nolongin anak-anak Stark di hutan bener-bener nyentil serial Games of Thrones yha~. Coba deh hitung berapa jumlah anak-anaknya? Terus urutin gender-nya ... Ya kan? Ternyata anak-anak Stark selama ini diurus Heimdall *heu

Yang bertugas sementara menggantikan Heimdall adalah Skurge (Karl Urban), karirnya yang mandek menjadikannya pengabdi Hela yang sama sekali nggak loyal. Tadinya kupikir yang berperan sebagai Skurge adalah aktor yang udah sering jadi penjahat, eh pas nyari daftar cast-nya ternyata Karl Urban yang kece, yha~ musynah syudah harafanque melihatnya jadi tim sukses Avengers.

Banyak perubahan pada Thor, bukan Cuma dari segi penampilannya namun juga karakternya, kalau di film-film sebelumnya karakter Thor hampir selalu digambarkan dengan; agak serius dan berwibawa, di Thor: Ragnarok Thor ini ... ae lah ... macem joke’s receh umat Twitter. Recyehh ... serecyehh-recyehhnya cyn ... 🤣🤣🤣

Di awal-awal film kita disuguhi breathtaking scene ; Mjolnir hancur. Bete juga ya ngebayangin Thor nggak sakti lagi tanpa palunya, sempet kepikiran Thor harus berserah diri seperti di film pertama supaya Mjolnir bisa kembali utuh dan balik lagi. Ternyata nggak gitu ya, ada alasan kuat mengapa Mjolnir mesti dihancurkan. Well ... julukan Hammer’s God syudah so yesterday, lebih cucok Thunder God ⛈. Sepertinya Taiki Waititi ingin menunjukkan kalau Thor memang benar-benar dewa meski tanpa senjata, yes, tools hanyalah perantara skills.

Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) yang muncul sebagai cameo di awal film sudah menunjukkan progress yang signifikan dalam mempelajari mystical art. Skill-nya sudah berkembang dan terlihat fasih saat menggunakan kekuatannnya,  yang mana mau tak mau membuatku berfikir ; jangan-jangan nih ... sekuelnya lagi digarap 😆

Selain menjadi produser Taiki Waititi juga mengisi suara Korg, alien batu revolusioner yang menjadi teman sejenak Thor, tak sulit untuk membedakan mana yang benar-benar memiliki sense of humor mana yang tidak. Dari tone suaranya sudah bisa ditebak ia adalah tipikal orang yang kocak haha sotoy ...

Soundtrack-nya Thor: Ragnarok adalah Immigrant Song yang dipopulerkan oleh Led Zeppelin, pernah juga jadi soundtrack-nya film The School of Rock. Makanya tiap kali ada lagu ini yang kebayang malah si Dewey Finn (Jack Black) lagi nyanyi-nyanyi sok asyik di panggung. Eh, udah pada nonton belum The School of Rocks?

Meski masih agak sulit untuk menyebut Thor: Ragnarok tanpa embel-embel online di belakangnya ⌣, Thor: Ragnarok ini adalah film yang paling berwarna diantara film-film superhero Marvel lainnya. Lebih menghibur karena banyak jokes, terlalu banyak malah, tapi bagus sih karena kita bakal lebih banyak ketawa ketimbang ikutan pusing mikirin “ini gimana cara matiin si Hela?” *yakali TV 😳.

Bukan Marvel namanya kalau nggak ada linked credit, bukan Marvel juga namanya kalau nggak ada spekulasi. Karena semua film superhero Marvel sambung menyambung menjadi satu, maka selalu ada spekulasi mengenai siapa yang bakalan ketemu siapa di film selanjutnya atau superhero mana yang akan difilmkan? Meski sebenarnya kita semua udah tahu ya inti dari film superhero Marvel adalah satu galaxy rebutan batu akik .

In the end ...
Me are me ...
You are you ...

(Thor to Loki in the lift)

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.