Nightcrawler

by - 19.2.16


Di Indonesia istilah citizen journalist pertama kali dipopulerkan oleh salah satu  stasiun televisi swasta pada segmen pemberitaan. Tujuannya untuk memperoleh berita yang cepat, tepat dan up  to date dari TKP (Tempat Kejadian Perkara) tanpa mengirimkan reporter dari stasiun televisi yang bersangkutan, sebagian besar karena kendala jarak tempuh atau waktu yang terbatas.

Awalnya istilah citizen journalist ditujukan bagi orang-orang yang tanpa sengaja berada di TKP dan mengabadikan kejadian tersebut menggunakan gadget seperti handphone atau kamera digital baik berupa gambar atau video. Namun kini, hanya dengan bermodalkan gadget dan nyali semua orang bisa menjadi citizen journalist meski harus rela mengabaikan keselamatan dan melanggar hukum.

Bukan tanpa sebab citizen journalist mendadak bermunculan, selain karena menjadi saksi mata dari sebuah kejadian dan memiliki nyata, menjadi citizen journalist diminati karena beberapa stasiun televisi  menawarkan imbalan yang (dianggap) sesuai untuk setiap video yang dikirimkan. Maka janganlah heran jika kini masyarakat sangat antusias untuk mengabadikan kejadian yang dianggap “OMG”. Sekedar mencoba peruntungan.

Nightcrawler adalah film yang mengangkat issue tentang citizen journalist, menceritakan tentang Louis Bloom seorang bujang pengangguran nan lapuk yang gelap mata karena berambisi menjadi professional citizen journalist. Demi memenuhi ambisinya, ia tak segan-segan untuk melakukan berbagai macam cara.

Awalnya Lou tanpa sengaja menyaksikan sebuah kecelakaan, ia kemudian bermaksud untuk melihatnya dari dekat namun polisi menghalanginya. Pada saat itu, ia melihat seorang professional (citizen) journalist mengambil rekaman dari TKP dan berencana untuk menjualnya pada salah satu stasiun televisi. Merasa terinspirasi, Lou kemudian mencuri sepeda dan menjualnya untuk membeli kamera.

Lou kemudian berkeliaran di malam hari untuk mencari kejadian kecelakaan atau kejahatan, karena masih amatir Lou sering disalip oleh professional (citizen) journalist lainnya, hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan rekaman dan menjualnya kepada Nina Romina (Rene Russo), seorang direktur morning news. Nina menyarankan kepada Lou agar membeli peralatan yang lebih baik dan mencari berita yang menarik.

Berbekal saran Nina, Lou menjelma menjadi seorang professional (citizen) journalist, ia berhasil mendapatkan banyak keuntungan dari pekerjaan yang kini dijalaninya, bahkan memiliki seorang asisten bernama Rick. Namun sayang, sifatnya picik dan ambisius telah membuatnya tinggi hati sehingga ia tega mengorbankan orang lain demi mendapatkan keuntungan pribadi.



Karakter Lou yang heartless sukses membuat Nightcrawler menjadi salah satu film yang wajib ditonton.

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.