AADC Gimmick

by - December 01, 2014

 

Beberapa waktu yang lalu social media diramaikan kembali oleh AADC (Ada Apa Dengan Cinta), apalagi kalau bukan karena iklan terbaru Line (social media application) yang gencar ditayangkan di televisi.

Pada awalnya saya mengira Mira Lesmana & Riri Riza telah membuat sekuel film AADC dan menggandeng pihak penyelia aplikasi Line untuk mempromosikannya. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, ternyata pihak Line lah yang menggunakan AADC untuk mempromosikan aplikasi terbarunya.

Strategi yang cerdas, mengingat aplikasi Line Alumni sangatlah tepat bagi para obsesser ala Aprandhita Arrahmi yang cinta mati sama Nimo (Cintapuccino). Ibarat Will Turner yang menusuk jantung Davy Jones, Line hadir menjual mimpi tepat di hati.


Strategi semacam itu telah diterapkan oleh Pixar dan Disney dalam pada saat mempromosikan film Toys Story 3, selain mempromosikan lewat jalur reguler, mereka juga mempromosikan di univeritas-universitas. Kenapa di universitas? Karena pada saat Toys Story rilis pada tahun 1995 penontonnya adalah anak-anak dan remaja. Maka saat Toys Story 3 rilis pada tahun 2010 penontonnya adalah anak-anak dan remaja, serta mantan anak-anak yang pernah menonton Toys Story dulu, yang kini duduk di bangku kuliah.

Life changed, but memory don't.

Dengan adanya meme-meme kocak yang ikut menyemarakkan social media, tentunya memberikan hiburan tersendiri bagi fans AADC. Entahlah, setial detail AADC adalah flashback memories bagi yang pernah mengalaminya.

Film AADC yang release pada tahun 2002 adalah fenomena dalam dunia perfilman Indonesia, pelopor kebangkitan film-film bermutu di bioskop yang sering mati suri karena sepi peminat. Juga, menginspirasi remaja untuk mengenal karya sastra sasatrawan Indonesia, seperti Chairil Anwar dan teman-temannya.

Karena AADC, Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra menjadi most wanted couple yang sering wara wiri di berbagai cover majalah remaja. Segala sesuatu yang berhubungan dengan film AADC termasuk barang-barang yang digunakan Cinta cs jadi happening items yang banyak diburu remaja, standar geng cewek gaul di sekolah, sebut saja sporty shoes, HP Nokia 3360, bandana, koreografi tari, Mading, kumpul-kumpul sepulang sekolah dan puisi.

OK, pada beberapa hal saya cukup mengikuti hehe

Anyway, disadari atau tidak, Line Alumni ini membuat fans lawas AADC berharap banyak Mira Lesmana dan Riri Riza akan sudi membuat sekuel AADC. 

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~