Olympics Days

by - August 17, 2024


Salam olahraga ✋

3 tahun berlalu sejak Olimipiade Tokyo digelar, dan aku… masih gini-gini aja😅 *bukan plot twist. Setelah Tokyo yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 (di-pending 2021), kini giliran Prancis yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Pengenalan logo Olimpade Paris bahkan udah dilakukan di closing ceremony Olimpiade Tokyo, pada masih ingat nggak nih? Kalau udah lupa, kalyan bisa baca ulang post-ku yang ini ya 😁.

Sebagai negara demokrasi udah tentcu penyelenggaraan Olimpiade Paris ini diwarnai penolakan dan huru hara. Hal yang wajar siya mengingat perekonomian Yunani dan Brazil kolaps paska menyelenggarakan olimpiade. Sebagian besar sarana dan prasarana olahraga yang dibangun demi penyelenggaraan olimpiade berakhir mangkrak dan rusak karena nggak digunakan lagi. Sayang banget yekan… 😢.

Kurasa kan lebih baik kalau negara penyelenggara olimpiade memiliki perekonomian yang stabil, atau sekurang-kurangnya memiliki sarana olahraga yang memadai. Kupikir salah satu indikator kesiapan suatu negara untuk menyelenggarakan olimpiade adalah jumlah atlet yang berpartisipasi dan cabang olahraga yang diikuti. Nggak mungkin juga yekan mengirim banyak atlet tanpa persiapan sebelumnya.

FYI, olimpiade selanjutnya akan diselenggarakan pada:

2028 Los Angeles (Amerika Serikat)
1996 Atlanta
1984 Los Angeles
1932 Los Angeles
1904 St. Louis

2032 Brisbane (Australia)
2000 Sydney



Make yourself comfortable, this would be a long post…😉

Ada banyak hal yang diperbincangkan oleh netizen, dari yang beneran penting sampai yang receh, tahu sendiri laya jarinya warga +62 fomo banget. Salah satu yang hangat diperbincangkan adalah seragam macam apa yang akan dikenakan oleh kontingen Indonesia. Well… tahun-tahun lalu kita memang nggak banyak cingcong, sayangnya tahun ini kita cukup ke-trigger oleh tetangga sebelah, sebut aja Malaysia.

Sebenarnya yang bikin netizen Malaysia meradang bukanlah desainnya melainkan presentasinya yang kurang serius. Pantesan ya dosenku ngomel-ngomel kalau presentasi desainnya pada butut, ternyata memang sengaruh itu 😂. FYP-ku pun isinya Malayers yang mayah-mayah dan memparodikan pose manekinnya. Eh ya, belum afdhol kalau belum bikin list seragam kontingen favoritos yekan, seperti byasa… bagimu taste-mu, bagiku taste-ku, selera kita bisa sama bisa juga nggak.

Mongolia by Michel & Amazonka – tyda perlu berkata-kata 😍
Spanyol by Joma – presentasinya cakep
Haiti by Joma – stylish nan eksotis
Turki by Vakko – aku suka roknya gebyar-gebyar
Mexico by Men’s Fashion – feel-nya kartel banget 😁

seragam olimpiade Mongolia
seragam olimpiade

Pada pertandingan harian, kontingen Indonesia pake seragam yang didesain oleh Didit Hediprasetyo dan tim Li Ning. Desain seragamnya terinspirasi dari lagu Berkibarlah Benderaku karya Ibu Sud, kurasa konsep dan eksekusi desainnya OK ya, feel kibaran benderanya dapet. Aku suka desainnya yang nggak berisik namun tetap on point terutama jersey-nya.

Pada pembukaan Olimpiade Paris, kontingen Indonesia pake seragam yang didesain oleh Didit Hediprasetyo. Desain seragamnya terinspirasi dari sosok Raden Saleh yang lukisannya terpajang di Museum Louvre. First impression-ku adalah: Yura Yunita banget ya 😅 kubilang begini seragamnya mengingatkanku pada kostum manggungnya Yura Yunita yang memadukan atasan kebaya dan celana panjang.

seragam olimpiade Indonesia

Liberté, égalité, fraternité

Atau dalam saduran Bahasa Inggris: liberty (kebebasan), equality (kesetaraan), fraternity (persaudaraan) adalah slogan yang diadopsi paska Revolusi Prancis. Sebagai negara sekuler, tentcunya Prancis berusaha bersikap netral dan berusaha nggak mencampuri hal-hal yang berkaitan dengan agama. Prancis bahkan melarang penggunaan atribut keagamaan atau hal-hal yang berkaitan dengan agama di ruang publik.

Sialnya, kebebasan yang udah berada di tahap kebablasan bikin Olimpiade Paris ini semrawut, yamasa The Last Supper diparodikan oleh drag queen 😱. Kalau The Last Supper memang udah banyak yang menduplikasi dan memparodikan ya namun nggak drag queen juga kali ahh… Yha~ Thanos benar ya manteman, sebagian populasi manusia di bumi mesti dilenyapkan ✨👌.

FYI. Video pembukaan Olimpiade Paris di-take down karena testikel salah satu drag queen terekspos, makanye… pake celana yang bener 😠.

gender reveal: it's French without fries

so kewl

misi... misi... obor Olimpiade mau lewat

bagai melihat Jason Statham 

Opening ceremony Olimpiade Paris memang bukanlah yang terbaik, namun bukan berarti nggak ada hal baik sama sekali. Aku suka opening-nya yang menampilkan Marie Antoinette memegang kepalanya di bangunan yang terbakar dan aksi teatrikal di bawahnya, so Frenchie 😍. Mengingatkanku pada scene di The Pirates of The Carribean. Setelah sempat vakum karena sakit akhirnya kita bisa melihat lagi Celine Dion, pun dengan Lady Gaga dengan bulu-bulunya yang cutie.

Pengunaan sungai Seine sebagai area pengenalan kontingen sebenarnya OK, sayangnya gerakan penari Cancan nggak bisa sinkron gegera surface-nya licin. Sebagian kontingen dan penonton pake jas hujan, khawatir pada masuk angin nggak sih? 😅 panitia penyelenggara lupa ngontak Mbak Rara yaini. Terkait dengan opening ceremony Olimpiade Paris yang semrawut, apakah Prancis bikin klarifikasi? Otentcu tyda… 😏.

🔥🔥🔥

kaya flaminggo nggak sih 😍

ada netizen bertanya pada netizen lainnya: kenapa Indonesia satu kapal dengan India?
dan dijawab dengan: sesama warga Prindavan nder... 😂

Salah satu konten favorite-ku selama Olimpiade paris ini adalah Snoop Dogg, nggak tahu kenapa ya namun setiap kali melihat aki-aki ini bawaannya happy 😂 . Snoop Dogg menjadi mascot nggak resminya Amerika Serikat dan bergabung dengan NBC sebagai reporter resmi yang bertugas di Olympic Primetime Show.

Untuk Olimpiade Paris, Indonesia mengirimkan 29 atlet yang bertanding di beberapa cabang olahraga. Salah dua yang menjadi favorite adalah badminton dan angkat beban karena di Olimpiade Tokyo kedua cabang olah raga ini berhasil menyumbang medali makanya terus dipantau. Selain itu ada cabang olahraga balap sepeda, dayung, menembak, panahan, panjat tebing, selancar dan senam artistik.

ma lord...

ada gila-gilanya panitia bikin equestrian venue di depan istana Versailles

singkat, padat, jelas

Sayangnya di Olimpiade Paris in hanya Jorji yang berhasil mencapai QF, sedang yang lain gugur satu persatu. Nggak usah ditanya gimana reaksi WIR ya… jarinya lemes banget, dari yang nge-puk-puk-in sampai yang memaki-maki. Semuanya tumpah ruah… macem nggak ada hari esok. Don’t expect to high yeroreobun… atlet adalah manusia byasa macem kita, kadang kalah, kadang menang.

Di Olimpiade Paris ini Indonesia mendapatkan 2 medali emas dari cabang olahraga panjat tebing dan angkat beban, serta medali perunggu dari cabang olahraga badminton.

Pernah nggak sih kalyan penasaran mengapa patung-patung Yunani memiliki bentuk tubuh yang berisi, lemme tell you… patung-patung Yunani merepresentasikan bentuk tubuh manusia dengan kondisi paling prima. Konon para pematung Yunani menggunakan tubuh para atlet sebagai modelnya. Aku sih yes ya… tubuh atlet yang kita lihat di Olimpiade Paris ini adalah tubuh yang sama dengan yang dilihat oleh para pematung Yunani ribuan tahun lalu.

Masih dalam euphoria Olimpiade Paris, mari kita nikmati event-nya melalui Getty Images.

spidey 🕷

Song Gyong-pyon (Korea)

Miu Hirano (Japan)
samar-samar terdengar: mata indah bola pingpong... masihkah kau kosong?

Tim Prancis

Andrew Macdonald (Britania Raya)

Amalie Svabikova (Ceko)

Novak Djokovic (Serbia)

Jiaman Lee (China)

Tim Spanyol

Andrea Siriek Spendolini (Britania Raya)

Tim Spanyol

Tim China

Nicholas Gestin (Prancis)

Tom Cruise as himself

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~