Batik Amarillis

by - June 24, 2016


Dengan berkembangnya fashion design di Indonesia saat ini, turut berkembang pula sense of design di masyarakat. Tingginya market demand membuat industri fashion berlomba-lomba memenangkan market competition yang berimbas langsung kepada designer selaku trend research dan trend maker. Oleh karena itu designer dituntut harus lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan suatu design, jika masih ingin bertahan di industri fashion yang tumbuh dengan pesat.

Bukan hal yang mudah untuk memunculkan orisinalitas design, apalagi jika berkecimpung di industri fashion yang notabene memiliki cycle of trend. Salah satu trend yang berkembang adalah dengan memasukkan unsur kearifan budaya lokal ke dalam design, dalam hal ini tentu saja berupa kain seperti batik, songket, jumputan, sasirangan dan lain sebagainya.


Batik masih menjadi primadona dalam industri fashion, khususnya dalam lini ready to wear. Sebagai salah satu warisan budaya yang ditahbiskan oleh UNESCO, batik memiliki keunggulan dalam hal keberagaman motif dan teknik yang digunakan.

Pada umumnya batik dikombinasikan dengan material berwarna polos untuk mendapatkan kesan balance, karakter batik yang fully printed membuatnya agak sulit dikombinasikan dengan material yang serupa. Jika tidak ditangani oleh ahlinya, maka yang akan terjadi adalah messy design. Namun tampaknya hal tersebut tidak berlaku bagi Batik Amarillis, sebuah local brand asal Tangerang yang memproduksi produk  ready to wear batik.

Apa jadinya jika batik dikombinasikan dengan embroidery? Kurang pantas? Aneh? Atau malah unik? Siapa sangka jika batik yang fully printed akan cocok dikombinasikan dengan Hungarian embroidery, meski sama-sama memiliki motif yang khas, keduanya bisa tampil selaras jika didesign dengan tepat.

Batik Amarillis tak segan memadu padankan berbagai macam pattern dan material demi menciptakan design yang fresh. Salah satu ciri khas yang menonjol dari Batik Amarillis adalah kesan ekletik dan ekslusif pada setiap designnya. Selain itu, Batik Amarillis juga memasukkan unsur akulturasi budaya, seperti Chinese culture dan European taste yang lekat dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia.


Meski tidak setepat pergantian seasons pada industri fashion, Batik Amarillis pun memiliki tema tersendiri pada setiap koleksi yang diluncurkannya. Masing-masing tema memiliki keunikan yang membuatnya terlihat standing apart from the crowd, sehingga menjadi incaran para costumer.

Dalam situsnya www.batikamarillis.shop.com Batik Amarillis memiliki 3 kategori pilihan ready to wear product, yaitu womens wear, mens wear dan kids wear. Kebanyakan designnya memang ditujukan untuk kategori womens wear yang melliputi tops, blouse, dress, outers, bottoms dan aksesoris.

Harga yang ditawarkan memang cukup tinggi untuk setiap item, tapi jika melihat design dan standard harga produk karya designer (meski local brand) saat ini, harga tersebut dirasa cukup pantas.


Untuk melihat detail produk batik Amarillis silahkan kunjungi www.batik.amarillis.shop.com , selain official website tersebut, Batik Amarillis juga memiliki social media account yaitu http://www.pinterest.com/batikamarillis , http://www.facebook.com/batikamarillis dan http://www.instagram.com/batikamarillis . Jika ingin memilih langsung produk Batik Amarillis kunjungi langsung Batik Amarillis Studio yang terletak di Kompleks Taman Asri Blok E 1 no 11 B Larangan Selatan, Ciledug Tangerang 15154.  

You May Also Like

1 comments

  1. Thanks for sharing.. Kalau anda mau tahu lebih banyak tentang ragam motif batik yang ada di Indonesia, anda bisa mendownlod E-Book dari Fitinline..

    ReplyDelete

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.