Sansa's Last Words

by - January 29, 2021


Hallo... 
Bertemu lagi di annual birthday post yang kesekian haha

Happy birthday to me
Happy birthday to you
Happy birthday to everyone that have birthday today

Kalau kau adalah penonton Game of Thrones pasti ingat di ending season 6, Sansa Stark mengatakan “I’m slow learner, it's true... but I learn” sebagai last words-nya untuk Lord Baelish yang misuh-misuh sebelum dieksekusi Arya Stark. Hal yang mengesankan mengingat Sansa Stark adalah karakter yang sama sekali nggak pernah terpikirkan akan survive hingga season terakhir.

Kalau ada kata-kata yang bisa menggambarkan bagaimana kesanku saat memasuki fase hidup baru, kupikir Sansa's last words ini cukup mewakili.

Selama tahun-tahun kehidupanku (haha malay banget nih nyebut umur) ada banyak hal yang sudah kulalui. Dari yang menyenangkan, menyedihkan, mengesalkan, mengkhawatirkan, mengharu biru, membahagiakan, melegakan sampai yang nggak ingin terulang lagi.

1 dekade belakangan ini *heu😅 kupikir aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk berpikir... berpikir... berpikir... mengenai esensiku sebagai manusia. Ada banyak kejadian yang membuatku merasa bahwa hal-hal luar biasa telah terjadi tanpa sebab yang pasti, yang malah membuatku semakin mempertanyakannya.

Saat aku masih kuliah dan galau tentang tujuan hidup, aku dan beberapa teman pernah menemui Teh Uwi (dosenku) untuk sekedar curhat haha Hayoolohh ngaku... pasti pernah kan berada di fase ini. Saat itu aku galau gegara merasa apa yang kulakukan saat itu berada jauh dari goals hidupku. Sungguh sebuah ke-nggak-nyambungan yang HQQ.

Let’s see...

Goals (seumur) hidupku adalah:
1. Menjadi arsitek
2. Punya perkebunan
3. Hidup bahagia selamanya abadan wadaiman
Selama OTW dari point 1 ke point 3 aku menikmati waktu (dengan) menjadi backpacker sekaligus travel blogger.

Tapi aku malah:
1. Kuliah di jurusan Desain Produk
2. Nggak punya hobby lantaran seluruh saripati kehidupan terserap tugas
3. Nggak sempat mengurusi blog lantaran patah hati dicampakkan Multiply
Lebih dari segalanya, aku nggak tahu lagi mau dibawa kemana hidupku ini.

Saat itu Teh Uwi bilang kalau kita (aku dan teman-teman) nggak harus terlalu mengkhawatirkan betapa jauhnya expectation and reality, karena pada akhirnya hidup itu sendiri yang akan mengantarkan kita pada goals yang diinginkan. Believe it or not, it happened pada orang-orang di sekitar Teh Uwi, ingin sekali rasanya hal itu terjadi padaku juga.

Hal lain yang kuingat dari teh Uwi adalah; akan ada saatnya kita mengalami fase menemukan Tuhan (lupa lagi kalimatnya gimana, tapi intinya gini) yakni di usia sekitar 20 akhir atau 30 awal. Pada fase tersebut kita pasti akan lebih concern terhadap hal-hal yang menyangkut keyakinan, macem lebih peduli halal dan haram, berusaha menjalankan sholat 5 waktu bahkan mengikuti kajian tertentu.

Later did I know, yang dimaksud saat Teh Uwi saat itu kini disebut hijrah.

Aku sendiri mengartikan hijrah sebagai improvement, dari good jadi better (dan jadi best). Good adalah saat aku menjalankan sholat 5 waktu, better adalah saat aku menjalankan sholat 5 waktu kemudian sholat sunnah, sedang best adalah saat aku menjalankan sholat 5 waktu kemudian sholat sunnah kemudian ber-dzikir setelahnya.

Hmm... kayanya mending dibahas di post terpisah ya haha (sip, ditunggu eaaa).

Dari memory tersebut aku menyadari bahwa apa yang kudapatkan saat ini mungkin nggak akan langsung berguna saat ini juga, namun akan ada saatnya digunakan.

Pelajaran yang kudapat saat di ma’had mungkin nggak terlalu berguna (dan digunakan) saat kuliah, namun nyatanya pelajaran tersebut malah relevan dengan situesyen saat ini. Pelajaran mengenai tafsir uluhiyah dan rububiyah mendadak muncul di kepalaku saat melihat akun-akun hijrah membahas tentang tauhid, begitu pun dengan dalil-dalil penggunaan uang digital yang Hot Hot Pop.

Pelajaran yang kudapat saat kuliah mungkin nggak terlalu digunakan saat bekerja, hanya sebagian aja, namun cerita-cerita dan petuah yang disisipkan di sela-sela kuliah masih membuatku overwhelmed sampai saat ini. Mungkin seharusnya aku memberikan lebih banyak effort untuk mata kuliah teori, karena nyatanya sama bergunanya dengan mata kuliah studio.

Benih yang ditanam hari ini nggak akan langsung berbuah hari ini guise...

Kecuali,

Toge haha

Udah ya, kapan-kapan post ini dilanjut.

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~