Avengers: End Game

by - May 12, 2019

source

Tadinya aku berencana menonton film Avengers: End Game di awal bulan Mei, selain karena nggak yakin kebagian tiket di awal-awal perilisannya aku juga nggak yakin bakal sanggup nonton tanpa tunduh di Ramadhan nanti. Eh, tapi nggak jadi ya ... Karena ternyata Icunk udah gercep nyari tiket pake orang dalam 😂😂😂

NNN X Icunk X Lisna feat. UBERTOS

Note: Mb Deya & Mb Memed direncanakan ikut nonton sesi ke2.

Saking excited-nya nonton film Avengers: End Game aku sampai deg-degan di sepanjang perjalanan menuju UBERTOS, padahal Cuma mau nonton doang haha 😁 Berusaha untuk nggak tergoda membaca review dan menjaga pandangan dari spoiler yang ditabur di Twitter. Hemeh deh ini netyzen ... 😅

Alhamdulillah harapan nonton kita yakni: semoga nggak ada anak-anak disekitaran seat kita terkabul. Tapi bukan berarti nggak ada anak-anak di studio ya, banyak dan beberapa masih cimit. Heran deh kenapa orang tua masa kini kerap memaksakan ego dengan membawa anak-anak dibawah umur saat menonton 😌, kupikir seharusnya mereka (orang tua) lebih toleran dengan penonton yang lain.

Ku bilang begini karena sebenarnya kita udah KZL dengan kelakuan bapak di row sebelah, kedua anaknya (yang tentu masih dibawah umur) nggak mau diam dalam artian banyak aha ehe yang membuyarkan fokus penonton 😒. Bukannya menyuruh kedua anaknya untuk diam atau gimanalah bapaknya malah anteng mantengin layar macem arca 😣😣😣

Dear penonton yang budiman dan budiwoman, please ... kalau nonton nggak usah banyak bacot 😤. Salah dua yang ngeselin datang dari penonton di belakang kita, berkali-kali mereka ngobrol dan berkomentar samvah macem; “abis gini pasti gini deh ... ini tuh ada di film ini tau ... tuh kan aku bilang apa ... “ dengan suaranya yang menye-menye BGST.

Yawla  ... Beri aku infinity gauntlet!!!

Menurut analisa sotoyku 😏 Avengers: End Game dibagi menjadi 3 babak, babak pertama adalah pengisahan suram Avengers yang tersisa pasca Thanos (Josh Brolin) finger snap, babak kedua adalah usaha untuk mengambil infinity stone sedang babak ketiga atau terakhir adalah perang badar yang ditunggu-tunggu sedari Avengers: Infinity War 👌🏻.

Film Avengers: End Game dibuka dengan ke-madesu-an Avengers yang tersisa pasca Thanos finger snap, sebagian penduduk bumi menghilang, Tony Stark a.k.a Iron Man (Robert Downey Jr) nggak ada kabar dan perasaan hampa saat ditinggalkan 🍃.

Setelah perang teaser yang terjadi Wakanda, Avengers yang tersisa yakni Steve Roger a.k.a Captain America (Chriss Evans), Thor (Chriss Hemsworth), Natalie Romanov a.k.a Black Widow (Scarlet Johanson), Bruce Banner a.k.a Hulk (Mark Ruffalo), James Rhodes (Don Cheadle), Rocket (Bradley Cooper), Okoye (Danai Gurira) dan yang akhirnya datang juga; Carol Denvers a.k.a Captain Marvel (Brie Larson) berkumpul di Avengers HQ.

Please nggak usah tanya kemana Deadpool (Ryan Reynolds) karena doi ternyata cuma numpang campaign 😪.

Beruntung Iron Man dan Nebula (Karen Gillan) dijemput oleh Captain Marvel di waktu yang tepat. Setelah sedikit ngobrol dengan Nebula diketahui bahwa setelah melakukan finger snap Thanos dipastikan akan berada di The Garden, menjalani masa pensiunnya. Hello guise ... Thanos punya rencana pensiun yaini, pantesan kita kalah yhaha ... 😂😂😂.

Tak menunggu lama gengs Avengers yang tersisa menyambangi Thanos di The Garden. Bener-bener deh ini retired goal banget ... Thanos memulai harinya dengan moyan sekalian memetik umbi di kebun absurd-nya, sendiri dan belum merasa sepi. Nggak menyangka Avengers akan mengeksekusi Thanos sebegitu mudahnya, membuatku berpikir: Gini doang nih matinya? 😅 Kalau Thanos nggak ada sisa Avengers ngapain (di sisa filmnya)?

Sulit rasanya nggak membayangkan getuk ubi setiap kali melihat dagunya Thanos 😅. 

Kemudian kita akan beralih ke 5 tahun kemudian ...

Pasca Thanos mati, penduduk bumi yang tersisa berusaha untuk move on dan melanjutkan hidup. Well ... mengira diri telah move on padahal sebenarnya belum memang terasa lebih menyiksa ya ... Tak terkecuali dengan Avengers yang tersisa.

Iron Man memilih untuk menikmati hidup barunya dengan Pepper Potts (Gwyneth Paltrow) dan Morgan. Captain America memilih untuk mengisi sesi konseling. Hulk memilih untuk berdamai dengan dirinya serta menikmati kesenangan kecil dengan menjadi seleb lokal. Sedangkan sisanya masih terus berusaha mencari keberadaan penduduk bumi korban genosidanya Thanos.

Disini kita akan faham kenapa Clint Barton a.k.a Hawkeye (Jeremy Renner) nggak ada di film Avengers: Infinity War, yap, saat Thanos finger snap terjadi ternyata doi lagi cuti tcoy heuheu 😢 Hawkeye yang sebelumnya pernah kubilang kebapakan kini berubah menjadi Ronin, melampiaskan kekesalan dan kemarahannya dengan mengeksekusi penjahat ecek-ecek (penjahat besarnya tetap Thanos yaw 😅) di jalanan. Self destruction-nya Hawkeye sudah pada level mengkhawatirkan ya sehingga Natalie pun mesti turun tangan.

Berbeda dari Hawkeye, self destruction-nya Thor terasa lebih nyata dan nggak mungkin nggak membuat ngakak haha 😁 Meski bukan kali pertama Thor dimanusiakan (yha~ doi pernah dibuang Odin ke bumi dan bergaul dengan manusia), kupikir gagasan memanusiakan dewa ala Thor adalah salah satu hal terbaik di film Avengers: End Game, dewa juga punya hati meur ... 😊

Lupakanlah body kerennya Chriss Hemsworth saat memakai suit-nya Thor, sebab Thor kini menjelma menjadi cowok nganggur kebanyakan dengan starter pack; berjanggut tebal, berperut buncit, tinggal di basement, demen pake kaos, saban hari kobam dan main game. Apa mungkin Thor mengalami emotional drinking? 😏.

Alih-alih kena sergap pesawat Thanos pasca kejadian di Thor : Ragnarok, sebagian bangsa Asgard termasuk tim revolusi Sakaar yakni Korg (Taika Watiti) dan Miek berhasil diselamatkan Scrapper 142 (Tessa Thompson) dan membangun koloni baru di bumi yang dinamai New Asgardian. Kalau Scrapper 142 bisa selamat, kemungkinan Loki (Tom Hiddlestone) selamat layak dipertimbangkan haha 😋.

Melihat nasib superhero yang sebegini madesu-nya, kita akan dibuat menebak-nebak part mana (di 5 tahun ke belakang) yang merubah mereka hingga menjadi sebegininya.

Babak kedua dimulai saat seekor tikus tanpa sengaja mengembalikan Scott Lang a.k.a Ant Man (Paul Rudd) dari quantum realm, kebayang nggak sih kalau keberuntungan itu baru datang di 10 atau 20 tahun kemudian? 😅 Sebagai satu-satunya karakter yang nggak terkena dampak Thanos finger snap  kupikir Ant Man cukup mewakili kita (penonton) yang nggak mengikuti kisah perebutan batu akik secara runut.

Nah, disini aku gagal faham ... kenapa Cassie bisa menjadi sangat dewasa, padahal di film Ant Man and The Wasp Cassie masih berusia kurang dari 10 tahun 😅.

Ant Man kemudian mendatangi Avengers HQ dan menawarkan gagasan time heist untuk mengembalikan korban genosidanya Thanos. Natalie yang melihat harapan pada gagasan tersebut kemudian berusaha untuk mengumpulkan Avengers yang tersisa.

Bukan hal yang mudah, sebab beberapa diantaranya sudah settled down dan sedang menikmati kehidupan yang sepertinya akan sulit terwujud kalau Thanos finger snap nggak pernah terjadi. Intinya; Apakah kamu akan bersedia mempertaruhkan apa yang (kamu) miliki saat ini demi memperbaiki masa lalu? Well ... Karena yang ditanya adalah Avengers maka jawabannya adalah; whatever it takes ...👌

Kalau biasanya konsep time travel memiliki rule untuk sebisa mungkin nggak bertemu atau berinteraksi dengan ‘kembaran’ di masa lalu, sebab berpotensi untuk mempengaruhi masa depan. Maka konsep time heist ala Ant Man ini adalah sebenar-benarnya mencuri waktu sehingga apapun yang terjadi di masa lalu takkan mempengaruhi masa depan. Agak tricky juga sih sebenarnya konsep per-time travel-an ini dan ku yakin kedepannya akan ada banyak plot hole 😏.

Untuk menegaskan konsep time heist ini, berkali-kali dialog antar karakternya dibuat merujuk pada pop culture Back To The Future.

Kejutan manis datang dari perjalanan time heist Avengers yang kembali ke masa lalu, mengingatkan bahwa kita sudah mengikuti perjalanan Avengers selama kurang lebih 11 tahun. Part yang sama sekali nggak pernah ditampilkan di teaser-nya namun berhasil membuat hati membuncah saking terharunya. Nggak usah ditanya gimana mbrebes mili-nya aku melihat potongan scene film lamanya Avengers ... 😢

Ternyata sudah 11 tahun yaw ... Dan aku masih gini-gini aja *plot twist.

Avengers yang tersisa terbagi menjadi beberapa tim dengan misi utama mendapatkan 6 infinity stone yang tersebar di seluruh galaxy. Lupa lagi gimana pembagian timnya namun ku yakin pasti Nebula nggak briefing dulu dengan timnya 😮, terbukti dengan Natalie dan Hawkeye yang pergi mencari soul stone mesti cengo setelah tahu bahwa diperlukan tumbal untuk mendapatkan soul stone.

Melihat kelakuan Hawkeye yang sebelum-sebelumnya tadinya kupikir Hawkeye berniat mengorbankan Natalie, namun ternyata keduanya sama-sama berniat untuk mengorbankan diri. Kan whatever it takes ... heu 😥 Kusuka caranya Russo brothers mengeksekusi scene menjemput ajalnya Natalie, karena meski Natalie nggak ikutan perang badar Avengers X Thanos kematiannya sangat worthy dan nggak receh aja gitu ... Mesti rebutan dulu dengan Hawkeye 👊🏻👊🏻👊🏻.

Sedih sih ini  ... Tersedih se-end game ... 😭.

Kupikir akan ada scene gedebak gedebuk di lift macem film Captain America: Winter Soldier, nyatanya cukup dengan hail Hydra”. Kembali ke masa lalu bukan berarti tanpa resiko ya, baper misalnya haha 😝 Captain America nggak sengaja melihat Peggy Carter (Hayley Atwell) dari balik jendela,  and we knew that feelings ... 😳 Iron Man juga nggak sengaja bertemu dengan Howard Stark dan Jarvis! Fun fact: ada Stan Lee versi muda di tahun 1970an.

Thor dan Rocket yang kembali ke Asgard mesti mendahului Malekith yang ingin mengambil aeter pada Jane (Natalie Portman). Tentunya Thor mesti menghadapi masa lalunya dan melepas rindu dengan Frigga, agak konyol nih scene di Asgard haha Apalagi saat Thor mesti mengendap-ngendap melewati selnya Loki dan disuruh Frigga makan salad.

Hulk yang kebagian tugas mengambil mind stone di New York sanctum mesti berhadapan dengan The Ancient One (Tilda Swinton) duhh ... Ku kangen The Ancient One 😘😘😘.

Tensi gregetan mulai naik saat Nebula kesamprok pasukannya Thanos, hadu ... hadu ... hadu ... gregetan banget ... 😨 Apalagi saat Nebula (after) nggak berdaya menghadapi Nebula (before) yang find face ke Thanos sebab ingin mengalahkan Gamora (Zoe Saldana). Hadehh ... Mulai terasa deg-degannya 😱.

Babak ketiga dimulai saat Avengers yang tersisa kembali ke Avengers HQ, heran juga sih emangnya nggak ada yang nyadar gitu kalau Nebula-nya berbeda?  Yha~ semuanya lebih fokus pada Natalie yang pergi tanpa sempat pamit 😢. Saat semua infinity stone terkumpul, pada berebut ingin finger snap dong haha Akhirnya Hulk yang melakukan finger snap sebab patah hati ditinggalkan Natalie (kemungkinan besar) Hulk dan Thanos dinilai nggak jauh berbeda YKWIM.

Snap!

Nebula (before) menyalakan portal yang membawa Thanos ke Avengers HQ. Udah ya ... sisanya adalah perang badar yang ditunggu-tunggu sedari film Avengers: Infinity War. Spoiler teryahud tentu datang dari the one and only; Robert Downey Jr. yang memberikan statement kurang lebih begini; inti film Avengers: End Game ada di 8 menit terakhir. Yha~ 8 menit yang kurang lama hehe 😉.

Apa yang terjadi di 8 menit tersebut?
Hmm ... karena kupikir kalyan sudah menonton film Avengers: End Game maka ku takkan sungkan untuk membahasnya secara bebas 🙌🏻.

Scene favorite-ku tentu saja adalah scene ter-favorite sejuta umat. Yap. Scene yang ... ah syudahlah kita namai dengan scene; Avengers ... Assemble! Haha  juwara banget laini fans service-nya, benar-benar wildest dream. Kapan lagi kita bisa melihat superhero + sidekick sebanyak ini, dan yang terpenting mereka semua punya jama’ah. Yes!

Meski nggak officially masuk Avengers (sebab hitungannya adalah sidekick) kusuka Scrapper 142, disini sebenarnya aku agak mikir; darimana pegasusnya? 😅 Tapi yasudahlah ... toh keren 👌🏻. Begitu pun dengan gengsnya T’Challa a.k.a Black Panther (Chadwick Boseman) yang membuka sesi perportalan, kupikir tadinya ada kuasa Tuhan yang ikut campur (saking hopeless-nya 😂), jadi penasaran Mbaku ikutan perang apa jagain gua di Wakanda 😁.

Sayangnya, aku nggak merasa Captain Marvel memiliki peran yang penting banget sampai mesti di-pager Nick Fury (Samuel L. Jackson), kebanyakan beredar kesana kemari membuatnya jadi superhero kesiangan. Rambut barunya pun nggak gimana gitu 😅 kemungkinan doi potong rambut biar bisa menyesuaikan dengan helmet-nya. Aku malah lebih suka rambutnya Natalie yang bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan mood-nya.

Sebelumnya kupikir Wanda Maximoff a.k.a Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) adalah sidekick yang kurang penting, kecuali fakta bahwa doi adalah love interest-nya Vision (Paul Bettany). Tapi di film Avengers: End Game ini aku melihat Scarlet Witch cukup show off saat melawan Thanos meski sebentar.

Ada scene dimana geng ciwik-ciwik merapat demi melindungi Peter Parker a.k.a Spiderman (Tom Holland) yang membawa infinity gauntlet, cool yeahh ... 😁 Kupikir option membuat installment ciwik-ciwik Avengers layak dipertimbangkan, series maybe? Haha Bisa-bisa judul film Dharma Wanita-nya Avengers adalah Avengers: Arisan.

Saat Iron Man mati aku merasa sedih, namun lebih sedih lagi saat Natalie mati. Well mungkin karena sebelumnya aku nggak sengaja lihat spoiler huhu sialan kaw wahai netyzen!!! Nelangsanya nanggung ini hey! 😌 Terlepas dari kebingungan netyzen akan plot hole di scene Captain America yang menua, kupikir Captain America memang layak memilih ending yang ia inginkan, he’s deserved it!

Yang membuatku penasaran adalah bagaimana infinity gauntlet bekerja 😮, apakah kita make a wish sambil finger snapping? Karena baik Thanos dan Iron Man sama sekali nggak ngomong hal yang magical saat melakukan finger snap. Oh ya ... Bagaimana caranya Captain America mengembalikan soul stone juga layak dipertanyakan ya hehe Kalau Gamora bisa dikembalikan begitu pun Natalie, ya nggak?

Kusuka bagaimana karakter Thor dieksekusi karena meski terlambat ratusan tahun, Thor akhirnya menyerahkan takhta yang nggak pernah ia inginkan dan lebih memilih untuk melakukan perjalanan pencarian jati diri bersama Peter Quill a.k.a Starlord (Chriss Pratt) di Asgardian Guardian of The Galaxy.

Agak aneh memang saat tahu kita akan menonton film Marvel yang nggak akan ada credits-nya, kebiasaan sih ya ... 😝 Khusus untuk film Avengers: End Game kita hanya akan melihat end credits, yakni saat seluruh superhero scara simbolis melarung jantung bionic-nya Iron Man di danau.

Sebenarnya masih ada banyak pertanyaan dan plot hole mengenai konsep universe dan multiverse film Avengers: End Game, namun dengan mudahnya bisa ter-cover oleh fans service yang memuaskan. Well ... Mesti diakui Marvel juga jago dalam urusan plot twist 👌🏻, nggak ada satu pun trailer atau spoiler yang dilempar ke market yang benar-benar merepresentasikan film Avengers: End Game. Mind blowing bukan?

Aku jelas menantikan Spiderman: Far From Home sebab ingin melihat Robin Scherbatsky Agent Maria Hill (Colbie Smulders) 👌🏻.

Aku bukan fans die hard-nya Marvel atau DC dan aku pernah menonton hampir semua film-film superhero-nya (yang series masih nyicil). Namun kalau boleh menilai, Marvel memang lebih unggul ketimbang DC dalam segala hal, tahu kenapa? Sebab Marvel adalah visioner.

Disaat yang lain berpikir untuk selangkah lebih maju, ia berpikir untuk beberapa langkah lebih maju ketimbang yang selangkah lebih maju. Disaat film superhero digarap seadanya dan B aja, Marvel membuat kita menoleh dengan universe-nya. Disaat yang lain (ini DC ya, filmnya Suicide Squad) mencoba mengiringi, maka ... Snap!  Marvel mengamankan jalannya dengan multiverse. Sebuah standar yang akan sulit disaingi hingga entah kapan 😶.

Film Avengers: End Game ini adalah selebrasi perpisahan yang sentimentil dari the original six yakni Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow dan Hawkeye. Menyenangkan sekali mengetahui bahwa Russo brothers membuat farewell yang meriah dan bertabur superhero, persembahan istimewa dan inevitable untuk kita yang telah mengikuti perjalanan mereka selama lebih dari 1 dekade.

Untuk kesenangan dan ke-hype-an yang pernah mengisi hari-hariku selama 11 tahun ini ...

Thank you Stan Lee! 
Thank you Marvel!
Thank you Russo brothers!
Thank you Iron Man!
Thank you Captain America!
Thank you Black Widow!

I love you 3000 ... 💋

You May Also Like

0 comments

Feel free to leave some feedback after, also don't hesitate to poke me through any social media where we are connected. Have a nice day everyone~