Claire Anne O’Brien - Knitting Stools

by - January 12, 2016


Claire Anne O’Brien adalah seorang textile designer asal Irlandia yang menetap di London, pada tahun 2006 ia lulus dari Central Saint Martins dengan studi Textile, dan pada tahun 2010 lulus dari Constructed Textile di The Royal College of Art dengan studi Constructed Textile. Ia kini mengajar Constructed Textile di Bath Spa University.
Salah satu karya Claire Anne O’Brien yang dikenal adalah knitting stools, ia mengaplikasikan teknik knitting (rajutan) yang umumnya digunakan di sweater pada furniture, yaitu stool (kursi tanpa sandaran belakang). Teknik knitting yang digunakan adalah teknik knitting tradisional seperti weave(anyaman), knotting(ikatan / simpul) dan basketry (anyaman keranjang), sedangkan material yang digunakan untuk knitting adalah wool (kain wol) yang berasal dari bulu domba.

Knitting stools karya Claire Anne O’Brien mengexpose teknik knitting melalui pemilihan ukuran benang yang dibuat ‘besar’, memperlihatkan secara detail bagaimana jalinan benang tersebut dirajut. Claire Anne O’Brien mengimbangi jalinan knitting yang ‘besar’ dengan menggunakan kaki-kaki stools yang polos, sehingga menghasilkan tampilan yang clean (bersih) dan simple (sederhana). Penggunaan warna yang fresh (segar) dan bold (tebal) membuat knittingstools karya Claire Anne O’Brienmenarik perhatian.

You May Also Like

0 comments

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.