Triad

by - 25.1.17

 
Sebelumnya, disarankan agar tidak menonton film Triad (2012) dengan anak di bawah umur, apalagi ABG labil dengan life style ala gangster karena kontennya yang sarat kekerasan. Bayangkan saja, hampir semua scene mempertontonkan adegan sadis yang berdarah-darah.

Mungkin kebanyakan orang mengenal Triad sebagai band peranakannya Ahmad Dhani, namun sebenarnya Triad adalah sebutan untuk gangster dari China sama seperti Yakuza dari Jepang. Di era 90an Triad pernah merajai Hongkong, hingga polisi pun tak berdaya dibuatnya.

Film Triad ini menceritakan tentang lika liku kehidupan Triad yang solid dan anarkis, masing-masing gangster berusaha mempertahankan wilayah kekuasaannya bagaiamana pun caranya. Meski sering terjadi konflik internal, musuh utama Triad adalah polisi yang ingin membasmi mereka.

William, Colin dan Kevin adalah tiga orang ABG yang bersahabat sejak duduk di bangku sekolah, suatu hari mereka mendapati ibu William yang berjualan di pasar dipukuli oleh angggota gangster karena tidak membayar uang keamanan, melihat hal tersebut William berusaha untuk membela ibunya sehingga terjadilah perkelahian.

Karena merasa terdesak, Colin menghubungi kakaknya yang merupakan anggota gangster Paman Ben.  William yang terkesan dengan pertolongan Paman Ben bertekad untuk menjadi anggota gangster. Awalnya paman Ben menolak niat William untuk bergabung karena William memiliki masa depan yang baik, namun dengan kegigihannya William akhirnya bergabung dengan Paman Ben setelah lulus kuliah.


Untuk saat itu, menjadi gangster dinilai lebih menjanjikan dan terhormat ketimbang manjdi karyawan biasa. Apalagi dengan kondisi Hongkong yang sudah dikuasai Triad, menjadikannya jalan pintas menuju kesuksesan.

Sebagai anggota gangster, tugas mereka sebenarnya hanyalah menjaga keamanan dan mempertahankan wilayah. Namun sebagai kawula muda yang haus eksistensi muncul keinginan untuk mendapatkan yang lebih lagi, mereka kemudian bekerja sampingan sebagai debt collector.

Salah satu target klien mereka ternyata berada di bawah lindungan gangster lain, dari situ muncullah berbagai permasalahan yang akhirnya memicu perkelahian antar gangster yang ... mirip dengan tawuran anak SMA. Mereka datang bergerombol dan berhadapan face to face sambil membawa senjata tajam (-___-) kemudian berkelahi di tempat umum.

Selain itu William terlibat masalah dengan Irene karena menyelamatkan Michelle, Irene adalah satu-satunya ketua gangster wanita di Triad. Belum lama berselang, para ketua Triad memutuskan untuk melakukan regenerasi dan mencari pemimpin yang baru (Kepala Naga).


Masing-masing gangster saling bersaing untuk menjadi menjadi Kepala Naga, termasuk juga William. Keadaan menjadi kacau karena persaingan yang tidak sehat, puncaknya ketika Kevin terbunuh saat mencoba menyelamatkan William. Yang terjadi selanjutnya adalah perkelahian antar gangster (lagi) yang dilakukan secara terang-terangan.

Ternyata menonton film Triad membuat lelah ya haha Dari awal cerita sampai akhirnya kita akan disuguhi tontonan yang cukup membuat hati ciut, apalagi ketika scene bunuh-bunuhan, seakan-akan nyawa manusia nggak ada artinya. Sampai kepikiranemang bener ya dulu Triad kaya gini?’

But most of it all, film Triad ini memiliki alur cerita yang apik dan mudah dicerna, penggambaran Triad dan perkelahian antar gangsternya juga OK. Oh iya, satu lagi, jangan coba-coba menonton film Triad dengan orang tua IYKWIM

FYI. Film Triad belum pernah ditayangkan di TV ya, (as far as I know)  stasiun TV yang pernah menayangkannya adalah Celestial Movie. So ... Happy streaming (^.^)v

You May Also Like

0 komentar

Feel free to give comment and feedback also don't hesitate to contact me by demilestari@gmail.com.

Thank you.